Vespa Indonesia, Dicintai Sejak Dulu Hingga Kini

Motor

Vespa Indonesia bisa disebut salah satu komunitas Vespa terbesar di dunia. Tak hanya didominasi oleh fans manual, kini pengguna matic-nya pun tersebar luas.

Sudah sejak lama orang Indonesia jatuh cinta pada Vespa. Bahkan, sejak masa penjajahan, ada beberapa jenis motor Vespa yang digunakan untuk berperang atau membawa amunisi. Memasuki era 60-an ke atas, peminat motor Vespa pun semakin besar. Hal ini terbukti dari banyaknya varian Vespa manual yang digunakan oleh masyarakat di tanah air.

Kini, memasuki tahun 2000 ke atas, pengguna dan penggemar Vespa di Indonesia semakin besar jumlahnya. Tapi, alih-alih mempertahankan varian klasiknya, justru Vespa comeback dengan beragam varian Vespa matic yang mengadopsi nama atau seri dan bentuk terdahulu.

Bukan kegagalan yang mereka dapatkan, justru Vespa kembali harum namanya di industri motor tanah air. Tak heran jika komunitas Vespa Indonesia memiliki banyak sekali anggota saat ini. Dari sekian banyak varian yang dirilis di tanah air, terdapat beberapa varian yang termasuk dalam varian Vespa Indonesia terfavorit. Apa sajakah varian tersebut? Simak di bawah ini ya!

Baca juga: Sebelum Membeli Asuransi Motor, Ketahui Hal Ini!

Beragam Varian Vespa Indonesia Terlaris

Vespa S 125 i-GET

vespa indonesia paling terkenal

Harga Vespa matic yang satu ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp33 jutaan untuk mencicipi performa mesin berkapasitas 124.5cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 7.2 kW dan torsi 9.5 Nm ini. Motor ini telah menggunakan teknologi Fuel Injection, sehingga performanya sangat responsif dan memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit. Dari segi desain juga keren dan terlihat cukup modern dengan striping minimalis yang menghiasi sisi depan serta bodi belakang.

Desain jok Vespa S 125 juga terlihat stylish dengan lekukan pada bagian depan yang membuatnya semakin nyaman saat diduduki. Lalu, pada bagian depan, motor ini memiliki lampu berbentuk kotak yang senada dengan desain spion yang menjulang ke atas.

Kemudian untuk sektor kaki-kaki, terpasang rem depan cakram berdiameter 220mm dipadukan dengan ban tubeless 110/70-11″. Sedangkan untuk bagian belakang masih memakai rem tromol 110mm dan ban tubeless 120/70-10″. Sayangnya, harga Vespa matic tersebut yang terbilang murah membuatnya belum dilengkapi teknologi ABS.

Vespa Sprint 150 ABS i-Get

Siapkan uang kurang lebih Rp42 juta jika Anda ingin memiliki motor satu ini. Harga Vespa matic  tersebut memang cukup mahal karena sudah mengadopsi teknologi ABS (Anti-Locking Breaking System) yang berguna untuk mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak. Teknologi tersebut dipadukan dengan rem depan disk brake yang memiliki diameter 200 mm dan rem belakang tromol 140 mm. Tersedia pula ban tubeless dengan velg ring 12 yang terpasang pada roda depan serta belakang.

beragam jenis vespa indonesia

Menariknya lagi, Vespa Sprint 150 ABS memiliki tempat penyimpanan khusus di bagian depan yang di dalamnya tersedia port USB untuk mengisi daya smartphone saat Anda mengendarai motor ini. Selain itu, tersedia pula speedometer modern yang menggabungkan panel meter digital dan analog. Untuk menjaga sistem keamanannya, motor ini menyematkan fitur Immobilizer yang akan mencegah terjadinya pencurian saat kita memarkirkan motor Vespa matic ini.

Vespa LX 125 i-Get

Inilah motor Vespa matic termurah di Indonesia. Harga motor ini cuma Rp31,5 jutaan dan sudah dibekali mesin berkapasitas 124.5cc berteknologi i-GET dan Fuel Injection yang membuat mesin ini semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7.6 kW dan torsi 10.2 Nm, sehingga sudah lebih dari cukup untuk berkendara secara nyaman pada kondisi jalanan lancar ataupun macet. Terlebih, Vespa LX 125 telah menggunakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) yang membuat kinerja mesin semakin responsif.

