Suzuki Hayabusa: Sepeda Motor Hyper Sport yang Gagah Perkasa

Motor

Salah satu motor Hyper Sport yang mampu menyita perhatian masyarakat adalah Suzuki Hayabusa. Secanggih dan segagah apa motor ini? Berikut ini spesifikasinya.

Suzuki GSX1300R Hayabusa sebenarnya sebuah sepeda motor hyper sport yang dikeluarkan oleh Suzuki pada tahun 1999 silam. Meskipun sudah lama diproduksi, tetapi hingga saat ini, motor tersebut masih banyak diminati oleh masyarakat dunia. Seiring perkembangan teknologi yang melesat tajam, persaingan di dalam segmen sepeda motor hyper sport juga semakin sengit. Khususnya dengan peluncuran model motor seperti BMW K1200S, Kawasaki Ninja ZX-12R, dan Kawasaki Ninja ZX-14. Tentu, dengan persaingan yang semakin sengit ini memaksa Suzuki untuk memperbarui tampilan dan meningkatkan performa GSX1300R pada tahun 2008.

Perubahan tidak hanya disitu saja, pada tahun 2018 silam, Suzuki kembali melakukan perubahan dengan mengganti warna pada bodi yang terlebih jauh lebih keren, seperti Glass Sparkle Black dan Pearl Mira Red/Pearl Glacier White. Bukan hanya warnanya saja yang berubah, tetapi bebrapa elemen di dalamnya juga dibuat semakin canggih. Untuk lebih jelas perubahan apas aja yang terdapat dari motor ini, berikut ini spesifikasi lengkap Honda Hayabusa.

Baca juga: Motor Gede 155cc Terbaik di Indonesia: Pilih yang Mana?

Desain Sport Suzuki Hayabusa yang Gagah Perkasa

Suzuki Hayabusa membawa desain yang cukup elegan dengan menghadikan bentuk bodi yang memanjang dan besar dengan dimensi 2190 x 735 x 1165 mm. Jika dilihat dari dimensinya, motor sport ini terbilang cukup berat karena mempunyak bobot hingga 266 kg sehingga mungkin penggunaan motor ini akan lebih mudah dan cocok di trek lurus. Aksen bodi yang terlihat menonjol dibeberpa bagian menjadikannya semakin terlihat istimewa, tidak heran jika harga Suzuki Hayabusa yang super mahal juga menjadikannya dengan Full Fairing.

spesifikasi suzuki hayabusa

Pada bagian depan, Suzuki meletakan handlamp yang dibuat tepat berdampingan dengan dua buah lubang angin (Air Intake) berbentuk silinder serta lampu sein yang berada di sisi kiri dan kanannya. Kemudian dengan membawa desain bodi yang besar, motor ini juga di sertai dengan tangki bahan bakar yang cukup besar hingga mampu menampung BBM samapi 21.0 L. Bahkan berkendara menggunakan motor ini pastinya akan terasa lebih nyaman karena Suzuki memberikan jarak body ketanah mencapai 120 mm dan jarak poros roda mencapai 1480 mm.

Dapur Pacu Suzuki Hayabusa yang Super Kencang

Dapur pacu pada motor ini menjadi salah satu yang paling fantastis. Hal ini dikarenakan dengan harga yang cukup mahal, motor sport ini mengusung tipe mesin 4 silinder dengan 4 katup pada setiap silindernya. Selain itu, motor ini juga mempunyai teknologi mesin DOHC dengan total kapasitas mesin mencapai 1340 cc. Pada urusan mesinnya, Suzuki juga memberikan pendingin berbtipe liquid. Komponen mesin yang di berikan dengan skala yang apik membuatnya mampu memberikan tenaga mencapai 146 KW per 9800 rpm dan pada torsinya mencapai 154 Nm per 10200 rpm.

Untuk mesin yang digunakan, tercatat motor ini mampu menembus top speed hingga 299 km/h. Meskipun diklaim menjadi yang tercepat, Hayabusa tetap mampu menekan penggunaan bahan bakar tetap irit karena terdaptnya teknologi fuel injection. Bahkan tak hanya itu, motor ini juga mengusung teknologi masa kini yang membuatnya semakin bertenaga salah satunya berupa penggunaan Suzuki Dual Thorttle Valve. Dari sisi lain, tersedia pula system transmisi 6 percepatan yang mana membuatnya semakin asik ketika diajak berlari.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga MV Agusta Brutale 800

Rangka dan Suspensi yang Super Kokoh

Untuk para penggila motor sport dikalangan atas, sudah diapstikan motor ini akan menjadi pilihan yang paling tepat karena memiliki tenaga yang sangat sempurna. Bukan hanya itu, motor ini juga dibuat dengan mengedepankan kenyamanan yang kuat, khususnya pada bagian suspensinya yang sudah menggunakan tipe telescopic, coil spring, oil damped d bagian depan, sedangkan pada bagian belakang Suzuki menempatkan tipe Link type, coil spring, oil damped.

spesifikasi suzuki hayabusa

Spesifikasi yang dibawanya Suzuki juga memberikan rangka yang cukup kuat dengan menggunakan material Aluminum perimeter yang terbukti cukup kuat. Sementara untuk menahan laju dari moro berkapasitas mesin 1340 cc ini, pabrikan ternama Suzuki menyertakan rem cakram ganda dengan empat kaliber pistoe dibagian depan serta tipe rem cakram tunggal 1 kaliber piston dibagian belakang. Menariknya motor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-Lock Brake System (ABS) serta penambahan kaliber monoblok.

Fitur-Fitur yang Sangat Canggih

spesifikasi suzuki hayabusa

Balik lagi ke soal harga yang cukup mahal motor ini juga sudah dilengkapi dengan tampikan dashboard yang cukup menarik. Dimana nantinya setiap pengendaranya akan dihadapkan dengan panel full LCD yang sudah disempurnakan dengan berbagai macam indikator, salah satunya S-DMS (Suzuki Drive Mode Selector), Dial Trip meter, jam, odometer dan indikator posisi gigi yang sedang di gunakan bahkan diklaim memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga dalam hal ini membuat pengguna akan merasa nyaman ketika sengan mengendarai sepeda motor yang satu ini.

Itulah beberapa spesifkasi yang ditawarkan oleh salah satu motor besar terbaik dari Suzuki ini. Untuk jenis motor hyber sport, Suzuki selalu memberikan spesifikasi yang terbaik dengan memanfaatkan teknologi-teknologi canggih saat ini. Anda yang suka dengan motor sport, apakah tertarik untuk membeli motor ini?

Comments are closed.