Spesifikasi Lengkap dan Harga Triumph Bonneville T100

Motor

Triumph Bonneville T100 dianggap sebagai salah satu motor besar terfavorit dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang membuat motor ini begitu istimewa?

Penggemar motor semakin hari semakin banyak jumlahnya, tak hanya di dunia, tapi juga di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrikan motor besar Eropa yang memasarkan produknya di tanah air.

Salah satu pabrikan yang cukup mencuri perhatian adalah Triumph. Pabrikan asal Britania Raya ini memang terkenal sebagai pabrik yang memiliki banyak motor besar berkualitas. Triumph Bonneville adalah salah satu varian yang paling laris di pasaran tanah air.

Meski mengusung konsep retro, faktanya motor ini bisa dibilang sebagai salah satu favorit para penggila motor besar. Penasaran dengan seluk beluk Triumph Bonneville ini? Simak spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Tertarik Motor Peugeot Django? Ini Spesifikasi dan Harganya!

Spesifikasi Triumph Bonneville T100

Moge dengan Gaya Desain Retro Klasik Modern

spesifikasi triumph bonneville

Desain motor besar ini hadir dengan gaya model motor ala tahun 60-an yang merupakan gaya asli dari motor tersebut. Hal tersebut tampak pada sisi depannya yang terpasang sebuah headlamp dengan bentuk bulat menjadikan kesan klasik dari motor ini makin terlihat begitu kental terasa.

Selain itu, pada samping sisi kanan dan kiri dari headlamp motor ini, tampak juga terpasang manis sepasang lampu sein yang didesain bergaya motor ala tahun 60-an. Berpindah pada bodi sampingnya, bisa kita lihat susunan mesin yang didesain dengan rancangan klasik modern. Kemudian, sepasang knalpotnya yang bergaya Stainless Steel Header Twin Chromed Silincers pun terpasang di sisi kanan dan kiri dari moge ini dengan mengusung desain retro yang tentunya semakin memperkuat kesan sebagai motor jadul.

Tak hanya itu, motor ini juga memperlihatkan tangki bahan bakar berkapasitas 16 liter yang terlihat besar dan agak memanjang sehingga aura elegan pun juga tampak terlihat dari tampilan moge garapan Triumph ini.

Lalu, menginjak pada sektor buritannya yang memanjang datar ke belakang dan menyatu dengan jok klasik sehingga membuat moge ini tampak berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri jika dibanding dengan moge zaman sekarang. Bahkan, untuk lampu belakangnya juga didesain dengan bentuk membulat kecil yang di bawahnya terpasang juga sepasang lampu sein yang membuat bentuk dari tampilannya semakin menggoda para pecinta moge klasik.

Dengan demikian, jika kita melihat secara keseluruhannya, tampaknya tampilan motor besar ini memang mengusung gaya desain retro klasik namun tetap terlihat modern dan sporty.

Triumph Bonneville T100 Dibekali Dual Panel Indikator Analog Bergaya Klasik

Seperti pada desain bodinya, panel indikator yang diusung moge garapan Triumph ini pun juga mengusung gaya desain klasik khas motor jadul dengan sistem analog. Hal tersebut terlihat jelas dengan bentuk rancangan panel yang membulat dengan 2 instrumen berbeda yang terpasang manis di depan tangki bahan bakar.

Panel indikator pada motor ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi kanan dan kiri di mana keduanya akan menampilkan informasi yang berbeda pula. Untuk bagian kiri menampilkan informasi mengenai kecepatan yang dihitung dalam km/jam. Pada sektor kanannya menampilkan putaran rpm yang dicapai. Selain itu, pada bagian bawah di sektor panel indikator sebelah kiri tersebut memberikan info mengenai status bahan bakar.

Kedua bagian dari panel tersebut mengandalkan jarum penunjuk dengan warna orange kekuningan sehingga akan menampilkan informasi yang jelas kepada pengemudinya mengenai keadaan motor yang sedang dikendarainya tersebut. Hal ini tentu termasuk ciri khas motor buatan Triumph ini.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Tricity 155

Dimensi Besar Mengusung Rangka Tubular Steel Cradle

spesifikasi triumph bonneville

Seperti yang sudah diketahui bahwa moge besutan Triumph ini memang memiliki tampilan eksterior yang cukup besar dengan gaya khas moge retro klasik. Tentu, tampilan tersebut tak lepas dari dimensi pembentuknya. Dalam kaitannya dengan dimensi, motor ini memiliki ukuran panjang 2230 mm, lebar stang 740 mm, tinggi 1100 mm, dan memiliki jarak poros roda 1500 mm. Selain itu, moge ini juga memiliki berat bersih 214 Kg serta berat kotornya 240 Kg.

