Spesifikasi Lengkap dan Harga Suzuki Satria F150 FI

Motor

Suzuki Satria F150 FI ini merupakan varian terbaru dari DNA Satria. Tak hanya tampilan, dapur pacu pun ikut dirombak total pada varian terbaru ini.

Suzuki Satria F bisa dibilang sebagai salah satu motor bebek fenomenal. Pasalnya, sejak dirilis pertama kali di tahun 2004 ini langsung mencuri perhatian banyak penggila motor di tanah air lantaran bentuknya yang unik serta tenaganya yang luar biasa.

Setelah beberapa tahun vakum dalam merilis varian terbarunya, akhirnya Suzuki kembali melahirkan varian Satria F terbaru dengan nama All New Satria F 150 FI dengan beragam perubahan dan pembaharuan di berbagai sektornya. Apakah motor ini masih semenarik pendahulunya? Simak spesifikasinya di bawah ini!

Baca juga: KTM Indonesia dan Varian Motor Terlarisnya di Tanah Air

Spesifikasi Suzuki Satria F150 FI

spesifikasi suzuki satria

Desain Bodi Suzuki Satria Ramping dan Semakin Agresif Tegaskan Aura Hype-underbone Sejati

Meski secara umum masih membawa desain motor ‘ayam jago’ yang kental, namun secara mendetail, motor ini 90 persen meninggalkan desain lamanya. Mulai dari penampakan sektor headlamp yang kini terlihat lebih garang, sedikit mirip dengan wajah robot Transformers. Desain headlamp yang lebar ini juga sudah dijejali dengan teknologi LED lamp dengan sein yang dibuat menyatu bersama lampu utama. Pada bagian headlamp-nya sendiri juga memiliki fungsi masing-masing dengan pengoperasian yang menarik.

Beralih ke bagian samping, aura hyper-underbone masih kentara jelas. Hanya saja untuk konsep desain versi injeksi ini lebih proposional ketimbang versi karburator dan tampak lebih padat. Satu-satunya yang masih cukup melekat kuat aura Satria FU adalah di sektor buritannya, di mana untuk sektor yang satu ini jelas Suzuki masih cukup percaya diri dengan mendesain sektor stoplamp LED yang tak jauh berbeda dengan versi karburatornya yaitu lancip.

Secara umum, bisa dikatakan desainnya kali ini benar-benar membawa detail yang baru, seperti fairing yang lebih agresif dengan lubang pembuang panasnya. Fairing ini bahkan dirancang dengan cukup mencolok memanjang hingga cover engine di bagian bawah. Hasilnya, motor ini terlihat lebih sporty. Belum lagi komponen penunjang seperti spion, visor, spakbor belakang yang nampak lebih racing semakin menunjang tampilan motor kopling andalah Suzuki ini secara umum.

Konsol Meter dengan Panel Full Digital Mudahkan Pengecekan Kondisi Motor

spesifikasi suzuki satria

Suzuki telah memberikan teknologi terbaik pada para penggemar motor ini dari sisi speedometer-nya. Panel ini tak lagi menyematkan model semi digital namun sudah full digital dengan panel instrumen terlengkap di kelasnya.

Dengan lampu latar berwarna orange yang ramah di mata, bingkai konsol meter pada motor buatan Suzuki ini juga terasa simetris layaknya kokpit mobil dengan nuansa sporty yang begitu kuat. Selain mengusung penampilan baru yang pastinya user friendly, dashboard pada motor ini juga sudah dibekali dengan kelengkapan panel yang informatif. Ada pun konsol meter motor ini mampu menampilkan penunjuk waktu, indikator FI, penunjuk kecepatan, tachometer, indikator posisi gear, indikator bensi, indikator RPM, twin trip, indikator temperatur pendingin, bahkan ada juga indikator interval oli yang mungkin tidak akan kita jumpai di motor lain sekelasnya. Semua panel indikator ini juga disajikan dengan sangat informatif dan pengoperasian lewat tombol yang cukup mudah. lagi-lagi, lewat konsol meter terbarunya ini, motor ini menawarkan value lebih sebagai motor bebek sport kelas 150cc.

Baca juga: Tertarik Motor Peugeot Django? Ini Spesifikasi dan Harganya!

