Honda Genio Motor Skutik Retro 2020

Motor

Motor skutik jadi primadona bagi sebagai masyarakat Indonesia. Sentuhan desain yang klasik adalah alasan utama mengapa banyak orang jatuh cinta dengan motor skutik.

Meskipun peminat motor jenis ini terbilang minoritas, kehadirannya tidak pernah padam. Hal ini dibuktikan dengan produsen motor yang terus menerus menginovasi dan memodifikasi pada motor klasik tersebut. Pabrikan Honda menjadi salah satu produsen motor skutik dengan desain terbaru pada awal tahun 2020 ini.

Motor Skutik Honda Genio

honda motor skutik

PT Astra Honda Motor atau AHM sudah dikenal memiliki banyak produk motor skutik yang dijual di Indonesia. Mulai dari skutik entry seperti Honda Beat hingga skutik premium seperti Forza 250. PT AHM tahun ini mengeluarkan model skutik terbaru yang akan bersaing di kelas 110 cc. Motor dengan konsep desain klasik mirip dengan scoopy ini dirilis pada 20 Januari 2020 di Jakarta. Berbeda dengan motor scoopy yang menyasar konsumen ke atas, Genio hadir dengan harga yang lebih murah dan menyasar konsumen new entry level.

Baca juga: Honda Sonic: Motor Bebek yang Modern dan Tangguh

Perihal spesifikasi, Honda Genio diklaim sebagai salah satu model dengan rangka dan mesin generasi terbaru. Pada sisi rangka, Honda Genio telah mengadaptasi teknologi eSAF atau enhanced mart architecture frame yang diproduksi dengan proses press dan laser welding yang membuat lebih ringan dan kokoh. Pada bagian mesin skutik ini dibekali dengan mesin eSP atau enhanced smart power 100 cc S0HC dengan kompresi yang lebih padat dibandingkan scoopy.

Eksterior

Pada bagian eksterior atau desain bodi yang diusung motor ini menjadi salah satu segmen yang menarik. Motor ini mengusung konsep desain klasik yang dibalut dengan gaya casual dan fashionable yang diaplikasikan di setiap sisi bodinya. Bagian lampu depannya yang dibuat dengan konsep klasik dengan teknologi LED yang dapat memberikan penerangan secara lebih maksimal. Honda menerapkan flip board atau pijakan kaki dengan desain yang disesuaikan posisi riding pengguna agar mendapatkan kenyamanan ketika berkendara jauh. Pada bagian tempat duduknya atau jok didesain cukup standar memanjang dengan lekukan yang ideal untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan. Pada bagian belakang skutik ini, tampak stop lamp dengan gaya klasik yang cukup kentara namun tetap modern.

Speedometer

Perihal speedometer atau panel indikator motor ini mengandalkan panel full digital dengan background gelap yang ditampilkan melalui layar LCD. Pada layar tersebut akan ditampilkan informasi yang cukup menarik dan informatif seperti, kecepatan dalam hitungan Km/jam, tachometer, indikator bahan bakar dan oli mesin, jarak tempuh, posisi gear dan mode berkendara. Speedometer milik Honda Genio ini tersemat beberapa lampu indikator seperti high beam, indikator ABS, indikator lampu sein, dan suhu mesin. Logo Honda Genio yang menyala pada bagian dashboardnya membuat motor ini tampil lebih menarik. Speedometer motor ini terbilang canggih dan atraktif dengan tampilan informasi yang akurat mengenai kondisi motor saat sedang dikendarai.

Dimensi

motor skutik genio

Menyoal dimensi, motor ini mengusung konsep rangka berteknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Model rangka ini merupakan salah satu teknologi frame generasi terbaru yang memprioritaskan fleksibilitas dan ketangguhan dalam membentuk bodi motor. Hal ini menjadikan keunggulan dari motor Honda Genio. Bodi motor ini memiliki ukuran 1.869 x 629 x 1.061 mm, jarak sumbu roda 1.256 mm dan bobot 89-90 Kg, rancangan dimensi bodi ini terbilang pas dan ideal. Sementara itu motor ini bertangki bahan bakar 4.2 liter. Honda Genio didesain dengan tempat duduk yang membuat pengguna merasa mudah dalam mengendalikan atau menjaga keseimbangan. Jadi pengguna dapat berhenti di rambu-rambu lalu lintas tanpa berjinjit. Motor ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 147 mm yang akan menyesuaikan dengan medan jalan ketika berkendara. Dimensi yang ringan milik Honda Genio ini membuat nyaman dikendarai.

Baca juga: Honda Zoomer, Si unik Nan Irit

Suspensi

Suspensi yang diusung motor ini adalah suspensi Telescopic di bagian depan dan suspensi Swing Arm dengan Suspensi Tunggal berada di belakang. Dua dimensi tersebut yang membuat keseimbangan semakin maksimal. Suspensi ini akan meredam goncangan ketika melewati jalan yang tidak rata. Honda

jenis ini memiliki velg Alloy 14 inci yang dibalut dengan ban tubeless. Pada bagian depan terpasang velg dibalut dengan ban berukuran 80/90 – 14 M/C, sementara pada bagian belakang menggunakan ban dengan ukuran 90/90 – 14 M/C. Pada sektor kaki-kaki skutik ini dilengkapi dengan rem cakram Hidrolik Piston Tunggal di depan dan rem Tromol di bagian belakang yang membuat kualitas pengereman sempurna.

Dapur Pacu

Honda Genio mengusung mesin S0HC 4 langkah berpendingin cair dan memiliki kapasitas 110cc. Dipadukan dengan sistem transmisi otomatis V-Matic modern handal akan memberi power maksimal hingga 6,6 kW (9,0 PS)/7.500 rpm dan dapat mencapai torsi puncak 9,3 Nm (0,95 kgf.m)/5.500 rpm. Bukan hanya itu saja, motor ini dilengkapi dengan teknologi PGM-FI dan eSP yang dapat membuat skutik lebih efisien dan ramah lingkungan.

Fitur

Fitur yang disematkan pada motor ini antara lain lampu depan LED, kapasitas bagasi yang cukup besar, pengereman CBS (Combi Brake System), USB charger, dan speedometer digital. Bahkan fitur andalan mesin eSP motor matic Honda disematkan pula pada motor ini. Satu hal yang menjadi unggulan dari motor ini adalah fitur rangka baru eSAF yang ringan dan memiliki handling yang lincah.

Harga

ragam motor skutik

Skutik buatan Honda ini memang tidak memiliki banyak perbedaan dengan salah satu motor yang masih milik Honda, Scoopy. Desain motor yang klasik ini tetap tampil modern dan fashionable dengan headlamp dan stoplamp yang berteknologi LED. Motor ini mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc S0HC eSP yang memiliki performa handal. Belum lagi dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dalam memenuhi kebutuhan saat berkendara sesuai dengan yang pengguna inginkan. Dengan spesifikasi yang menarik ini, Honda Genio dikeluarkan dengan harga Rp17,2 juta untuk tipe CBS, dan Rp17,7 juta untuk tipe CBS-ISS. Meskipun terbilang harganya lebih dari motor matic Yamaha dan Suzuki yang berada di kelas yang sama, skuter dengan keunggulannya masih terbilang terjangkau.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Honda Adv 150 Terbaru

 

sumber gambar: https://www.astra-honda.com/product/genio

Comments are closed.