KTM Duke 250: Cari Tahu Spesifikasi Lengkap dan Harganya!

Motor

KTM Duke 250 hadir sebagai penantang berat produsen motor besar yang beredar di Indonesia. Meski mahal, nyatanya motor ini tetap laris di pasaran.

Persaingan motor besar semakin hari semakin ketat. Di Indonesia sendiri, peminat motor besar semakin bertambah seiring waktu. Hal ini membuat hampir seluruh pabrikan motor yang beroperasi di tanah air menghadirkan beragam varian motor besar dengan spesifikasi dan kelebihannya tersendiri.

Jika dulunya penguasa pasar motor di Indonesia adalah motor buatan Jepang, seperti Yamaha dan Honda, kini persaingan menjadi semakin ketat dengan hadirnya pabrikan motor asal Eropa. Meski harga yang dipatok cenderung lebih mahal, nyatanya hal ini tak membuat motor buatan Eropa sepi peminat.

Hal ini dibuktikan dengan larisnya penjualan KTM Duke 250 di tanah air. Harganya yang terbilang fantastis untuk sebuah motor dengan kapasitas mesin 250 cc tak menjadikan para penggemar motor besar mengendurkan minatnya. Harga tersebut tentunya didukung dengan berbagai aspek yang tak dimiliki motor besar Jepang pada umumnya.

Apa sih kelebihan KTM Duke 250 hingga membuat para pecinta motor besar tergoda untuk membelinya? Mari kita simak bersama spesifikasinya di bawah ini!

Spesifikasi KTM Duke 250

Desain dan Dimensi

Resmi dihadirkan di Indonesia oleh PT KTM Motor Indonesia (KTMI) pada Agustus 2015 lalu, motor ini secara mendetail memiliki desain yang cukup kokoh serta diklaim menjadi nilai jual tersendiri. Motor ini memiliki bobot yang cukup ringan, yakni sekitar 139 kg dalam kondisi bahan bakar penuh. Hal ini membuat naked street bike ini lebih cocok untuk para pria. Di samping itu, motor ini juga terlihat mewah dengan adanya dua sayap yang menempel di bagian kiri dan kanana tangki berkapasitas 11 liter yang dimiliki motor ini.

Dibuat menggunakan sudut kemudi hingga kemiringan 65 derajat membuatnya akan cukup mudah dan nyaman digunakan saat berkendara, apa lagi motor besar juga dibuat dengan memiliki jarak terendah ke tanah hingga 170 mm sehingga membuat setiap pengendara dapat dengan nyaman ketika melewati jalan berlubang. Sedangkan untuk tinggi tempat dukuknya sendiri dibuat dengan ukuran 800 mm bersama dengan jarak sumbu roda sepanjang 1367 mm yang membuatnya terlihat akan lebih kokoh dan kuat.

Dapur Pacu KTM Duke 250

Bergeser ke bagian dapur pacunya, sebanding dengan harganya yang mahal, naked street bike ini sudah dilengkapi dengan teknologi mesin berkubikasi 248.8 cc yang di dalamnya terdiri dari satu silinder, 4 katup berteknologi DOHC dengan sistem pendingin cairan, serta diadopsinya bore 72 mm dan stroke 61.1 mm yang membuatnya mampu memberikan semburan tenaga yang cukup powerful. Dengan adanya mesin tersebut, motor ini mampu menncapai tenaga maksimum 23 kW (31,1 hp) per 9000 rpm.

Kemudian masih berkutat mengulas masalah performa, mesin tersebut juga mampu menghasilkan torsi sebesar 24 Nm setiap berada pada putaran 7250 rpm yang pastinya mampu memberikan kenyamanan tersendiri saat berkendara, ditambah lagi KTM Duke 250 juga di sertai dengan sistem transmisi engan 6 kecepatan yang mengadopsi teknologi PASC antihopping clutch + mechanically operated yang di klaim mampu memberikan handling dan juga akselerasi yang optimal, sehingga tak salah bila harga KTM Duke 250 ini juga mahal.

Suspensi dan Kaki-Kaki

Motor ini dibuat menggunakan rangka yang kokoh dengan material Steel Trelis Frame + Powder Coated yang menghasilkan tampilan yang cukup elegan dan kuat, apa lagi tak direkatkannya fairing pada bodinya menjadikan naked street bike ini terlihat legih garang, masih tetap mempertahankan ciri khasnya setiap detail bodi dan rangkanya dibuat dengan lapisan warna orange yang dipadukan dengan warna hitam yang membuat motor ini semakin terlihat elegan. Menariknya lagi, suspensi yang dihadirkan pada motor ini terbilang kokoh dan nyaman bagi pengendara.

Pada bagian depan, KTM menyertakan suspensi bertipe WP Inverted Fork berdiameter 43 mm yang dipadukan bersama roda berukuran 110/70 ZR-17 (tubeless) dengan besaran velg 3.00 x 17 inci, sementara di bagian belakang, terdapat suspensi bertipe WP Monoshock yang memiliki velg berukuran 4.00 x 17 inci dan mempunyai ban yang lebih besar yakni 150/60ZR-17 (tubeless) sehingga roda-roda tersebut akan lebih dapat menapak semaksimal mungkin ke medan yang di laluinya.

Pada sektor pengereman, disertakan pula rem bertipe cakram tunggal berdiameter 300 mm dibagian depan dan cakram tunggal berdiameter 230 mm di bagian belakang.

Fitur Tambahan dan Harga

Disediakannya beragam teknologi menarik dan mumpuni pada motor yang satu ini membuat setiap pengendara mampu mendapatkan sebuah kenyamanan yang cukup memuaskan ketika menjadikan si naked street bike ini sebagai pilihannya.

Mengingat harganya yang cukup mahal, motor ini juga sudah memiliki tampilan speedometer full digital sehingga membuatnya tertampil lebih mewah dan elegan. Namun yang leih menariknya lagi, motor ini dilengkapi dengan teknologi pengereman Bosch 9MB two-channel ABS, yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari kecelakaan saat mengerem secara mendadak. Lalu berapa sih harganya? Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp69 jutaan.

Mesin berkapasitas 250 cc yang disematkan di motor ini menjadikan setiap tarikan yang pengendara lakukan dapat memberikan power yang mumpuni dan tentunya dapat menghasilkan tenaga ekstra. Terlebih lagi, motor besar ini dilengkapi teknologi sistem bahan bakar berupa Bosch EFI (throttle body 38 mm) yang mana teknologi ini juga di klaim dapat membuat motor sport yang satu ini terasa lebih irit ketika diajak untuk berlari maupun hanya sekedar berjalan santai.

Setelah melihat spesifikasi lengkap dan harganya, apakah Anda semakin tertarik untuk memiliki KTM Duke 250?

Comments are closed.