Catatan MotoGP Valencia 2018, Ini Dia Fakta Menariknya!

Motor

Sebelum menyaksikan gelaran akbar seri akhir MotoGP Valencia 2019, tak ada salahnya mengingat kembali catatan menarik ajang bergengsi tersebut pada tahun 2018 lalu.

Sama seperti tahun lalu yaitu tahun 2018, seri terakhir MotoGP 2019 ini juga akan dituntaskan di sirkuit yang sudah sering dijadikan tempat mengakhiri ajang MotoGP ini, yaitu Valencia Ricardo Tomo. Ronde terakhir MotoGP 2019 akan berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo Valencia Spanyol akhir pekan ini yaitu tanggal 15 – 17 November 2019.

Berbeda dengan 3 ronde beruntun sebelumnya yang jadwal balapan MotoGP berlangsung siang hari lantaran eventnya berlangsung di kawasan Asia-Pasifik. Maka untuk ronde pamungkas MotoGP di sirkuit Ricardo Tormo Valencia Spanyol ini balapan atau raceday berlangsung kembali ke malam hari. Bahkan jadwalnya lebih malam ketimbang jadwal MotoGP di benua Eropa seperti biasanya, yaitu pukul 19:00 WIB.

Untuk MotoGP Valencia di sirkuit Ricardo Tormo jadwal balapnya sedikit mulur sejam dari jadwal MotoGP di Eropa seperti biasanya dari 19:00 WIB menjadi pukul 20:00 WIB. Jadi bagi Anda fanatikan MotoGP terutama di Indonesia jangan sampai melewatkan tayangan ronde pamungkas MotoGP musim ini yang jadwalnya pukul 20:00 WIB di sirkuit Valencia Spanyol ini.

Baca juga: Profil Lengkap Hingga Koleksi Mobil Jorge Lorenzo

Fakta Menarik Ajang MotoGP Valencia 2018

Sebelum mengetahui kira-kira catatan apa saja yang nantinya akan mengiringi berakhirnya seri balap MotoGP Valencia 2019 ini, berikut fakta menarik penyelenggaraan MotoGP Valencia pada tahun 2018 sebagai pengingat ajang bergengsi tersebut, sebagai berikut:

Seri Balap Terakhir Dani Pedrosa

seri terakhir Dani Pedrosa di MotoGP Valencia

Pembalap tim Honda itu menjalani seri balap terakhirnya dalam dunia balap MotoGP dalam seri balap Valencia 2018 lalu. Pedrosa yang melakoni seri balap terakhirnya sukses finis di urutan ke lima. Terjun ke dunia MotoGP pada 2006, Pedrosa berhasil mematahkan kritik pada tubuhnya yang kecil dan tidak akan cukup kuat menunggangi sang kuda besi.

Musim Terakhir Jorge Lorenzo Bersama Ducati

Bergabung bersama Ducati sejak 2017, Lorenzo mengumumkan kepindahan ke tim Honda pada 6 Juni 2018 lalu, bergabung bersama Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol ini mengakui kontraknya tak diperpanjang lagi oleh Ducati.

Diwarnai Bendera Merah

Buruknya cuaca yang menyebabkan lintasan menjadi basah, membahayakan para pengendara sehingga balapan sempat dihentikan pada lap ke-14. Akibat dari cuaca buruk ini, banyak rider yang jatuh dan tidak dapat melanjutkan balapan. Tak jarang bendera merah dikibarkan sebagai tanda banyaknya kecelakaan yang terjadi di sirkuit tersebut.

Valentino Rossi Terjatuh

valention rossi jatuh di MotoGP Valencia

Dalam official test hari pertama, The Doctor alami insiden kecelakaan parah. Bahkan, motor M1 yang dikendarainya harus hancur. Padahal mesin yang digunakan oleh motor itu merupakan mesin prototype pertama yang akan digunakan pada musim depan. Usai alami kecelakaan hebat pada tes hari pertama, Valentino Rossi masih berusaha meneruskan balapan dengan motor cadangannya. Dia pun meraih hasil cukup positif meskipun usai alami insiden.

Berdasarkan hasil yang dikeluarkan di website resmi MotoGP, di tes hari pertama itu Rossi mendapatkan peringkat keempat dengan catatan waktu tercepat 1:30.519. Namun, saat jalani tes di hari kedua, performa rossi terlihat menurun. Dia harus berada di urutan ketujuh dan harus mengaku kalah dengan Marc Marquez, pembalap spanyol yang mendapatkan catatan waktu tercepat saat jalani tes hari kedua. Bahkan, dia juga kalah dengan rekan setimnya Maverick Vinales yang berada di urutan kelima.

Red Bull KTM Raih Podium untuk Kali Pertama

Pebalap asal Spanyol, Pol Espargaro, telah bergabung bersama MotoGP sejak 2014 dengan menunggangi Yamaha YZR-M1. Namun pada 2017, Espargo pindah ke KTM RC16 dan berhasil meraih podium pertamanya bersama KTM dengan menempati urutan ketiga. Espargaro mengakui lebih puas dengan pencapaian pertama kalinya Red Bull KTM menempati menempati podium.

