Deretan Motor Built Up Termahal yang Dipasarkan di Indonesia

Motor

Motor built up dikenal dengan tampilannya yang menarik serta dapur pacunya yang gahar. Setidaknya, ada beberapa motor built up termahal yang dipasarkan di Indonesia.

Bagi para pecinta otomotif khususnya motor, memiliki motor dengan kecepatan tinggi serta model yang futuristik pasti menjadi sesuatu yang sangat diidam-idamkan. Umumnya, motor tersebut disebut dengan motor built up.

Ya, motor jenis ini merupakan motor rakitan pabrik dengan berfokus pada kekuatan mesin serta tampilan tanpa meninggalkan kenyamanan serta keamanan pengendaranya. Ada banyak sekali motor built up yang beredar saat ini. Tapi, dari sekian banyak, berikut adalah motor built up termahal yang dipasarkan di Indonesia!

Baca juga: KTM Indonesia dan Varian Motor Terlarisnya di Tanah Air

Motor Built Up Termahal yang Dipasarkan di Indonesia

Honda RC213V-S

spesifikasi motor built up

Asal sobat ketahui, Honda RC213V-S merupakan versi jalan raya dari RC213V yang notabennya merupakan motor balap dari tim Repsol Honda yang bertanding di ajang MotoGP. Alhasil Anda akan mendapatkan motor berteknologi MotoGP apabila mampu membelinya. Saat ini Honda RC213V-S yang dipasarkan di Indonesia belum bertuan. Mungkin karena harganya sangat mahal, sehingga belum ada orang Indonesia yang tertarik membelinya.

Apabila Anda tertarik membeli motor bermesin 4 Silinder V4 denga kapasitas 999cc tersebut, maka Anda harus menyiapkan uang mencapai Rp7 hingga Rp9 miliar. Harganya sangat fantastis, sehingga layak disebut sebagai motor termahal di dunia yang pernah dibuat pabrikan asal Jepang. Terlebih Honda RC213V-S terasa sangat eksklusif karena teknologinya sama seperti motor yang dipakai Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang nantinya bisa mengeluarkan tenaga mencapai 220 Horsepower.

Norton Dominator

Nama Norton sudah melekat sebagai produsen motor legendaris yang berasal dari Inggris. Walaupun sempat mati suri, namun Norton kembali meramaikan industri otomotif tanah air dengan membawa Norton Dominator. Motor ini di sebut-sebut sebagai motor termahal di dunia, karena harganya mencapai Rp1.3 miliar.

Yang menarik dari Norton Dominator adalah desainnya. Salah satu motor termahal di dunia ini memiliki desain sporty dengan menganut gaya cafe racer yang tak lekang dimakan waktu. Sedangkan untuk dapur pacunya ditenagai mesin paralel twin with push-rod valve yang memiliki kapasitas 961cc dengan tenaga sebesar 80 PS pada 6.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 5.200 rpm. Mesin dua silinder tersebut juga dipadukan dengan transmisi 5 percepatan.

BMW HP4 Race Standard

Bagaikan sebuah mimpi apabila bisa mengendarai BMW HP4 Race. Salah satu motor termahal di dunia ini dirancang secara khusus dengan teknologi motor balap dan dibuat secara terbatas hanya 750 unit di seluruh dunia. BMW juga melengkapinya dengan bodi Full Carbon dan mesin 4 Silinder berkapasitas 999cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 215 Horsepower dan torsi 120 Nm.

Performa BMW HP4 Race memang mengagumkan. Motor ini bisa berlari sangat cepat melebihi 300 km/jam. Selain itu tersedia pula suspensi buatan Ohlins pada sisi depan dan belakang yang dipadukan dengan velg carbon. Sedangkan untuk sistem pengeremannya menggunakan kaliper brembo terbaik yang otomatis membuat harga motor ini semakin mahal, yakni lebih dari Rp2 miliar.

Kawasaki Ninja H2R

Motor termahal di dunia buatan Kawasaki tersebut tidak bisa masbro gunakan di jalan raya. Pasalnya Kawasaki Ninja H2R dikhususkan sebagai motor balap untuk melintas di atas sirkuit. Harganya sangat mahal, karena pernah dipasarkan di Indonesia dengan harga melebihi Rp1 miliar.