Baca juga: Vespa Matic Sprint 150: Harga dan Spesifikasinya

Walaupun harganya terbilang sangat murah, namun Vespa telah melengkap motor satu ini dengan panel meter modern yang multifungsi dan mudah terbaca. Desian velgnya juga keren dan memakai velg ring 11 pada bagian depan dan velg ring 10 pada bagian belakang. Keduanya dibalut ban tubeless, sehingga lebih aman dan nyaman. Untuk bagian pengeremannya, motor ini memakai rem depan cakram 220 mm dan rem belakang tromol 110 mm yang pastinya sangat pakem dalam menghentikan laju kendaraan.

Vespa Primavera 150 ABS i-Get

Pada bagian dashboard Vespa Primavera 150 telah tersedia speedometer klasik dengan layar LCD di bawahnya. Tersedia pula fitur Immobilizer yang membuat harga motor  ini mencapai Rp37 jutaan. Sedangkan untuk dapur pacunya, motor satu ini ditenagai mesin berkapasitas 154.8cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 8.7 kW pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm. Mesin tersebut dioptimalkan oleh teknologi i-GET dan menggunakan sistem pendingun udara.

Teknologi Electronic Injection juga berperan penting terhadap performa motor Vespa satu ini. Pada bagian kaki-kaki juga terpasang Velg ring 12 dengan desain sporty yang menambah kegagahan Vespa Primavera 150. Sayangnya, untuk bagian belakang masih memakai rem tromol, namun tetap pakem dan bisa diandalkan untuk menghentikan laju kendaraan. Soal dimensi, Primavera memiliki jarak sumbu roda 1.334 mm dan bodi berukuran panjang 1.852 mm, lebar 680 mm, dan jok setinggi 780 mm.

Vespa GTS 150 i-Get

ragam vespa indonesia

Performa Vespa GTS 150 lebih bertenaga dibandingkan motor Vespa matic lainnya yang berada di kelas 150cc. Pasalnya, kapasitas mesin motor ini mencapai 155.1cc dan memakai mesin i-GET dengan 4 buah katup yang dioptimalkan oleh sistem pendingin cairan. Mesin tersebut sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 10.8 kW pada putaran mesin 8.250 rpm dan torsi 13.5 Nm pada 6.760 rpm. Tersedia pula sistem transmisi CVT lengkap dengan sistem pembakaran Electronic Injection yang membuatnya lulus standar emisi Euro 3.

Lebih hebatnya lagi, Vespa telah melengkapi motor ini dengan teknologi Tilt Sensor yang akan mencegah motor mudah roboh. Lalu ada pula sistem pengereman ABS dengan Two Chaneel System serta Immobilizer. Sebanding dengan harga Vespa matic ini yang melebihi Rp50 juta, Anda juga mendapatkan fitur Bike Fender untuk mencari motor saat berada di parkiran dan tempat penyimpanan pada bagian depan yang bisa terbuka secara otomatis menggunakan remote. Berbekal semua fitur tersebut, tentu wajar bila harga Vespa satu ini mencapai Rp51 juta.

Vespa GTS 300

Harga Vespa matic ini sangat mahal, mencapai Rp110 juta karena dapur pacunya ditenagai mesin Quasar dengan kapasitas 278.3cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 15.6 kW pada putaran 7.750 rpm dan torsi 22 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut sangat bertenaga dan memiliki sistem pendingin Liquid Cooled yang akan menjaga performa mesin saat berakselerasi. Tak lupa sistem transmisi CVT dan dan pembakaran Electronic Injection juga dimilikinya.

Roda depan dan roda belakang Vespa GTS 300 telah menggunakan ban tubeless dan rem cakram yang dimaksimalkan oleh teknologi ABS Two Channel System lengkap dengan Immobilizer. Fitur-fitur yang dimiliki Vespa GTS 150 juga dimilikinya, seperti Tilt Sensor, LCD Dashboard, Bike Fender, dan tempat penyimpanan depan yang bisa terbuk secara otomatis dengan remote. Selain itu, motor ini juga mengadopsi teknologi ASR traction control yang mengoptimalkan keselamatan pengendaranya.

Itulah beberapa motor Vespa pabrikan Indonesia terlaris saat ini. Mungkin salah satunya ada milik Anda?

Memiliki vespa tentu menjadi kebanggaan sendiri. Maka dari itu, jangan lupa berikan perlindungan bagi vespa Anda, lewat produk asuransi dari Futuready, ya!

Baca juga: Pahami Cara Blokir STNK dengan Cermat dan Tepat

Comments are closed.