Baca juga: Pembalap MotoGP Legendaris, Siapa yang Terbaik?

Vinales dan Dovizioso juga raih hasil buruk

Perhelatan yang digelar tahun 2018 dengan hasil buruk nampaknya bukan hanya terjadi pada Valentino Rossi saja. Vinales dan Dovizioso ternyata juga meraih hasil buruk usai dua hari melakukan tes ini.

Dalam hasil tes yang ditulis di web resmi MotoGP, di tes hari pertama, Vinales berada di urutan pertama dengan perolehan catatan waktu tercepat, yaitu 1:30.189. Namun saat jalani tes hari kedua, Vinales mendapatkan hasil yang mengecewakan. Dia harus puas dengan urutan kelima dengan catatan waktu tercepatnya 1:30.640. Meskipun masih lebih baik dari rekan setimnya, hasil menurun ini tidak boleh diremehkan oleh tim Movistar Yamaha MotoGP.

Beda dengan Dovizioso, lawan Marquez saat musim kemarin dalam perebutan gelar juara musim MotoGP 2017. Dovizioso malah tidak lebih baik dari The Doctor dan Vinales. Bahkan, penurunan hasil Dovizioso jauh lebih buruk.

Dia malah harus turun delapan peringkat. Di hari pertama tes dia berada di posisi ketujuh, sedangkan di hari kedua, dia harus turun ke peringkat 15. Hal ini seakan menambah kesialannya usai gagalnya dia meraih juara musim kemarin.

Marc Marquez Menjanjikan di Awal Musim

marquez di MotoGP Valencia

Nampaknya Marquez masih menampakkan tajinya di awal musim 2018 ini. Hal ini dibuktikannya dengan menjadi yang tercepat tes pada hari kedua. Di hari kedua ini dia menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu terbaiknya yaitu 1:30.033. Ini lebih baik dibandingkan hari pertama The Baby Alien melakoni tes. Hari pertama, Marquez mencatatkan waktu terbaiknya 1:30.501. Usai jalani tes hari pertama ini, Marquez sempat berada di urutan ketiga.

Dengan naiknya dua peringkat di hari kedua, hal ini membuktikan, Marquez menjadi lebih baik dengan hasil positif. Bukan hanya lebih baik dari catatan waktu dirinya saja, tapi juga catatan waktu pebalap lainnya.

Fakta Menarik Sirkuit Valencia Ricardo Tomo

Menjadi sirkuit yang sering digunakan sebagai penutup gelaran akbar MotoGP, sirkuit Valencia Ricardo Tomo memiliki beberapa fakta menariknya sebagai berikut:

Asal Usul Penamaan Sirkuit

Sirkuit Valencia yang bernama lengkap Circuit de la Comunitat Valenciana Ricardo Tormo ini mengadopsi nama pembalap Spanyol, Ricardo Tormo. Dia adalah juara dunia balap 50cc 1978 dan 1981, yang mengendarai motor Bultaco. Karier Tormo berakhir pada 1984 akibat cedera kaki yang ia dapat saat melakukan uji coba. Dia meninggal pada 1998 akibat Leukemia.  Sepanjang kariernya, Tormo telah mengoleksi 15 kemenangan di kelas 50cc dan 4 kemenangan di kelas 125cc.

Sirkuit Keberuntungan Bagi Dani Pedrosa

Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa merupakan raja MotoGP di sirkuit Valencia. Dia merupakan pembalap tersukses di sirkuit Ricardo Tormo, dengan mengoleksi 6 kemenangan.  Pembalap lain yang mampu menang lebih dari dua kali di Ricardo Tormo setelah Pedrosa adalah pembalap Australia, Casey Stoner. Di Ricardo Tormo, Stoner satu kali meraih gelar juara di ajang balapan kelas 125cc dan dua kali di ajang MotoGP.

Panggung Bagi Pembalap Spanyol

Ricardo Tormo telah menjadi panggung yang ramah bagi para pembalap tuan rumah, Spanyol. Para pembalap Spanyol telah mengoleksi 7 kali kemenangan di sirkuit ini: Sete Gibernau yang saat itu bersama Suzuki memenangkan balapan 500cc pada 2001. Dani Pedrosa menang 3 kali balapan MotoGP pada 2007, 2009, dan 2012.  Jorge Lorenzo menang pada 2010 dan 2013. Marc Marquez menang pada 2014 tahun lalu.

Bagi Anda yang merupakan fanatikan MotoGP, Jangan lewatkan perhelatan seri penutup MotoGP Valencia di akhir minggu ini pada tanggal 15 – 17 November 2019. Meski seluruh juara dunia MotoGP, Moto2 dan Moto3 sudah tercapai sebelum seri pamungkas ini, tetapi perhelatan akbar ini tetap menawarkan keseruan. Jangan sampai terlewat ya!

Baca juga:  Mobil Mewah Valentino Rossi Mengiringi Kesuksesannya

Comments are closed.