Spesifikasi dan Harga MV Agusta Brutale 800

Motor

MV Agusta Brutale 800 merupakan salah satu street fighter yang paling disegani saat ini. Tak hanya tampilannya, mesinnya pun sangat gahar.

Bagi para pecinta motor besar, nama MV Agusta rasanya bukanlah hal baru. Ya, motor buatan Italia ini memang ahlinya dalam memproduksi motor besar dengan tampilan keren serta mesin yang gahar.

Meski harganya terbilang mahal, nyatanya merk motor satu ini selalu kebanjiran order pada beberapa seri buatannya. Salah satu yang paling laris diburu adalah MV Agusta Brutale 800. Motor ini dianggap sebagai salah satu street fighter terbaik saat ini. Penasaran dengan spesifikasi motor satu ini? Yuk, kita simak bersama di bawah ini!

Spesifikasi MV Agusta Brutale 800

Tampilan Mewah MV Agusta Brutale 800 dengan Desain Gagah dan Futuristik

spesifikasi MV Agusta

dilihat dari sisi eksteriornya, memang motor street fighter ini bisa dibilang tampak begitu mewah dan berotot pada setiap sisi bodinya sehingga semakin memperkuat kesan gagah pada motor ini. Bagian depannya dilengkapi sebuah head lamp yang dibuat berukuran besar yang dibentuk dengan mengusung konsep Elliptical dan berteknologi LED Projector. Tentu, selain mampu memberikan pencahayaan maksimal kepada pengemudinya, dengan konsep desain tersebut maka tampilan motor ini akan semakin tampak garang.

Kemudian, tangki bahan bakarnya dibuat lebih menarik dengan beberapa lekukan tegas dan dibuat dengan bentuk trapesium yang cukup besar di mana tangki ini mampu menampung bahan bakar berkapasitas 16.5 liter.

Bahkan, kemegahan motor street fighter ini pun semakin tampak berkelas berkat susunan mesin rapi dan kokoh yang terlihat jelas di bawah tangki. Sehingga, penampilannya semakin tampak berotot dan futuristik.

Nah, pada bagian jok atau tempat duduknya, motor ini dibekali jok berbahan busa tebal dan empuk yang didesain terpisah antara jok pengemudi dan penumpangnya dengan bentuk meruncing ke belakang sehingga  dipastikan akan siap memberikan posisi riding yang cukup proporsional.

Bergeser ke belakang, tampaknya tampilannya juga tak kalah menarik dengan sektor depan dan sampingnya. Pasalnya, pada bagian belakang juga sudah dilengkapi dengan stop lamp LED yang mampu memancarkan cahaya cukup terang namun tak membuat silau pengendara di belakangnya. Tentu, tampilan eksterior motor ini bisa didesain dengan mengusung konsep sporty yang gagah dan modern pada setiap sisinya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Triumph Bonneville T100

Panel Indikator Full Digital Modern yang Begitu Memukau

spesifikasi MV Agusta

Dihadirkan sebagai motor streetfighter premium, tentu tak hanya desain fisiknya saja yang dibuat modern dan futuristik. Terbukti bahwa MV Agusta sendiri telah membekali motor baru garapannya ini dengan instrumen indikator yang sangat elegan dan futuristik. Pasalnya, motor street fighter kelas premium ini dibekali panel indikator berteknologi Full Digital yang sangat menawan.

Panel Full Digital pada motor ini pun menampilkan berbagai macam informasi terkait kondisi motor di mana akan ditampilkan posisi gigi (gear), kecepatan yang dihitung km/jam, mode berkendara, dan pengaturan ABS.

Selain itu, pada bagian panel indikatornya juga menampilkan beberapa lampu indikator yang letaknya di bawah layar digital, antara lain indikator lampu tembak (high beam), oli, indikator bahan bakar, lampu netral, dan yang terakhir indikator lampu sein pada sisi kanan dan kiri. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa motor ini sudah memiliki salah satu aspek penting pada motor, yakni panel indikator yang informatif dan juga futuristik.

Dimensi Besar dan Kokoh Disokokng Rangka ALS Steel Tubullar Trellis

Rupanya, sisi eksterior yang tampak besar ini tak lepas dari dimensi yang diusung motor satu ini. Pasalnya, motor street fighter ini mengandalkan rangka tipe ALS Steel Tubullar Trellis yang dikenal cukup tangguh dan kokoh untuk menampung atau menahan beban berat pada motor ini secara lebih maksimal.

