Suzuki Bandit 150: Motor Touring yang Gagah dan Modern

Motor

Sejak kehadirannya, Suzuki Bandit 150 memang diperuntukkan untuk para rider yang memiliki hobi berkelana di jalanan. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang ditawarkan cukup memenuhi sebagai motor untuk touring.

Sejak awal tahun kemarin sudah banyak yang penasaran dengan motor satu ini. Motor yang digadang-gadang sebagai salah satu motor terbaik untuk touring ini memang menawarkan segudang kecangihan. Hingga akhir peluncurannya pada bulan Agustus tahun lalu Suzuki Bandit 150 memang tidak mengecewakan. Bodi besar yang sangat gagah sangat mencerminkan bahwa motor ini khusus untuk para pria yang gemar berkela di jalanan.

Tidak sampai disitu, ada banyak kecanggihan yang ditawarkan dari lini lain, seperti suspensi yang dibuat dari kaki-kai kokoh, dapur pacu yang kencang dan cepat, hingga fitur-fitur lainnya. Untuk lebih jelas lagi spesifikasi lengkap dari motor ini, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Yamaha Vixion: Motor Bebek Tangguh dengan Fitur Menarik

Motor Touring dengan Tampilkan Kesan Gagah dan Futuristik

Kesan modern, gagah, dan futuristik tampaknya terlihat dari sisi eksterior pada spesifikasi Suzuki Bandit GSX 150 Bandit. Hal itu bisa dilihat dari beberapa sektor fisiknya. Dari sisi depan, Suzuki telah mengusung konsep lampu bergaya touring bike modern dengan sentuhan khas GSX 150 Bandit disertai teknologi lampu LED yang membuatnya semakin terkesan dominan dan tampak begitu agresif.

Di samping itu, motor ini juga mengusung sebuah tangki bahan bakar yang didesain sporty dengan lekukan tajam dan anti-mainstream sehingga membuatnya tampak begitu agresif dan terkesan sporty. Tak hanya itu, di bagian dashboard terlihat juga sebuah panel indikator full digital yang begitu informatif guna memperkuat kesan modern dan futuristik. Tak sampai di situ, bahkan di bagian tangki bahan bakarnya yang memiliki daya tampung 11 liter, terdapat cover yang dibuat begitu tajam pada setiap sudutnya dengan sedikit memperlihatkan susunan blok mesinnya. Sehingga, membuat tampilan motor ini tampak begitu gagah jika dilihat dari samping.

Spesifikasi suzuki Bandit 150

Untuk bagian belakang, motor ini membawa konsep jok Comfortable Seat yang didesain secara Dual Stepped dengan ukuran yang lebih panjang dengan lebar yang ideal. Menjadikan posisi berkendara pun semakin nyaman. Selain itu, terlihat knalpot modern dengan cover yang membuat kesan motor touring pun semakin kuat. Sementara itu, di bagian belakang dari sektor eksterior pada spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit ini tampak stoplamp dengan desain modern yang siap melengkapi kesan gagah dari motor ini.

Speedometer Informatif dan Modern

Sebagai salah satu motor touring masa kini, motor ini dirancang dengan berbagai bekalan fitur modern yang sesuai zaman. Dimana, salah satu buktinya yaitu dengan penyematan instrumen indikator dengan panel full digital pada Suzuki GSX 150 Bandit ini. Secara detail, instrumen indikator yang dibawa motor ini mengusung konsep full layar LCD dengan beberapa informasi panel, seperti kecepatan Km/jam, rpm, jarak tempuh keseluruhan, jam digital dan panel indikator bahan bakar.

Tidak hanya itu saja, di bagian samping kanan maupun kiri pada layar LCD tersebut juga terdapat beberapa lampu indikator, seperti lampu sein, lampu netral, indikator lampu bahan bakar, lampu indikator kerusakan, dan lampu utama (lampu jarak jauh). Tentu saja, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan, sektor speedometer yang diusung spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit ini tampak begitu mumpuni dan informatif.

Dimensi Bodi Besar dengan Rangka Tipe Cradle

Kesan motor touring memang dirasa cukup kental pada motor ini. Hal itu juga berkat bekalan basis yang digunakannya. Dimana, motor varian GSX 150 Bandit ini mengusung konsep dari basis GSX-S150 sehingga tak banyak yang berbeda di antara keduanya. Selain itu, jika ditelisik secara spesifik dan detail, motor touring buatan Suzuki terbaru ini memiliki ukuran dimensi yang cukup ideal dengan ukuran panjang 2000 mm, lebarnya 745 mm, tinggi 1035 mm, dan memiliki jarak sumbu roda 1300 mm. Menggunakan ukuran dimensi tersebut maka tak heran jika motor touring buatan Suzuki ini mampu menampilkan tampilan desain yang begitu gagah dan terkesan sedikit bongsor.