Dimensi Kompak dengan Posisi Berkendara yang Lebih Nyaman

Meski kali ini diracik tanpa menghilangkan kesan sporty dan race look, namun ternyata motor ini sudah dirancang untuk memberikan tingkat pengendalian yang lebih baik selain posisi riding yang lebih dimaksimalkan. Untuk dimensinya sendiri, motor bebek ini ternyata paling ramping di kelasnya dengan panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm sehingga motor ini sangat asik diajak bermanuver di jalan raya. Memiliki ground celarance setinggi 150 mm juga menjadikannya masih aman untuk melesat di karakteristik jalanan Indonesia.

Bobot motor satu ini juga cukup ringan, yakni 109 kg saja. Rahasia dari pengurangan berat tubuh motor ini terletak pada detail beberapa komponennya yang dipangkas sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. Konsekuensi dari sektor dimensional yang lebih ‘slim’ ini membuatnya memiliki tingkat pengendalian dan handling yang lebih baik di kelasnya, bahkan jika dibandingkan dengan versi karburator.

Suspensi Berkualitas untuk Menjamin Stabilitas Berkendara

Diracik untuk memiliki performa liar, pastinya pengendara membutuhkan dukungan suspensi berkualitas untuk menjamin berkendara yang lebih nyaman. Untuk piranti yang satu ini, sepertinya Suzuki masih mempertahankan piranti pada varian lawas yang dinilai masih mumpuni dalam menunjang performa berkendara. Di mana varian terbaru ini dibekali dengan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi berjenis monoshock di bagian belakang. Menariknya lagi, untuk menjamin stabilitas berkendara, Suzuki juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid pada motor ini.

Beralih ke sektor pengereman, ada perbedaan yang cukup signifikan dengan varian lamanya di mana varian terbaru ini sudah membawa petal disk brake (cakram) dengan diameter lebih lebar bermodel wave dua piston kaliper di bagian depan dan cakram wave single piston di bagian belakang. Dengan cakram baru ini, Suzuki menjamin metode pengereman pada motor inilebih baik dibandingkan pendahulunya.

Pada bagian kaki-kakinya, motor ini membawa desain velg yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, namun untuk velg barunya ternyata membawa bobot yang lebih ringan demi alasan performa handling. Velg racing tersebut dibalut dengan ban tubeless yang memiliki alur baru berukuran 70/90-17 38P di bagian depan dan 80/90-1750P di bagian belakang.

Mesin Bertenaga Luar Biasa dengan Teknologi DOHC 4-Valve Single Cylinder

spesifikasi suzuki satria

Sebagai penerus DNA Satria atau FXR 150, jelas untuk sektor yang satu ini Suzuki tidak akan main-main. Sebab DNA pendahulunya memang sudah melekat kuat dengan identitas kecepatan. Varian terbaru ini membawa mesin 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama. Namun untuk mesin barunya, motor ini sudah dirancang dengan konstruksi mirip motor balap dengan pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar.

Sementara itu, untuk mengejar performa balap, motor ini juga diperkuat throttle body berukuran 32 mm layaknya motor spek sirkuit. Lantas untuk komponen pistonnya, motor bebek ini memiliki bobot yang lebih ringan namun diracik lebih kuat berteknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada bagian dinding silinder mesin. Hal ini membuat mesin motor ini tetap kuat dan awet walaupun dipacu dalam kecepatan tinggi. Hasil dari kombinasi tersebut, motor ini memiliki power dan torsi paling melimpah di kelasnya dengan tenaga hingga 13, KW/1.000 rpm dan torsi puncak mencapai 13,8 Nm/8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan.

Di atas kertas, motor keluaran Suzuki ini memang memiliki power paling ganas di kelasnya. Selain itu, motor ini juga memiliki karakteristik mesin overbore dengan rasio kompresi 11.5 :1. Dengan karakter seperti ini, motor ini mampu memuntahkan power yang terus konsisten, baik di angkatan awal hingga kecepatan tinggi.

Meski memiliki performa liar, namun motor ini juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena hadirnya sistem suplai bahan bakar Fuel Injection yang dikombinasikan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module). Hasilnya, mesin motor ini memiliki konsumsi BBM bisa mencapai 50 km/liter.

Jelas terlihat perbedaannya antara Suzuki Satria F150 FI dengan pendahulunya, bukan? Soal harga, motor ini dilabeli dengah harga sekitar Rp21 jutaan. Tertarik untuk membeli motor ini?

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vespa GTS Super 150

Comments are closed.