Kawasaki melengkapinya dengan mesin 4 Silinder berkapasitas 998cc lengkap dengan teknologi Supercharged yang membuat Ninja H2R bisa melesat melebihi 400 km/jam. Saat ini Ninja H2R menyandang status motor tercepat di dunia yang dibuat oleh pabrikan, jadi wajar apabila masuk kedalam salah satu motor termahal di dunia.

Ducati Panigale V4

Ducati Panigale V4 menjadi motor pertama Ducati yang menggunakan mesin 4 Silinder. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.103cc dan bisa mengeluarkan tenaga sebesar 214 Horsepower dan torsi 124 Nm, sehingga menawarkan performa performa mesin 4 Silinder yang dipakai Ducati Desmosedici. Di Indonesia sendiri motor ini belum dipasarkan secara resmi. Namun diyakini harganya dibanderol lebih dari Rp2 miliar.

 Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Saat ini Ducati Panigale V4 juga berstatus sebagai salah satu motor termahal di dunia. Hal ini tidak lepas dari beragam teknologi canggih yang dibawanya, seperti Riding Mode, Power Mode, Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DSC), Engine Brake Control (EBC) EVO, Auto Tire Calibration, dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Aprilia RSV4 RF

Selain Ducati, masih ada Aprilia yang sama-sama berasal dari Italia. Mereka memiliki salah satu motor termahal di dunia bernama Aprilia RSV4 RF. Motor ini dirancang sebagai motor balap dengan teknologi Superbike yang dioptimalkan oleh mesin Aprilia longitudinal 65° V-4 cylinder, 4-stroke, liquid cooling system, double overhead camshafts (DOHC), four valves per cylinder dengan kapasitas 999.6cc.

Performa Aprila RSV4 RF bisa mengeluarkan tenaga sebesar 201 Horsepower dan torsi 115 Nm. Tenaga sebesar itu membuat motor ini menjadi salah satu motor tercepat yang dipasarkan di Indonesia. Untuk harganya sendiri dibanderol mencapai Rp823 juta, sehingga bisa menjadi alternatif selain motor sport 1000cc yang dibuat oleh pabrikan asal Jepang, seperti Kawasaki Ninja H2 Carbon atau Yamaha R1M yang sama-sama dibanderol Rp800 jutaan.

Baca juga: 9 Pilihan Motor Matic Terbaik untuk Milenials

Yamaha R1M

spesifikasi motor built up

Apabila mencari motor built -up buatan Yamaha, maka inilah jawabannya. Di Indonesia harga Yamaha R1M dibanderol sekitara Rp812 jutaan. Harganya tidak berbeda jauh dengan Kawasaki Ninja H2 Carbon yang sama-sama dibekali mesin 4 Silinder. Tenaga dan torsi yang dikeluarkan tentu berbeda dengan Ninja H2 Carbon. Pasalnya motor satu ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 200 PS pada 13.500 rpm dan torsi 112.4 Nm pada 11.500 rpm.

Teknologi motor balap telah tertanam di dalamnya. Yamaha menamai teknologi tersebut sebagai 3-Dimension Control yang meliputi Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LCS), Quick Shift System (QSS), dan Launch Control System (LCS). Selain itu, motor satu ini juga dibekali sistem pengereman ABS dengan Unified Brake System.

MV AGUSTA F4 RR

Tidak ingin kalah dari lawan-lawannya, MV Agusta telah memasarkan F4 RR di Indonesia dengan harga Rp998 juta. Motor ini dibekali mesin 4 Silinder berkapasitas 998cc dengan tenaga 195 Horsepower yang nantinya bisa menghasilkan top-speed hingga 291 km/jam.

spesifikasi motor built up

Pada bagian suspensinya, MV Agusta F4 RR menggunakan suspensi depan Upside Down buatan Marzocchi dan suspensi belakang Progressive Sachs, single shock adsorber yang membuat keseimbangan motor ini semakin meningkat saat berakselerasi pada kecepatan tinggi. Lalu untuk sektor pengereman, motor gagah satu ini dibekali rem double floating disk pada bagian depan lengkap dengan ABS. Begitu pula dengan bagian belakang yang sama-sama ABS.

Bagaimana, spesifikasi motor di atas terbilang mengerikan, bukan? Mana yang paling Anda suka?

Comments are closed.