Sym Fiddle 125, Skuter Retro yang Futuristik

Motor

Jika Anda menginginkan skuter matik bergaya retro klasik, tapi dibalut dengan desain modern, Sym Fiddle 125 bisa menjadi salah satu pilihan. Sayangnya, motor ini tidak dijual di Indonesia karena target pasarnya adalah Eropa.

Skuter matik merupakan salah satu jenis sepeda motor yang menguasai pangsa pasar otomotif Indonesia yang cukup besar. Menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), egmen skuter matik ini mampu menguasai pasar sepeda motor hingga 87,6% atau terjual hampir 500.000 unit pertahun. Angka ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan karena tren matik yang semakin populer dikalangan masyarakat modern.

Skuter bongsor adalah favorit masyarakat Indonesia, dengan kapasitas mesin besar mencapai 250 cc. Mayoritas motor ini diproduksi oleh produsen motor Jepang, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Padahal tidak sedikit produsen lain yang melahirkan produk-produk handal serupa.

Baca juga: Honda Forza 250, Motor Metic Modern dan Sporty

Salah satunya adalah Sym, perusahaan asal Taiwan ini dikenal sebagai produsen motor yang cukup aktif menciptakan berbagai varian baru. Sym Fiddle 125 adalah salah satu produk yang menyita perhatian Indonesia karena desainnya yang khas namun dibandrol dengan harga kompetitik.

Tapi karena tidak diproduksi di Indonesia, Anda harus mengimpornya langsung dari Taiwan yang membuat harga jualnya jadi lebih mahal dari harga aslinya. Dengan harga beli yang murah, apakah Anda rela begitu saja jika terjadi hal buruk menimpa? Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melindunginya dengan asuransi motor yang mampu memberikan santunan jika terjadi risiko berbahaya.

Spesifikasi Sym Fiddle 125

Spesifikasi Sym Fiddle 125

Source: sym-global.com

Model Sym Fiddle 125 merupakan motor skutik yang diproduksi oleh Sym. Sebenarnya model ini sudah diperkenalkan dan dilepas ke pasaran mulai 2016. Namun, untuk di Asia kurang terasa lantaran target market mereka adalah Benua Biru Eropa.

Spesifikasi mesin Sym Fiddle 125 ini dilengkapi dengan satu silinder, motor empat langkah. Mesin menghasilkan daya output puncak maksimum 9,53 HP (7,0 kW)) @ 8500 RPM dan torsi maksimum 8,51 Nm (0,9 kgf-m atau 6,3 ft.lbs) @ 6500 RPM. Dengan drive-train ini, Sym Fiddle III 125 mampu mencapai kecepatan tertinggi maksimum 95,0 km / jam (59,0 mph).

Mengenai karakteristik sasis, yang membuat tunggangan ini tetap nyaman ketika di geber dalam kecepatan tinggi adalah pipa di bawah kerangka motor yang dilengkapi dengan Telescopic Fork dan pada suspensi belakang dilengkapi dengan Unit Swing Arm.

Baca juga: Yamaha Tricker 250: Motor Nyaman di Segala Medan

Sementara untuk ukuran ban yang digunakan adalah 110 / 70-12 di depan, dan 120 / 70-12 untuk rodak belakang. Sedangkan sistem pengereman Sym Fiddle III 125 masih menggunakan cakram tunggal ukuran 190 mm (7,5 inci) di depan dan rem yang diperluas (rem drum) ukuran 130 mm (5,1 inci) di bagian belakang.

Sementara untuk kapasitas bahan bakar, seperti mayoritas skuter matic Eropa kapasitasnya cukup kecil yakni hanya 6,2 liter saja. Skuter yang memiliki dimensi 1900 mmx690 mmx1130 mm tersebut sudah menggunakan transmisi C.V.T. Dengan berat mencapai 271 kg motor ini mungkin menjadi tunggangan yang cukup berat untuk mayoritas warga Indonesia yang bertubuh mungil.

