Jenis-jenis Oli Motor Terbaik di Indonesia

Motor

Ada banyak jenis-jenis oli motor yang baik di Indonesia. Namun, jangan hanya berdasarkan merek saja, Anda juga harus mengetahui fungsi dari oli tersebut apakah sesuai dengan jenis motor Anda.

Bukan hanya sekedar penggunaannya saja, tetapi cara lain untuk merawat sepeda motor agar tetap dalam kondisi yang prima adalah dengan servis rutin. Salah satu servis rutin yang harus dilakukan adalah penggantian oli secara berkala. Sebab, untuk menghasilkan perfoma mesin yang tetap terjaga, pengunaan oli pun harus diperhatikan.

Oli memiliki fungsi sebagai cairan pelumas pada mesin-mesin yang berkaitan dengan gesekan, cooling agent dalam ruang mesin, mengurangi karat serta melindungi wearing pada permukaan elemen. Jika dilihat fungsi tersebut, memang penggunaan oli memang sangat penting bagi sebuah kendaraan bermotor, karena dengan adanya oli didalam mesin kinerja mesin pada sebuah motor akan menjadi lebih optimal.

Di Indonesia sediri ada beberapa jenis Oli motor terbaik yang sering digunakan oleh para konsumenya. Sebab, kinerja mesin motor juga sangat tergantung pada jenis oli yang digunakan. Dalam memilih oli pun harus diperhatikan juga. Pastinya yang cocok dengan kendaraan Anda.  Nah, untuk lebih jelas lagi mengenai jenis-jenis oli dan oli mana yang cocok untuk motor Anda, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Suzuki Satria F150 FI

Jenis-Jenis Oli Motor

merek oli motor

TOP 1 Action Matic

Saat membicarakan oli berbahan dasar sintetik terbaik untuk motor matic, Oli TOP 1 Action Matic wajib menjadi salah satu pilihan oli motor terbaik. Oli TOP1 Action Matic adalah oli berperforma tinggi dengan base oil synthetic yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi sepeda motor matic Honda dan motor Yamaha keluaran terbaru.

Jenis oli ini memiliki berbagai keunggulan, yaitu mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus karena diformulasikan dengan smooth riding additive. Oli ini juga sangat cocok untuk motor matic yang kerap kali terjebak kemacetan dan melalui kondisi jalanan perkotaan yang tak menentu.

Berali ke bagian perlindungan, oli ini juga memberikan perlindungan yang tahan lama dan mampu memberikan motor tersebut menjadi irit bahan bakar. Hal ini dikarenakan kadar sintetik yang lebih tinggi sudah memenuhi standar JASO MB terbaru tahun 2016.

AHM

Oli ini buatan pabrik PT Astra Honda Motor (AHM) yang memang diproduksi khusus untuk semua kendaraan roda dua bermerk Honda. Keunggulan dari oli ini terletak pada perlindungan menyeluruh untuk setiap lapisan mesin sehingga mesin motor menjadi lebih awet.

Castrol

Castrol merupakan merek pelumas yang cukup dikenal dan terbaik di Indonesia. Sebab, pelumas yang satu ini memiliki keunggulan yang cukup berkualitas, terutama dalam hal ketahanannya ketika memberikan perlindungan ekstra pada mesin motor secara maksimal. Castrol Oil ini pun sebenarnya tak hanya memproduksi oli untuk motor saja melainkan juga untuk mobil. Untuk urusan harga, oli ini memang terbilang cukup mahal, tetapi sebanding dengan perlindungan yang ditawarkan.

Baca juga: Sebelum Membeli Asuransi Motor, Ketahui Hal Ini!

Evalube

Tak hanya AHM saja, Yamaha pun juga memproduksi oli dengan merek Evalube. Oli ini dibuat dengan teknologi canggih dan modern sehingga memiliki tingkat kekentalan ganda (Multigrade) yang sangat cocok untuk motor bermesin 4 tak yang sudah lolos uji standar API SL/JOSO MA2.

Kemampuan atau keunggulan yang dimiliki oli ini tak lepas dari proses pembuatannya, yaitu base synthetic oil yang dicampur bahan aditif detergen, anti oksidan, anti karat, anti gesek, anti busa serta mengandung viscositas index cukup baik.

Yamalube

oli motor terbaik
Selain Evalube, Yamaha juga memproduksi merk Yamalube yang sudah banyak dikenal masyarakat. Memang, produsen asal Jepang ini selain rajin memproduksi kendaraan bermotor, ternyata juga mampu emproduksi pelumas mesin. Untuk pelumas merek Yamalube sendiri akan menawarkan dua tipe oli, yaitu Yamalube Matic dan Yamalube Motor.  Seperti namanya, tipe Yamalube matic jelas diperuntukan motor matik sedangkan untuk Yamalube Motor akan ditawarkan beberapa jenis oli motor, baik motor bebek maupun motor sport.

Pertamina Enduro

Salah satu pelumas hasil buatan Pertamina adalah Enduro. Merk cukup terkenal dikarenakan memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang sangat baik. Maka, tak heran jika Pertamina Enduro ini menjadi salah satu oli motor terbaik yang banyak diminati oleh pecinta otomotif. Tak hanya itu saja, pelumas mesin besutan Pertamina ini pun juga memiliki keunggulan dalam menekan atau mengurangi gesekan antar dua komponen mesin yang saling bergerak atau bergesek satu sama lain. Sehingga, keausan mesin pun akan semakin kecil.

Pertamina Fastron

Tak hanya Enduro saja, tampaknya Pertamina juga memproduksi pelumas mesin lain juga yang bernama Pertamina Fastron. Pelumas yang memiliki kandungan dalam oli berkualitas ini memiliki performa mesin pada motor menjadi lebih handal dan gahar. Bahkan, bisa dikatakan bahwa Pertamina fastron ini sangat cocok untuk digunakan pada mesin motor sport agar performa, terutama akselerasi motor menjadi lebih ringan.

Pertamina Mesran

Salah satu produk Pertamina yang juga cukup dikenal para pecinta otomotif, yaitu Mesran. Menariknya, pelumas yang satu ini dibuat dengan beraneka macam bahan yang berkualitas dan dibuat atau diproduksi oleh para insinyur muda terbaik di Indonesia. Tidak heran jika oli Mesran ini pun masuk juga dalam daftar oli motor terbaik yang dijual di Indonesia. Sebagai oli buatan anak bangsa, spesifikasi serta teknologi-teknologi yang ada pada oli ini tidak kalah dengan oli-oli buatan negara lain.

Shell

Nah, siapa yang tak kenal dengan oli motor Shell? Tentu, banyak yang mengakui keunggulan dari oli berkelas internasional ini sehingga wajar jika Shell Oil ini banyak dicari masyarakat. Untuk keunggulannya sendiri pun tampaknya tak perlu diragukan lagi mengingat pelumas Shell ini diproduksi dengan menggunakan teknologi mutakhir sehingga memiliki tingkat kekentalan yang super pas. Dengan begitu, dipastikan bahwa oli atau pelumas motor terbaik yang satu ini mampu membuat kinerja mesin motor menjadi lebih optimal, terlindungi, dan suhunya terjaga dengan baik. Selain itu, meski kelasnya sudah internasional namun jangan salah, karena harga pelumas motor Shell ini dibanderol dengan angka yang tak terlalu mahal di mana setiap harga berbeda tergantung dengan varian atau tipenya.

Comments are closed.