Yamaha MT-25, Naked Bike Gahar, Beragam Kelebihan

Motor

Kehadiran Yamaha MT-25 di pasar otomotif tanah air bukanlah sebagai pemanis. Motor satu ini menyasar para penggila naked bike dengan spesifikasi yang luar biasa.

 Meski saat ini motor matic sedang digandrungi banyak orang, bukan berarti motor jenis lain tidak memiliki peminat, terlebih motor besar atau motor bertangki. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya motor besar yang dirilis oleh pabrikan motor yang ada di Indonesia.

Umumnya, penggemar motor besar adalah pengendara yang suka pergi jarak jauh atau senang melakukan touring. Inilah yang membuat motor besar dibuat sedemikian rupa agar dapat memuaskan pengendaranya saat berkendara dalam jarak jauh.

Baca juga: Ducati Monster: Motor Gede dengan Tampilan Gagah

Salah satu motor besar yang sekarang ini cukup digilai banyak orang adalah Yamaha MT-25. Motor buatan Yamaha ini bisa dibilang berbeda dari kebanyakan motor besar di tanah air. Yamaha MT-25 memiliki bentuk yang berani serta dilengkapi dengan beragam komponen yang menunjang pengendara dalam mengendarai motor ini.

Tak perlu berlama-lama, mari kita lihat spesifikasi Yamaha MT-25 di bawah ini!

Sport Naked Bike dengan Desain Bodi Agresif

Mari kita ulas bersama motor ini dimulai dari tampilan luarnya. Jika Anda sudah pernah melihat Yamaha MT-25 versi Eropa, pasti Anda membayangkan motor yang sama akan memiliki tampilan serupa dengan versi Eropa di Indonesia. Ya, motor dengan seri yang sama ini memiliki tampilan yang serupa dengan versi Eropa.

spesifikasi yamaha mt-25

Dari depan, tampang MT 25 benar-benar memperlihatkan aura ‘street fightef’. Yamaha mendesain headlamp motor ini dengan bentuk trapesium bersudut lancip dan tegas. Jika lampu utama menyala di tengah kegelapan, tampang motor ini akan menunjukkan aura misterius, agresif, namun tetap terlihat mewah.

Berpindah ke bagian samping, naked bike terbaru racikan Yamaha ini memiliki bentuk bodi ala naked bike premium. Dengan 3D shrouds yang memiliki bentuk tajam, bodi motor besar semakin terlihat gahar dan sporty. Selain itu, bentuk tangkinya yang lumayan bongsor, semakin menambah kesan agresif yang terpancar dari motor ini. Sementara itu, desain buritan pada motor satu ini memiliki desain lampu belakang minimalis yang dikombinasikan dengan tail yang simpel namun berkarakter kuat.

Speedometer Khas Motor Balap yang Futuristik dan Lengkap

Bergerak ke sektor dashboard, kita disuguhkan papan panel informasi yang disematkan oleh Yamaha pada unit motor barunya ini. Karena merupakan produk satu gen, Yamaha pun ditengarai menggunakan basis speedometer R25 pada naked bike ini. Konsep desain panel speedometer MT-25 juga memiliki tiga bagian layaknya R25. Pada bagian pertama, terdapat panel penunjuk kecepatan dan juga panel tachometer analog. Sementara itu, panel dashboard di bagian tengah yang berbentuk heksagonal pada motor ini diisii oleh panel indikator jam, kondisi mesin serta panel penunjuk suhu mesin. Sedangkan pada bagian paling ujung, panel dashboard diisi oleh indikator posisi gigi netral, indikator lampu utama serta indikator lampu sein. Selain itu, layaknya pada Yamaha YZF-R25, panel dashboard motor ini juga dilengkapi dengan indikator mode berkendara. Dengan desain panel dashboard yang modern dan user friendly, bisa dipastikan MT-25 ini akan menghadirkan sensasi berkendara yang seru dan menyenangkan.

Dapur Pacu Gahar dengan Mesin DOHC 8-Valve 250cc

Beralih ke sektor dapur pacunya, lagi-lagi kita akan dipertemukan dengan komponen-komponen mesin gahar khas Yamaha. Pada mesin MT-25 ini, Yamaha masih menggunakan basis mesin yang sama dengan R25.

