Kawasaki W175TR, si Retro yang Garang

Motor

Kawasaki W175TR berikan pengalaman berkendara dengan motor klasik. Dua varian yang ditawarkan yakni W175TR tipe standar dan  W175TR Spesial Edition dibanderol mulai dari Rp 30 jutaan.

Di Indonesia Kawasaki dikenal sebagai produsen motor sport. Sudah banyak produknya yang turut meramaikan pasar motor garang di tanah air, terbaru mereka punya Kawasaki W175TR yang mengusung tema Retro namun tetap menampilkan kesan garang. Dibilang klasik karena mesin yang digunakan belum secanggih roda dua pada umumnya.

Ya, Kawasaki W175 masih menggunakan mesin dengan karburator, padahal rata-rata motor masa kini sudah injeksi. Karena itu yang dijual oleh Kawasaki bukanlah dapur pacunya tapi desain dan tampilan klasiknya. Target pasar mereka tentu saja para pria yang menyukai motor-motor “old” namun tetap ingin merasakan sedikit sentuhan modern.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja 300

Penasaran bagaimana spesifikasi Kawasaki W175 ini dan harga yang ada dipasaran? Ikuti terus pembahasannya:

Spesifikasi Kawasaki W175TR

mesin kawasaki w175TR

Menilik dari segi modelnya W175TR ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tunggangan klasik, namun tetap bergaya sporty. Ada dua varian yang mereka luncurkan yakni Kawasaki seri  W175TR standar dan W175TR Special Edition (SE). Keduanya punya ciri khas dan kelebihan masing-masing yang menarik untuk disimak.

Namun jangan berharap banyak soal dapur pacu dan teknologi yang dihadirkan varian ini. Lantaran focus Kawasaki memang menjual desain, sementara untuk mesin Kawasaki seri W175TR ini bahkan masih menggunakan mesin berkaburator. Padahal rata-rata motor saat ini sudah injeksi. Namun fakta tersebut nyatanya tidak mengurangi minat para konsumen.

Disbanding motor merek lain dikelasnya, varian Kawasaki satu ini juga tergolong ramping dan ringan. Bobotnya hanya mencapai 121 kg dengan panjang 1.950 mm, lebar 805 mm, dan tinggi 1.085 mm. Kemudian untuk sumbu rodanya berukuran 1.285 mm dan memiliki ground clerance 195 mm. Inilah yang membuat W175TR mudah digunakan oleh pemula, karena pengendalian motor yang mudah terutama saat dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Kapasitas tangki bahan bakarnya juga lebih kecil, sehingga hanya mampu menampung 7.5 Liter bahan bakar. Sedangkan untuk W175 standar mencapai 13.5 Liter. Desain ramping ini sengaja dilakukan untuk menambah kesan street tracker.

Desain

Kalau melihat dari desain eksteriornya, terlihat sekali Kawasaki ingin memanjakan para pecinta motor ramping yang ingin tetap terlihat gagah. Hal ini terlihat dari perubahan stang dan handlebar Kawasaki tipe W175TR yang dibuat lebih tinggi agar pengendara W175TR lebih mudah bermanuver. Para reviewer mengakui pemosisian ini jauh lebih nyaman terutama ketika mereka ingin bermanuver di jalanan yang padat.

Sementara pada bagian depan Anda akan melihat adanya lampu halogen dengan cover berbentuk bundar. Sayangnya lampu bagian ini belum LED, padahal hamper semua lampu depan motor-motor sport di Indonesia sudah menggunakan teknologi LED. Sedangkan pada lampu belakang dibuat biasa namun ada kesan untuk mempertegas image tracker. Bagian special dari bodynya adalah knalpot bergaya upswept yang membuat motor ini terkesan simple.

Baca juga: Kawasaki KLX 150: Motor Adventure yang Stylish dan Modern

Kawasaki menawarkan beberapa warna untuk varian untuk seri W175TR  tersebut. Tipe standar hanya tersedia warna bright white (putih), dan untuk tipe Special Edition tersedia dalam pilihan warna Ebony (hitam), Solar Yellow (kuning), dan Urban Olive Green (hijau).

Mesin W175TR

Sejak awal sudah dijelaskan bahwa Kawasaki tidak konsen pada bagian dapur pacu varian yang satu ini. Sebab yang mereka fokuskan adalah model klasik yang diharapkan dapat menghadirkan nostalgia bagi para pengendaranya. Kedua varian ditenagai mesin 4 Tak SOHC 1 Silinder dengan kapasitas 177cc. Mesin tersebut masih karburator namun sudah menggunakan karburator bertipe Mikuni VM24.

motor kawasaki w175TR

Tapi Anda harus legowo dengan teknologi yang digunakan pada mesin ini, yang bisa dibilang sudah tertinggal. Namun nyatanya ini juga tidak menjadi soal bagi para penggemar setianya, karena yang mereka cari adalah desain bukan dapur pacunya. Sementara performa mesinnya punya keluaran tenaga mencapai 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13.2 Nm pada 6.000 rpm.

Cukup menakjubkan adalah knalpot baru yang mengusung Upswept Megaphone-Type Muffler, maka performa motor W175TR akan berfokuspada low-mid range. Cocok untuk dikendari di jalanan kota besar yang padat kendaraan. Mereka juga mengubah konfigurasi kaburator dengan mengusung sekrup udara baru yang memberikan performa lebih responsif. Bagi Anda yang menginginkan motor dengan model eksentrik ini adalah pilihan tang tepat.

Dua Varian W175TR

W175TR Std

Pertama adalah seri W175TR Std yang dibekali dengan spidometer berwarna hitam dengan striping berwarna Bright White. Varian standara ini terkesan sangat simple, hal ini bisa Anda lihat dari desain tangka dan joknya yang dibuat polos. Uniknya, meski polos tampilannya terkesan garang.

Sementara pada bagian mesin, motor terbaru seri W175TR Std didukung dengan sirip cylinder head yang berwarna polos hitam. Hampir semua body pada varian ini berwarna hitam bahkan sampai pada bagian knalpotnya. Namun inilah yang membuatnya terkesan lebih menawan dan eksklusif.

W175TR SE

Varian special edition ini pastinya punya beda yang khas dengan jenis standar. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah keberadaan spidometer yang dilengkapi ring krom berkelas. Selain itu pada varian speial ini juga Kawasaki memberikan striping dalam 3 pilihan warna yakni Ebony, Solar Yellow, dan Urban Olive Green.

Hal ini juga akan terlihat pada bagian tangka bahan bakar yang sengaja dilengkapi dengan striping dan knee grip-style tank decak. Beralih ke bagian jok, pengendara akan dimanjakan dengan model tuck and roll seat atau yang juga dikenal dengan lekukan seperti roti tawar.

Harga

desain kawasaki

Jika melihat spesifikasi dari varian Kawasaki yang satu ini memang kelihatannya tidak ada yang special. Tapi bagi mereka yang suka bergaya dan ingin memiliki ciri khas dengan kendaraannya tentu motor ini sangat berharga. Pengalaman mengendarai motor klasik yang tak akan terlupakan harus Anda bayar dengan harga yang tak murah.

da dua tipe Kawasaki yang bisa Anda bawa pulang, yakni tipe standar dan tipe special edition. Keduanya dibanderol dengan harga kompetitik. W175TR tipe standar dibanderol sebesar Rp. 29.900.000 (OTR Jakarta). Sedangkan harga motor W175TR Spesial Edition sebesar Rp. 32.300.000 (OTR Jakarta).

Baca juga: Kawasaki J125, Spesifiksi dan Harga Lengkapnya

Comments are closed.