Vespa Matic Sprint 150: Harga dan Spesifikasinya

Motor

Vespa matic Sprint 150 hadir sebagai obat rindu bagi para pecinta Vespa klasik. Meski secara total berubah, namun tampilannya dibuat semirip mungkin.

Ketika mendengar kata Vespa, yang terlintas di benak kita tentu motor klasik dengan bentuk yang unik. Ya, Vespa klasik memang tak lekang oleh zaman. Bahkan, sampai hari ini, pengguna Vespa klasik masih sangat banyak.

Tapi, bukan berarti Vespa tidak mengikuti perkembangan zaman. Setelah sukses dengan versi klasiknya, Vespa pun terbilang sukses dengan varian matic-nya. Vespa matic yang ada saat ini masih mengusung konsep klasik. Tapi, dari segi fitur hingga mesin, semua dirombak total agar dapat bersaing dengan motor matic yang ada saat ini.

Vespa matic sendiri ada banyak jenisnya. Tapi, salah satu yang memiliki penjualan terbaik tak lain adalah Vespa Sprint 150. Tipe Sprint sejatinya merupakan varian klasik yang diadaptasi menjadi bentuk matic. Penasaran dengan spesifikasi motor satu ini? Yuk, simak di bawah ini!

Spesifikasi Vespa Matic Sprint 150

Motor Klasik dengan Desain Khas Vespa Series

ragam vespa matic

Tampaknya, PT Piaggio masih menjadikan konsep desain klasik sebagai andalannya untuk menghias motor ini dalam bersaing di pasar otomotif. Namun, untuk tipe varian yang satu ini, pihak pabrikan membuatnya sedikit menampilkan kesan sporty. Tentu, hal ini bakal semakin membuat motor besutan produsen asal Italia tersebut menjadi menarik.

Kesan sporty pada motor ini pun tampak diperlihatkan pada beberapa bagian, mulai dari depan di mana terpasang head lamp yang dibentuk kota dengan 6 sisi berbingkai krom yang begitu menarik. Bahkan, head lamp tersebut diklaim mampu memberikan pencahayaan yang cukup terang untuk mempermudah pengemudi dalam melihat jalan di depan, terutama ketika melewati medan yang minim penerangan. Kemudian, motor ini juga terpasang lampu sein di bagian depan dari tedeng kanan kiri yang semakin mencirikan motor klasik.

Lalu, sedikit mundur ke belakang, skuter ini akan dibekali dengan jok berbahan material yang berkualitas tinggi dan memiliki bentuk yang sangat presisi dengan stang kemudi sehingga akan memberikan posisi riding yang cukup nyaman kepada pengendaranya.

Tak hanya itu saja, motor ini pun telah menyediakan tangki bahan bakar berkapasitas 9 liter yang akan cukup menjadi bekal bahan bakar ketika dikendarai untuk menempuh perjalanan jauh. Pada bagian belakang, desain retro pun terlihat begitu jelas. Pihak pabrik pembuatnya telah menambahkan box bundar bergaya lengkung dan meruncing. Bahkan, stop lamp pada jenis terbaru ini pun dibuat menonjol keluar lengkap dengan dua lampu sein melekat di sisi sampingnya.

Menariknya lagi, di sisi behel dari skuter klasik asal Italia ini dibentuk dengan tampilan yang sangat berkarakter dan berbeda dari pada yang lain. Dengan begitu, tak heran jika tampilan skuter satu ini mampu membuat konsumen kepincut untuk membelinya.

Baca juga: Seberapa Penting Asuransi Motor? Ketahui Hal ini!

Instrumen Indikator Sederhana dengan Tampilan Analog yang Informatif

Pada instrumen indikatornya, Piaggio sendiri masih mengandalkan konsep desain indikator simpel dan klasik. Namun, menariknya pihak pabrik pembuatnya sedikit menambahkan kesan modern dengan adanya panel digital.

Nah, untuk tampilan informasinya, pada panel indikator yang diusung motor ini menampilkan informasi mengenai penunjuk kecepatan beserta RPM pada panel analognya. Sementara itu, pada panel digital yang diletakkan di bawah panel analog memberikan informasi mengenai indikator bahan bakar, jarak tempuh, dan keadaan oli. Baik panel analog maupun digital, keduanya mampu memberikan informasi yang sangat akurat mengenai kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Bahkan, tak lupa juga logo Vespa pun juga tampak tertera pada bagian antara panel analog dan digital sehingga semakin memperkuat karakternya sebagai motor klasik. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa sektor panel indikatornya memang didesain begitu sederhana dan sedikit modern yang mampu menampilkan informasi kondisi motor secara akurat dan mudah dipahami pengemudi.