Motor ini mengusung mesin DOHC 4 langkah dengan kubikasi 249 cc. Mesin berpendingin cair tersebut mampu menyemburkan daya maksimal mencapai 26,5 kW pada 12.000 rpm dan juga torsi sebesar 22,6 Nm pada putaaran mesin 10.000 rpm. Jadi, meski motor satu ini merupakan turunan dari R25, namun tenaga dan juga torsinya tak kalah dengan motor sport full fairing tersebut.

spesifikasi yamaha mt-25

Selain itu, mesin yang digerakkan oleh transmisi manual 6 percepatan itu juga telah dibekali dengan teknologi Fuel Injection (FI) serta Transistorized Control Ignition (TCI). Dengan kedua teknologi canggih tersebut, motor ini mampu menghasilkan performa kencang dan bertenaga namun tetap irit bahan bakar. Selain itu,mesin motor ini juga telah dibekali dengan Liquid Cooling System atau sistem pendingin cair yang akan membantu menjaga stabilitas suhu mesin agar tidak cepat panas.

Fitur Canggih Khas Motor Sport Yamaha

Tampilan keren dan mesin yang gahar tak lengkap rasanya jika tidak dilengkapi dengan fitur yang canggih. Sebagai motor sport modern, Yamaha membekali unit motor barunya ini dengan segudang fitur canggih guna memberikan kenyamanan kepada pengendaranya. Dari bagian tubuhnya, MT-25 mengusung bentuk split-seat terpisah yang akan memberikan kenyamanan ekstra pada pengemudi dan penumpang. Jadi, meski MT-25 merupakan tipe motor sport, namun Yamaha tetap memperhatikan sisi kenyamanan dan ergonomi pengendaranya.

Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Kemudian, Yamaha juga menyematkan panel shift gear lamp pada dashboard Yamaha MT25 yang akan membantu pengendaranya untuk mengetahui posisi gigi. Terakhir, motor ini disempurnakan dengan teknologi lampu DRL berjenis LED di bagian headlamp-nya.

Basis Desain Kaki-kaki Adaptasi dari YZF-R25

Basis YZF-R25 diaplikasikan Yamaha motor naked bike  pada bagian kaki-kakinya. Kali ini, Yamaha tetap mengusung suspensi telescopic fork 41 mm pada bagian depan. Sementara itu, suspensi belakangnya mengandalkan suspensi monocross yang telah terbukti kuat dan mampu menghasilkan handling mantap serta akselerasi mumpuni. Beraloh ke bagian roda, Yamaha menyematkan velg 17 inci pada kedua kaki-kaki motor ini. Pada roda depan, velg 17 inci dibalut dengan ban 110/70, sedangkan ban berukuran 140/70 membalut roda bagian belakang. Pada sektor pengereman, motor berlogo garpu tala ini menerapkan teknologi semi floating disc pada sektor depan. Sistem pengereman jenis ini sebelumnya juga telah diaplikasikan pada Yamaha R25. Sedangkan untuk rem belakang, Yamaha menyematkan rem berteknologi single disc brake.

Dimensi Moge Didukung dengan Rangka Kokoh

Sekarang saatnya kita bahas MT 25 di sektor dimensi rangkanya. Dimensi tubuh MT-25 ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan YZF-R25 karena kedua unit motor sport 250 cc racikan Yamaha tersebut merupakan produk satu gen. Bentuk tubuh MT 25 memiliki ukuran 2.090 x 720 x 1.135 mm dengan bobot isi mencapai 165 kg. Ukuran ini ini sebenarnya terhitung cukup bongsor untuk ukuran orang Indonesia. Jadi, pengendara harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menunggangi motor ini, terlebih saat mesin mati.

spesifikasi yamaha mt-25

Sasis MT 25 juga masih mengusung basis rangka YZF-R25 dengan menggunakan rangka diamond yang memancarkan kesan ‘berotot’. Selain itu, bentuk bodi motor satu ini pun semakin terlihat gahar karena tak terbungkus fairing layaknya YZF-R25. Motor satu ini mengusung kapasitas tangki BBM yang juga berukuran hampir sama dengan R25. Tangki MT 25 mampu menampung bahan bakar sebanyak 14 liter.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Honda Adv 150 Terbaru

Comments are closed.