Spesifikasi dan Harga Yamaha R25, Tertarik?

Motor

Yamaha R25 dianggap sebagai motor sport yang paling banyak diincar oleh para penggila motor di tanah air. Apa yang membuat motor ini begitu istimewa?

Motor sport selalu punya tempat di cukup banyak hati para penggemar motor di dunia, tak terkecuali Indonesia. Hal ini tak lepas dari modelnya yang gagah. Sehingga dapat mendongkrak penampilan dan gaya sang pengendara saat menunggangi kendaraan roda dua tersebut.

Hal tersebut membuat berbagai pabrikan motor berlomba-lomba untuk merilis motor sport dengan ciri khas dan kelebihannya masing-masing. Tapi, dari sekian banyak merek, rasanya Yamaha merupakan merek yang memiliki cukup banyak varian motor sport. Salah satu yang palig digemari saat ini tak lain adalah Yamaha R25.

Kakak dari R15 ini berhasil mencuri hati para penggila motor di tanah air dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Apa sih yang membuat banyak orang tertarik untuk mengendarai Yamaha R25? Mari kita simak spesifikasinya di bawah ini!

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Vespa GTS Super 150

Spesifikasi Yamaha R25

Tampilan Super Sporty dengan Ciri Khas Yamaha Seri R

Sektor tampilan dari model terbaru R25 Series ini memang tampak memperlihatkan kesan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Wajar saja mengingat kali ini, PT YIMM telah mengadopsi desain dari YZR-M1 yang mengusung konsep Riding The R Anytime. Ciri khas motor Yamaha R Series sehingga membuatnya tampak lebih sporty dengan konsep aerodinamis tinggi.

spesifikasi yamaha r25

Secara detail, pembaruan pada motor ini terbilang cukup menarik. Bagian depan bisa dilihat bagaimana kini model lampunya mengadopsi dual predator headlight dengan sudut tajam nan agresif. Sehingga, selain tampak begitu gagah, dengan teknologi lampu tersebut akan menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam, dan fokus.

Sementara itu, di bagian cockpit mengusung konsep yang menyerupai model R1. Mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan pelat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di atasnya.

Selain itu, tampak juga tangki bahan bakar dengan lekukan tajam berotot yang siap menampung bahan bakar hingga 14 liter. Kemudian, di bawah tangkinya juga terlihat full fairing yang menutup hampir secara keseluruhan susunan blok mesinnya.

Sedikit mundur ke belakang, Yamaha juga telah menyematkan jok anti slip ala super sport sejati. Demi mendukung performa sporty riding yang optimal. Bahkan, tak lupa juga di bagian bawah samping kanan, terdapat knalpot bergaya Mid-Ship Sporty. Membuat tampilan Yamaha ini semakin elegan khas R Series.

Lalu, tak lupa juga di sektor belakang, tampak lampu belakang Full LED, memancarkan cahaya yang terang, lebih awet, lebih hemat energi, dan tahan lama. Dengan begitu maka secara keseluruhan konsep desain yang diusung R25 generasi terbaru ini tampak begitu sporty dan mewah dengan gaya aerodinamis.

Kombinasi Speedometer Digital-Analog yang Informatif Membuat Tampilan Yamaha Seri R25 Lebih Elegan

Pembaruan juga terlihat jelas di bagian speedometer. Bagian instrumen indikatornya telah mengusung konsep yang menyerupai model R1. Mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan pelat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang di bagian atasnya.

Sementara itu, bicara soal speedometer, kali ini motor satu ini telah mengusung konsep panel digital-analog yang berkombinasi membentuk sistem informasi yang sangat modern. Pada panel digitalnya, akan menampilkan informasi seputar posisi gear, kecepatan kilometer/jam, trip meter, odometer, average, dan kondisi oli mesin.

Pada bagian panel analognya, kakak dari R15 ini akan membawa konsep panel yang memberikan informasi soal rpm dengan petunjuk jarum jam, kemudian jam digital. Disatukan dengan lampu indikator, seperti lampu sein, lampu utama jarak jauh, dan lampu netral.

Tentu saja, dengan keandalan dan kecanggihan yang diusung speedometer motor ini membuat pengemudinya lebih mudah dalam memahami kondisi motor yang tengah dikendarainya.

Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Masih Andalkan Mesin DOHC 2 Silinder Berkapasitas 250cc

Sementara itu, bagian permesinan di motor ini sepertinya tidak jauh berbeda dengan generasi terdahulu. Sekadar informasi, bahwa pada model R25 generasi terbaru ini, sektor dapur pacunya memang tak banyak mengalami perubahan. Dengan kata lain, motor satu ini tetap mengusung tipe mesin seperti pendahulunya, yaitu dengan bekalan mesin tipe DOHC 8 katup dengan 2 silinder tegak dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 250 cc serta berpendingin cair.

Mesin ini diyakini akan mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 26.5 kW pada putaran ke 12.000 rpm dan mampu mencapai tingkat torsi tertinggi hingga 22.6 Nm setiap putaran 10.000 rpm. Tenaga yang telah dihasilkan dari mesin yang diusung motor street fighter ini dikawinkan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan.

spesifikasi yamaha r25

Di sisi lain, meski mampu menghasilkan daya tenaga kuat, namun sektor dapur pacu dari motor sport full fairing model terbaru ini juga telah dibekali dengan sistem suplai bahan bakar fuel injection blue core. Sehingga akan membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien dengan tingkat perbandingan kompresi 11.6:1.

Bisa disimpulkan bahwa sektor mesin dari R25 memang memberikan daya tenaga gahar dan andal, namun tetap ramah lingkungan.

Kaki-kaki dengan Suspensi Fleksibel dan Gagah serta Pengereman yang Paten

Bagian suspensi motor ini menjadi salah satu kelebihan yang jarang dimiliki motor lain di kelas yang sama. Pasalnya, pada sektor ini, R25 dilengkapi dengan fitur andal berupa suspensi mumpuni, salah satunya yaitu fitur suspensi upside down keluaran Kayaba di bagian depan. Penggunaan suspensi ini memiliki perbedaan dengan suspensi USD lain di motor Yamaha.

Perbedaannya terletak pada ukuran dan dengan setting dumping force berbeda pula. Sehingga, selain menambah keren tampilannya, dengan bekalan suspensi tersebut sukses meningkatkan handling saat menikung dengan kecepatan tinggi sehingga bakal membantu dalam agresivitas serta kenyamanan berkendara.

Sementara itu, untuk suspensi belakangnya, motor satu ini masih menggunakan tipe swing arm yang siap mendukung kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan. Beralih ke bagian velg, kali ini pihak pabrik berlogo garpu tala akan mengandalkan velg sporty berukuran 17 inci dengan balutan ban 110/70-17M/C (54S) di bagian depan dan 140/70-17M/C (66S) di bagian belakang.

spesifikasi yamaha r25

Tak berhenti sampai di situ, untuk sistem pengereman, R25 dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm dan 2 pot kaliper di bagian rem depan dan rem cakram hidrolik piston tunggal di bagian belakang. Sehingga, dipastikan sistem pengereman motor gagah ini lebih optimal.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Honda Adv 150 Terbaru

Setelah melihat spesifikasi lengkapnya di atas, tentu Anda penasaran dengan harga yang dibanderol untuk motor ini, kan? Yamaha seri R25 dilabeli dengan harga sekitar Rp60 juta. Tertarik untuk membeli dan mengendarai motor ini di jalan raya?

Comments are closed.