Dimensi yang Pas serta Disokong dengan Rangka yang Kokoh

Jika melihat bentuk bodinya yang tampak mungil namun terkesan gagah, tampaknya hal tersebut tak lepas dari dimensi dan rangka pengusungnya. Material utama pembuatan rangka dari skuter ini berbahan dasar baja kokoh yang diketahui bakal sanggup untuk memberikan daya redam tinggi sehingga sangat minim sekali getaran.

Selain itu, untuk ukuran dimensinya, motor ini memiliki panjang bodi 1.860 mm, lebar 695 mm, jarak sumbu rodanya 1.340 mm, dan memiliki ketinggian tempat duduk 790 mm. Jika kita melihat ukuran dimensi tersebut tampaknya motor skutik bertema klasik ini memiliki dimensi yang sudah sesuai dengan tinggi atau postur tubuh orang Indonesia sehingga pengguna pun akan lebih mudah dalam mengendalikannya tanpa harus jinjit ketika berhenti di jalan.

Baca juga: KTM Duke 250: Cari Tahu Spesifikasi Lengkap dan Harganya!

Sayangnya, belum diketahui berapa ukuran ground clearance yang dimiliki motor ini. Namun, yang jelas bahwa skuter ini merupakan motor perkotaan yang cocok untuk dikendarai di jalanan kota yang macet sekalipun sehingga cukup mudah jika diajak untuk bermanuver. Secara keseluruhan, tampaknya dimensi motor ini memang cukup pas dan kokoh untuk dikendarai.

Motor Lebih Seimbang Berkat Suspensi Kokoh

Selain dimensinya yang kokoh, motor ini juga dilengkapi dengan sektor kaki-kaki yang kuat. Penggunaan suspensi tersebut guna menunjang keseimbangan dan kestabilan motor. Oleh sebab itu, skuter Italia ini menggunakan dua suspensi kokoh yang disematkan pada bagian depan dan belakang.

ragam vespa matic

Pada bagian depan akan menggunakan tipe Single sided trailing link with hydraulic shock absorber. Sementara itu, untuk bagian belakang, skutik ini mengandalkan suspensi tipe Shock absorber with adjustable preload with 4 settings yang bisa diatur tingkat keredamannya sesuai kenyamanan masing-masing. Tentu saja dengan adanya kedua suspensi tersebut maka akan memberikan kenyamanan dalam berkendara mengingat kedua suspensi tersebut memiliki tingkat peredaman yang cukup tinggi.

Selain itu, kekokohan kaki-kaki motor ini semakin lengkap berkat disematkannya juga velg berukuran 12 inci yang terbalut ban jenis tubeless berukuran 110/70 untuk bagian depan dan 120/70 untuk bagian belakang.

Di sisi lain, untuk memberikan tingkat keselamatan dalam berkendara, Sprint 150 ini juga dilengkapi pula dengan pengereman handal, yaitu dengan disematkan rem depan bertipe Disc Brake berdiameter 200 mm dengan hydraulic control activated by handlebar right-side lever.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda PCX 150, Minat?

Sedangkan untuk rem belakang mengandalkan tipe Drum Brake berdiameter 140 mm lengkap dengan sistem mechanical control activated by handlebar left-side lever. Kedua rem yang disematkan di motor ini diklaim bakal mampu memberikan kualitas pengereman yang cukup sempurna.

Performa Tangguh dan Handal dari Mesin Berteknologi I-Get

ragam vespa matic

Skuter ini dibekali mesin berkapasitas 154.8 cc bersilinder tunggal dengan 4 langkah dan 3 katup di mana dengan mesin tersebut maka mampu menghasilkan tenaga yang cukup handal. Menariknya, mesin yang tersemat pada motor ini juga sudah berteknologi I-Get yang akan menjadikan motor klasik ini lebih ramah lingkungan dan lebih efisien. Apalagi, skuter ini sudah lulus uji Euro 3. Pastinya hal tersebut bakal menjadi nilai plus bagi motor besutan Piaggio ini.

Selain itu, mesin yang disematkan pada motor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 8.7 kW per putaran 7.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi maksimum hingga 12 Nm pada putaran ke 5.000 rpm. Tenaga yang cukup gahar yang dihasilkan mesin tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission). Di samping itu, untuk mengatur dan menjaga kestabilan suhu, motor ini menggunakan sistem pendingin Forced Air.

Bagaimana, setelah melihat spesifikasi Vespa matic Sprint 150 di atas, Anda jadi tertarik untuk memilikinya? Harganya sekitar Rp38 jutaan saja kok.

Comments are closed.