Untuk menahan beban dari ukuran dimensi dan bobotnya tersebut, Triumph pun mengandalkan rangka tipe Tubular Steel Cradle yang siap menahan bobot motor ini dengan kokoh dan kuat. Di sisi lain, dengan ukuran dimensi sebesar itu dan rangka yang kokoh tersebut, bukan hanya membuat motor ini menjadi lebih mudah digunakan saja, namun juga bakal memiliki kestabilan motor yang baik.

Sementara itu, motor ini juga dibekali dengan desain dan bentuk jok motor yang rata memanjang dengan ketinggian 775 mm yang mampu menghasilkan handling yang nyaman. Sayangnya, untuk ukuran ground clearance masih belum diketahui secara pasti.

Tetapi, jika kita melihat dari desain atau dimensi gambarnya, tampaknya motor ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi sehingga pengemudinya pun tak perlu khawatir jika moge ini dikendarai di medan bergeronjal yang penuh bebatuan.

Kenyamanan dalam Berkendara Disokong Suspensi Kokoh

Sebagai salah satu moge klasik kelas premium, tentunya motor besar ini pun juga bakal dilengkapi dengan sistem kenyamanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, untuk menunjang kenyamanan tersebut maka Triumph membekali moge ini dengan 2 suspensi kokoh pada sektor depan dan belakang.

Pada bagian depan, motor mengandalkan sistem suspensi dengan jenis Kayaba 41 mm fork yang memiliki ukuran 120 mm travel. Sementara itu, untuk mengimbangi bagian depan maka Triumph juga menyematkan suspensi pada bagian belakang dengan mengandalkan sebuah suspensi yang berjenis Kayaba chromed spring Twin shocks dengan adjustable preload berukuran 106 rear wheel travel. Kedua suspensi tersebut akan mampu meredam setiap getaran atau goncangan sehingga pengemudi dan penumpangnya pun tetap akan merasa nyaman ketika mengendarai moge ini, khususnya ketika melewati medan yang tidak rata atau bergeronjal.

Selain itu, untuk menunjang ketangguhannya dalam menahan beban, Triumph juga membekali moge garapannya ini dengan memasang Swing Arm model Twin-Sided Tubular Steel yang akan membuat roda dari moge ini menjadi lebih stabil.

Tak hanya itu saja, motor ini juga akan dilengkapi dengan 2 velg dengan ukuran 19 x 2,5 inci 36-spoke untuk bagian depannya. Sedangkan untuk bagian belakangnya, akan dibekali velg berukuran 17 x 3,5 inci dengan 40-spoke. Selain itu, kedua velg itu akan dibalut dengan ban berukuran 100/90-19 untuk bagian depan dan ban berukuran 130/80 R17 untuk sektor ban belakangnya.

Untuk menunjang keselamatan, motor ini juga dibekali pula dengan sistem pengereman yang handal. Untuk rem depan akan disematkan rem cakram single dengan diameter piringan berukuran 310 mm tipe Nissin 2 piston floating caliper. Sementara itu, untuk rem belakangnya akan disematkan cakram single berdiameter 255 mm tipe Nissin single piston floating caliper. Paduan spesifikasi yang diberikan tersebut nampak keseriusan Triumph dalam menggarap pasar roda dua.

Motor Klasik dengan Tenaga Gahar Andalkan Mesin Tipe DOHC Parallel Twin Berkapasitas 865cc

spesifikasi triumph bonneville

Sebagai moge yang menyasar pada kelas premium, Triumph pun mengandalkan komponen mesin yang canggih dan handal. Untuk menunjang tenaga mesin yang handal, motor ini dibekali dengan sebuah mesin tipe DOHC Parallel Twin 360º firing internal yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 865cc dan memiliki sistem pendinginan cair.

Mesin tersebut pun diklaim akan mampu memberikan hasil tenaga yang sangat besar. Tercatat, mesin motor ini ini mampu memuntahkan kekuatan mencapai tenaga maksimal hingga 68 Ps setiap putaran 7500 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 68 Nm pada putaran ke 5800 rpm.

Kemudian, tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi gearbox manual 5 percepatan. Dengan melihat tenaga mesin yang sebesar itu, dapat dipastikan bahwa motor ini nantinya akan mampu melaju dengan gesit.

Di sisi lain, meskipun tergolong memiliki mesin yang bertenaga besar namun moge ini dikenal juga tetap ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Sebab, mesin motor ini sudah mengandalkan sistem injeksi Multipoint Sequential Electronic Fuel Injection yang bakal lebih efisien dan irit dalam penggunaan bahan bakar.

Setelah melihat secara rinci spesifikasinya, tentu Anda ingin tahu berapa harga yang dibanderol untuk motor satu ini bukan? Rp330 juta adalah harga yang dipasang oleh Triumph untuk motor andalannya ini. Siap mengaspal dengan motor satu ini?

Baca juga: Kawasaki KLX 150: Motor Adventure yang Stylish dan Modern

Comments are closed.