Desain Sym Fiddle 125

Desain Sym Fiddle 125

Source: sym-global.com

Karena menyasar market Eropa, tidak heran jika desain eksterior Sym Fiddle 125 ini mengusung konsep retro yang amat populer di Benua Biru khususnya Italia. Menariknya meski desain retro ini termasuk kategori klasik, tapi tampilan luar Fiddle 125 ini tetap dinamis dengan gaya masa kini. Ini karena dari sisi eksterior motor buatan Taiwan tersebut dibuat moderen, menyesuaikan dengan selera anak masa kini. Jadi jangan takut ketinggalan zaman ketika menunggangi skutik matik tersebut, karena Anda tetap nampak keren.

Fiddle 125 ini tersedia dalam pilihan warna Red/Silver, Whute, Blue/White, Mat Black/Black, Black/Brown Sea, dan Dark Blue. Terlihat dari pengkategorian warnanya sangat erat dengan model klasik Eropa yang khas abad revolusi. Anda pun bisa bernostalgia mengenang masa-masa diciptakannya motor generasi pertama ketika mengendari Sym Fiddle.

Meski diciptakan untuk market Eropa, tapi banyak warga Asia yang mengaku terpesona dengan tampilan eksteriornya. Hal ini berkat adanya headlamp berdesain menarik yang dibekali lampu berdaya 35 Watt. Sehingga dapat memancarkan cahaya cukup terang ketika berkendara malam hari.Nampak pulan dua buah lampu sein 10 Watt. Sedangkan di sisi samping dari Sym Fiddle III 200 ini telah terpasang LED lamp 10 watt yang dipasang sangat unik, yani melingkar disetiap sisi samping bodi motor . Sementara bagian sampingnya menampilkan kesan sederhana dan minimalis.

Pijakan kakinya juga sangan nyaman karena dibuat cukup luas, menyesuaikan ukuran kaki masyarakat Eropa yang notabene lebih besar dibanding orang Indonesia. Konsumenpun mengakui kalau kehadiran pijakan yang lebar ini membuat ruang gerak kaki menjadi lebih luas.Bagian jok juga dibuat saat unik yakni menyatu antara bagian depan dan belakang. Bagasinya juga cukup luas, sehingga nyaman dijadikan teman berpetualang untuk perjalanan panjang.

Harga Sym Fiddle 125

Harga Sym Fiddle 125

Source: sym-global.com

Meski sudah dipasarkan di Eropa sejak 2016 silam, tapi hingga saat ini belum ada kabar motor ini akan dijual di Indonesia. Bila Anda menginginkan skuter ini harus melalui proses indent (pemesanan). Untuk harganya sendiri, Sym membandrol varian yang satu ini seharga USD 2899 atau setara dengan Rp 38 jutaan. Harga yang cukup kompetitif mengingat popularitasnya dibenua biru yang sangat tinggi.

Tentu saja, karena tidak ada pabrikannya di Indonesia, ketika Anda melakukan pemesanan yakni mengimpor langsung dari Taiwan, bisa jadi harga jualnya lebih tinggi karena menyesuaikan dengan kebijakan cukai Indonesia. Pertimbangkan juga persoalan servis motor ini. Karena tidak ada diler dan bengkel resminya, kecil kemungkinan ada sparepart asli yang dijual di Indonesia.Resikonya adalah ketika mengalami kerusakan, Anda harus memesan dulu sparepartnya dari Taiwan langsung atau membiarkan sampai tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga: Keuntungan Yamaha Xmax untuk Anda yang Gemar Touring

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah informasi mengenai spesifikasi, desan dan harga Sym Fiddle 125. Sebelum memutuskan memboyongnya ke Indonesia pertimbangkan sisi finansial Anda. Jika belum siap mengeluaran biaya perawatan sebaiknya tunda dulu keinginan agar skutik cantik ini tidak hanya berfungsi menjadi pajangan.

Comments are closed.