Tak hanya itu saja, motor yang berbobot 135 Kg ini juga didesain sesuai postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Dimana, kali ini Suzuki GSX 150 Bandit dibuat dengan ketinggian jok setinggi 790 mm sehingga akan membuat pengendara tak perlu jinjit atau merasa kesulitan untuk mengendalikan atau menjaga keseimbangan motor ini ketika berhenti di jalan/lampu merah.

Selain itu, pihak Suzuki juga telah merancang motor ini dengan ukuran ground clearance 150 mm yang mana ukuran tersebut disesuaikan untuk memberikan kenyamanan perjalanan touring di berbagai medan jalan. Maka dari itu, tak mengeherankan jika dengan gaya konsep dan rancangan dimensi pada spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit tersebut membuat moge ini patut diperhitungkan oleh para konsumen, terutama penghobi motor touring.

Baca juga:  Suzuki Hayabusa: Sepeda Motor Hyper Sport yang Gagah Perkasa

Suspensi Kokoh dari Kaki-Kaki yang Mantap dan Handal

Spesifikasi suzuki Bandit 150

Sementara itu di satu sisi, kaki-kaki pada spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit ini juga menajdi sorotan bagi untuk diulas. Pasalnya, sektor ini memegang peranan penting dalam soal kenyamanan berkendara maupun keseimbangan motor saat dikendarai. Dimana, dalam hal ini, dilaporkan bahwa Suzuki GSX 150 Bandit akan membawa kaki-kaki handal dengan sokongan suspensi Telescopic di bagian depan dan tipe suspensi Swingarm di bagian belakangnya. Sehingga, dengan ekdua ketangguhan dari suspensi yang disematkan pada motor ini maka keseimbangan dalam berkendara pun semakin terjamin.

Tidak sampai disitu, untuk kedua suspensi tersebut diklaim memiliki daya redam getaran atau goncangan yang sangat handal sehingga pengendara akan merasa nyaman ketika melewati medan bergeronjal atau ekstrim sekalipun. Di sisi lain, Suzuki GSX 150 Bandit pun juga akan mengusung velg modern tipe Cast berbalut ban Radial Tubeless. Dimana, untuk roda bagian depan, memiliki ukuran ban 90/80 R17. Sedangkan untuk sektor belakangnya akan mengusung ukuran ban 130/70 R19. Tak sampai di situ saja, menariknya, kali ini Suzuki GSX 150 Bandit bakal membawa rem handal tipe Petal Disc Brake yang berdiameter lebar membuat pengeremannya kian lebih maksimal. Bahkan, untuk menunjang keselamatan secara lebih mumpuni, spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit ini sudah mengusung teknologi rem ABS untuk memberikan kualitas rem lebih sempurna.

Mesin Powerful

Spesifikasi suzuki Bandit 150

Di samping itu, tak lupa juga bahwa pembahasan spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit kali ini juga dipasikan bakal menelusuri sektor ruang pacu pada motor ini. Terkait dengan sektor dapur pacu, eperti pada pembahasan di atas, mesin pada motor ini membawa basis yang sama dengan yang diusung model GSX-S150. Dimana, kali ini Suzuki akan mengusung mesin tipe DOHC 4 langkah dengan silinder tunggal dan memiliki kapasitas kubikasi 150 cc.

Mesin tersebut nantinya akan dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan yang mana diklaim sanggup memberikan semburan power/tenaga up to 141.1 kW per 10.500 rpm dan torsi 14.0 Nm per 9.000 rpm. Dengan hasilkan power dan torsi tersebut maka tak heran jika Suzuki GSX 150 Bandit ini mampu berakselerasi dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, untuk menjaga suhu mesin, maka Suzuki pun telah mengusung teknologi Water Cooled atau sistem pendingin cair yang lebih efektif dalam mengurangi suhu panas saat dikendarai. Sementara itu, untuk sistem pembakaran yang diandalkan pada spesifikasi Suzuki GSX 150 Bandit ini yaitu menggunakan tipe Petrol yang dirasa cukup efektif dan efisien dalam memberikan sensasi baru dalam berkendara.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga MV Agusta Brutale 800

(SUmber Foto: Suzuki Indonesia)

Comments are closed.