Pembalap MotoGP Legendaris, Siapa yang Terbaik?

Motor

MotoGP menjadi salah satu ajang sirkuit balap motor yang mendunia. Tak heran, pembalap MotoGP legendaris muncul di setiap generasi.

Bagi Anda penggemar MotoGP pasti sudah khatam dengan nama-nama legendaris di sirkuit balap motor kelas dunia ini. Anda harus berbangga, sebab kegemaran Anda pada tanding balap sekelas MotoGP menjadi salah satu bentuk dukungan bagi para pembalap.

Berkat adanya ajang mendunia seperti MotoGP, banyak lahir pembalap-pembalap bertalenta kelas dunia. Karir para pembalap MotoGP ini tentunya tidak secara langsung mendunia, mereka memiliki sejarah berjuangnya masing-masing hingga akhirnya mendunia. Berikut ulasan beberapa pembalap legendaris yang berkiprah di ajang MotoGP.

Daftar Pembalap MotoGP Legendaris

Eddie Lawson

Pembalap hebat satu ini dikenal dengan julukan Steady Eddie. Julukan itu diberikan padanya karena Lawson selalu berusaha keras untuk bisa menyelesaikan setiap balapan yang dilakukannya tanpa menabrak sedikitpun. Prestasi yang diraihnya di dunia balap motor telah membuatnya diakui dunia balap sebagai salah satu pembalap terbaik.

Baca Juga: Ducati Indonesia Terlaris Hingga Saat Ini, Favorit Anda?

Eddie Lawson tercatat telah memenangi 4 kali gelar juara Grand Prix motorcycle racing World Champion. Gelar tersebut dimenanginya pada tahun 1984, 1986, 1988 dan yang terakhir thaun 1989.

Kenny Roberts

Pembalap Motogp Kenny Roberts

Kenny Roberts merupakan satu-satunya pembalap Amerika yang berhasil membawa pulang gelar juara Grand Prix Motorcycle Racing World Championship di tahun 1978. Roberts juga merupakan orang yang telah dua kali memenangkan A.M.A . Grand National Championship. Dengan kemenangannya itu, membuat Roberts masuk ke dalam jajaran 4 pembalap American Motorcyclist Association (AMA) yang telah memenangkan AMA Grand Slam.

Pembalap hebat sepanjang sejarah ini memiliki nama panjang Kenneth Leroy Roberts. Seorang pembalap berkebangsaan Amerika yang lahir pada 31 Desember 1951 di California. Selain menjadi seorang pembalap, ternyata Roberts juga merupakan seorang pemilik dari sebuah tim balap motor.

Wayne Railey

Wayne Railey merupakan mantan pembalap American Grand Prix Motorcycle Road Racer. Kehadiran namanya dalam deretan pembalap terbaik MotoGP sepanjang masa ini bukanlah tanpa alasan. Selama di akhir tahun 1980an sampai awal 1990an, dirinya telah mengantongi gelar juara di kelas 500cc sebanyak 3 kali dan Daytona 200 sebanyak 1 kali.

Banyak orang yang mengatakan bahwa Railey adalah salah satu pembalap hebat yang jenius. Railey tidak hanya di kenal sebagai pembalap yang cepat, tapi teknik yang dimilikinya juga spesial dimana dia mampu menunggangi motornya dengan sangat mulus. Selain itu dirinya juga sangat pandai dalam mengatur strategi untuk mendahului lawan-lawannya.

John Surtees

Masih berasal dari Inggris, John Surtees merupakan salah satu pembalap terbaik yang merupakan mantan pembalap Grand Prix Motorcycle World Champion. Sepanjang karirnya sebagai pembalap motor, Surtess telah 4 kali menjuarai perlombaan Motorcycle World Champion di kelas 500cc. Gelar juaranya itu diraih pada tahun 1956, 1958, 1959, dan 1960.

Baca Juga: Suzuki GSX R150: Spesifikasi dan Harga Suzuki GSX R150

Surtees mendirikan organisasi balap yang bernama Surtess Racing Organitation Team. Dimana dalam organisasi itu, Surtess berperan sebagai konstruktor formula 1, formula 2, dan formula 5000 dari tahun 1970 sampai 1978.

