Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 300

Motor

Kawasaki Ninja 300 adalah varian terbaru dari seri Ninja yang dirilis oleh pabrikan asal Jepang. Selain mesin, cukup banyak aspek yang mengalami perubahan.

Kawasaki sudah sejak lama dikenal sebagai produsen yang rutin mengeluarkan produk motor sport dengan kualitas mumpuni, salah satunya adalah seri Ninja. Setelah sukses dengan Ninja R 2 Tak, Ninja R150 4 Tak, Ninja R250 4 Tak, pabrikan asal Jepang ini tak lantas berpuas diri. Mereka kembali merilis seri Ninja lainnya dengan kapasitas mesin lebih besar, yakni Kawasaki Ninja 300.

Selain dari segi mesin, apa sih yang jadi pembeda motor sport satu ini dengan seri-seri sebelumnya? Lantas apa poin plus motor ini dari para kompetitornya? Ini dia!

Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja 300

Desain Kawasaki Ninja 300 Lebih Agresif, Gagah, dan Sporty

Meskipun motor ini di Benua Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia ini memiliki desain yang sama seperti Kawasaki Ninja 250, namun jelas dengan kubikasi mesin yang lebih besar membuat motor sport ini tampil lebih agresif, gagah, dan sporty.

spesifikasi kawasaki ninja

Bodi motor ini didesain memiliki lekukan tajam dan memiliki sistem aerodinamis yang membuatnya terlihat lebih sporty. Pada segi ergonomisnya, motor menggunakan setang jepit khas motor sport yang dipadukan dengan visor bening di bagian atas lampu depan yang dapat membantu pengendara dapat memecah sirkulasi udara dengan baik.

Baca juga: Seberapa Penting Asuransi Motor? Ketahui Hal ini!

Pengemudinya dapat mengapit lebih nyaman karena motor satu ini memiliki tangki yang berukuran besar sehingga membantu dalam mendapatkan sistem aerodinamis yang baik. Bagian depannya disematkan 2 buah lampu yang terlihat seperti menatap tajam sehingga menimbulkan kesan beringas dan agresif.

Pada bagian sisinya, motor ini terlihat memiliki fairing dengan lekukan yang tegas membuat motor ini makin sporty dan gagah. Apa lagi dipadukan dengan blok mesin yang terlihat memadati bagian dalam fairing motor ini sehingga membuatnya lebih agresif.

Pada bagian belakangnya, motor ini terlihat sangat sporty dengan aksen single seat dan spakbor menggantung. Ditambah dengan stop lamp yang menggunakan lampu LED membuat motor ini semakin sporty dan futuristik.

Speedometer Sangat Sporty dan Modern

Bagian dashboard motor ini memiliki speedometer yang terlihat sangat sporty dan modern dengan perpaduan panel analog dan digital. Mulai dari panel analognya, motor besar ini memiliki indikator rotasi mesin permenit (RPM) yang memiliki angka maksimal mencapai 15.000 RPM, namun hanya dibatasi sampai 12.000 RPM. Bisa dibayangkan bagaimana suara motor ini jika digeber sampai batas maksimal.

Pada panel digitalnya, motor ini memiliki beberapa indikator, diantaranya pengukur kecepatan (speedometer), trip meter, fuel meter, dan jam digital. Sedangkan untuk panel lainnya terdapat lampu penunjuk berbagai macam fungsi dengan warna yang bermacam-macam yakni mulai dari mesin, Fuel Injection (FI), lampu, lampu jarak jauh, sein, ABS, dan lain-lain.

Dengan berbagai macam panel indikator yang tersedia pada speedometernya, tentunya akan banyak informasi yang diberikan secara lengkap dan mudah dibaca untuk mengetahui kondisi motor ini saat digunakan.

Baca juga: Sebelum Beli, Cek Dulu Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX R150

Dimensi Luas namun Tetap Ringan

Memiliki kubikasi mesin yang lebih besar maka dimensinya pun diimbangi lebih besar agar lebih nyaman untuk digunakan. Dengan dimensi yang lebih besar tersebut membuat motor ini terlihat lebih gahar. Motor ini memiliki dimensi 79.3 x 28.1 x 43.7 inci dengan ground clearance 5.5 incidan wheelbase 55.3 inci tentunya sangat pas untuk dijadikan tunggangan pada jalanan perkotaan.