Selain itu, pada sektor dimensi ini, motor premium ini memiliki panjang 2.045 mm, lebarnya 875 mm, dan memiliki jarak sumbu roda hingga 1.400 mm. Sehingga, dengan ukuran tersebut, wajar jika motor ini tampak lebih besar. Selain itu, motor street fighter ini pun juga memiliki ketinggian tempat duduk atau jok setinggi 830 mm yang dirasa cukup dan sudah sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Tentu, dengan ketinggian tempat duduk tersebut, pengendara pun akan lebih mudah dalam mengontrol motor ini.

Tak sampai di situ saja, motor besar ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 135 mm yang akan membantu pengemudi dalam melakukan manuver di berbagai medan tanpa perlu khawatir mengingat bagian bodi bawah motor ini tak akan tergesek dengan bebatuan atau tanah. Nah, melihat sisi dimensinya, dipastikan pengendara akan merasa lebih aman dan nyaman.

Suspensi Kuat dan Kokoh serta Sistem Pengereman yang Berkualitas

spesifikasi MV Agusta

Nah, untuk memberikan sokongan kuat, motor ini dibekali dengan sektor kaki-kaki yang kuat. Maka dari itu, produsen otomotif asal Italia ini membekali motor garapannya ini dengan suspensi tangguh, yaitu tipe Marzocchi Upside Down Telescopic Hydraulic Fork pada bagian depan memiliki diameter 43 mm dan untuk bagian belakang akan mengusung suspensi tipe Progressive Sachs Single Shock Absorber berdiameter 124 mm. Dengan adanya kedua suspensi tersebut, kenyamanan dalam berkendara akan semakin terasa mengingat kedua suspensi tersebut akan mampu meredam goncangan yang cukup baik ketika melewati jalanan yang bergeronjal sekali pun.

Kemudian, untuk memperkuat kaki-kakinya, motor ini dibekali dengan roda yang menggunakan velg Alluminum Alloy berukuran 17 inci. Velg tersebut dibalut ban besar berukuran 120/70 pada bagian depan dan untuk bagian belakang terbalut ban berukuran 180/55. Kedua ban ini diklaim dapat mempermudah pengemudi dalam bermanuver di segala medan.

Di sisi lain, untuk memberikan sistem pengereman yang handal,motor besar ini akan dibekali rem Double Floating Discs berdiameter 320 mm kaliper Brembo 4 Piston di bagian belakang dan rem tipe Single Steel Discs berdiameter 220 mm untuk bagian depan. Menariknya, motor street fighter ini akan dilengkapi dengan sistem pengereman berteknologi ABS yang tentunya akan membuat kualitas pengereman motor ini menjadi jauh lebih aman.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Honda Adv 150 Terbaru

Mesin Bandel dengan Teknologi DOHC 3 Silinder Berkapasitas 798 cc

Sebagai motor street fighter yang diproduksi di Italia, selain memiliki desain tegas dan sporty dari versi lawas, motor ini pun disematkan mesin 3 silinder dengan counter-rotating crankshaft yang mengalami improvement di mana akan berkolaborasi dengan teknologi DOHC di kapasitas 798 cc. Mesin canggih tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 109 Hp pada putaran ke 11.500 rpm dan puncak titik torsi mampu diraih pada 83 Nm di putaran ke 7.600 rpm. Tentu, dengan semburan tenaga mesin sedemikian kuat, tak heran jika motor gagah ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi.

Di sisi lain, tenaga yang dihasilkan mesin motor ini pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan Contant Mesh. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan slipper clutch yang mampu beroperasi dengan teknologi hidrolik dan electronically assited shift (EAS) 2.0 up and down gear shift yang dikelola dengan sistem MVICS terbaru.

Bahkan, diketahui juga sudah lulus uji emisi Euro 4. Sehingga dipastikan bahwa tak hanya mampu meletupkan tenaga yang gahar, tapi jugamampu menekan konsumsi bahan bakar secara lebih irit dan efisien.

Setelah melihat spesifikasi lengkap MV Agusta Brutale 800 di bawah ini, saatnya kita mengetahui harga yang dipatok untuk motor ini. Motor street fighter ini dibanderol dengan harga sekitar Rp530 juta. Tertarik untuk memiliki motor ini?

Baca juga: Kawasaki KLX 150: Motor Adventure yang Stylish dan Modern

Comments are closed.