Mike Hailwood

Mike Hailwood Pembalap MotoGP

Setelah sekian banyak pembalap Amerika yang dianggap sebagai pembalap terbaik sepanjang masa, kali ini giliran Inggris yang menunjukkan salah satu pembalap terbaik yang mereka miliki. Pembalap asal Inggris tersebut bernama Stanley Michael Bailey Hailwood. Lahir di Inggris pada 2 April 1940, Hailwood diberi penghargaan oleh banyak orang sebagai salah satu pembalap motor terbaik sepanjang masa.

Bagi orang yang melihat cara uniknya dalam mengendarai, pasti tidak merasa heran dengan sebutan Mike The Bike yang diberikan padanya. Sangat tidak beruntung bagi dirinya dan juga penggemarnya, karena Hailwood meninggal dalam sebuah kecelakaan yang terjadi di Warwickshire, Inggris.

Geoff Duke

Geoffrey Ernest Duke, begitulah nama panjang dari pembalap terbaik dunia satu ini. Lahir di Lancashire, Inggris pada 29 Maret 1923, pria ini telah beberapa kali memenangkan juara Motorcycle Grand Prix Road Racing World Champion. Duke mengawali karir sebagai pembalap motor di tahun 1950 dan memulai dari kelas 350cc. Walaupun sempat turun kelas ke 250cc Namun sepanjang karir, dirinya cukup sering mondar-mandir di kelas 350cc dan 500cc.

Setelah enam kali merengkuh gelar juara dunia, Duke akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia balap motor. Setelah pensiun, Duke diketahui beralih profesi menjadi seorang pebisnis di salah satu pulau di Inggris, Isle of Man.

Michael Doohan

Michael Doohan adalah seorang mantan pembalap Grand Prix Motorcycle Road Racing World Championships yang berhasil memenangi 5 kali turnamen di kelas 500cc secara berturut-turut. Dirinya hanya kalah dari Valentino Rossi yang telah memenangi 7 gelar dan Giacomo Agustini 8 gelar.

Michael Doohan yang berasal dari Australia ini mengawali karir sebagai pembalap motor pada tahun 1989 di kelas 500cc. Doohan terbilang cukup lama menghabiskan waktunya menunggangi motor yakni selama 10 tahun. Namun prestasi yang telah diraihnya tidak bisa dianggap remeh.

Valentino Rossi

valentino rossi pemalap MotoGP

Inilah yang menjadi pembalap idola masa kini, Valentino Rossi. Rossi merupakan pembalap profesional asal Italia yang telah berkali-kali menjadi juara dunia. Segala prestasi yang diraih membuatnya menjadi salah satu pembalap terbaik sepanjang masa.

Rossi masuk ke dalam dunia balap motor karena dirinya ingin mengikuti jejak ayahnya Graziano Rossi. Rossi memulai karir profesionalnya pada tahun 1996 di kelas 125cc menggunakan motor Aprilia. Secara cepat, Rossi pun mengalami peningkatan dan mulai masuk dalam kelas 250cc dan berikutnya 500cc. Sayangnya tahun 2015 dirinya gagal meraih gelar juara setelah dirinya tidak mampu mengalahkan rekan setimnya Jorge Lorenzo.

Baca Juga: Motor Bebek Terbaik di Indonesia, Mana Punya Anda?

Giacomo Agustini

Masih berasal dari negara yang sama dengan Valentino Rossi, Italia. Giacomo Agustini adalah pembalap terbaik sepanjang masa di dunia yang tidak terbantahkan lagi. Dirinya telah berkali-kali menjuarai gelar juara world champion Grand Prix motorcycle road racer.

Dengan julukan Ago, dirinya telah mencetak rekor mengagumkan dengan 122 kali memenangi Grand Prix dan 15 kali World Championship. Tercatat sebanyak 68 kali kemenangan serta 8 kali gelar juara dunia diraihnya pada saat dirinya membalap di kelas 500cc. Sisa gelarnya diraih ketika dia membalap di kelas 250cc.

Dari daftar pembalap kelas dunia di atas, mana pembalap MotoGP favorit Anda?

Comments are closed.