Bobot kosongnya yang mencapai 174 kg pun dirasa cukup baik dalam mengimbangi performa mesin dan masih tangguh untuk melesat dijalanan yang ada. Kapasitas tampungan bahan bakarnya yang mencapai 17 liter dirasa sudah sangat banyak untuk ukuran motor sport 300 cc sehingga dengan tampungan tersebut, motor ini dapat menempuh jarak jauh pada sekali pengisian secara penuh.

spesifikasi kawasaki ninja

Motor sport buatan Kawasaki ini juga dilengkapi frame berjenis Semi-Double Cradle with High-Tensile Steel pun akan memberikan performa yang seimbang dengan mesin sehingga membuat motor ini mudah dikendalikan dan mudah untuk diajak bermanuver dikecepatan tinggi.

Kaki-kaki yang Kokoh Membuat Berkendara Jadi Lebih Aman dan Nyaman

Untuk mengimbangi performa mesin yang lebih besar, jelas kaki-kakinya di-upgrade makin gambot agar lebih mantap untuk digunakan. Detail ukuran ban motor ini sebesar 110/70 pada bagian depan dan 140/70 pada bagian belakang yang dipasangkan pada velg berdesain futuristik berukuran 17 inci membuat pijakan dan tampilan kaki-kaki motor sport ini lebih gagah serta ciamik.

Untuk memberikan kenyaman dalam performa handling, motor ini dibekali dengan suspensi Hidrolik Teleskopik berukuran 37 mm pada bagian depannya dan suspensi Uni-Track dengan 5 tipe pengaturan. Tentu saja dengan jenis suspensi belakang yang memiliki 5 tipe ubahan kekerasan atau kelembutan ini dapat memberikan performa handling yang lebih mantap sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui.

Baca juga: Ducati Indonesia Terlaris Hingga Saat Ini, Favorit Anda?

Pada sistem pengeremannya, motor besar ini dibekali dengan disc brake 290mm dengan 2 kaliper piston hidrolik pada bagian depannya dan disc brake 220 mm juga dengan 2 kaliper piston hidrolik akan membuat fungsi pengereman lebih handal dan terjamin.

Mesin Lebih Gahar dan Bertenaga

Motor sport andalan Kawasaki ini dibekali dengan mesin 4 tak dengan memiliki 2 silinder segaris Pararel Twin yang berkapasitas 296 cc dan memiliki teknologi DOHC serta memiliki kompresi pembakaran 10.6:1. Dengan mesin yang lebih besar tersebut, motor ini dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 38 Hp pada putaran mesin 11.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 27 Nm pada putaran mesin 10.000 RPM. Tenaga tersebut akan disalurkan sebagai penggerak melalui transmisi manual 6 percepatan dengan fitur Positive Neutral Finder.

spesifikasi kawasaki ninja

Tentu saja dengan tenaga yang besar tersebut membuat tarikan motor satu ini lebih mantap. Untuk penyuplai bahan bakarnya menggunakan DFI with Dual Throttle 32 mm yang dapat menyembur bahan bakar dengan stabil sehingga memberikan performa yang mantap serta konsumsi BBM yang efisien. Untuk sistem Ignition-nya, motor ini menggunakan TCBI with Digital Advance yang dapat mencampur udara dengan bahan bakar yang tepat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan baik.

Pada sistem pendingin mesinnya, motor ini memilih teknologi Liquid Cooled yang dapat menjaga suhu mesin pada kondisi stabil saat digunakan setiap saat. Untuk performa motor sport berkubikasi 300 cc ini cukup baik karena dapat meraih kecepatan maksimal yang menyentuh angka 190 km/jam.

Melihat spesifikasi Ninja 300 di atas, rasanya motor ini bukanlah motor sembarangan, ya? Jika Anda minat untuk memiliki motor satu ini, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp87 jutaan.

Comments are closed.