Yamaha R6, Lebih Sporty dan Ramah Lingkungan

Motor

Yamaha R6 pernah membuat para penggila motor geger dan terbilang laris di pasaran. Kini, Yamaha kembali merilis motor yang sama dengan pembaruan di berbagai sisi.

Yamaha seakan tidak pernah berhenti dalam menelurkan varian motor terbaru. Dari sektor motor sport, pabrikan berlogo garpu tala ini kembali merilis varian R6 terbaru. Secara tampilan, Yamaha R6 terbaru ini terlihat lebih sporty dan gagah.

Lalu, bagaimana soal dapur pacu, kaki-kaki, dan fiturnya? Mari kita ulas bersama Yamaha R6 di bawah ini!

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Honda Adv 150 Terbaru

Spesifikasi Lengkap Yamaha R6 

Desain Lebih Sporty dan Aerodinamis Berikan Kesan Elegan

spesifikasi yamaha r6

Harus diakui bahwa sektor penampilan sebuah motor sedikit banyak dapat memengaruhi keinginan seseorang dalam membeli motor. Baiknya, R6 punya penampilan yang luar biasa keren.

Jika dibandingkan dengan seri keluaran terhadulu, jelas motor satu ini punya tampilan lebih menarik karena terdapat cukup banyak perubahan yang dilakukan oleh Yamaha. Kali ini, motor satu ini mengusung konsep desain yang hampir mirip dengan sang kakak, YZF-R1. Hal itu bisa dilihat dari setiap sisi bodinya.

Dari depan, tampak Yamaha mengusung konsep ala MotoGP dengan headlamp modern berteknologi LED nan tajam pada motor ini sehingga semakin memperkuat kesan agresif, sementara lampu utama diletakkan agak ke bawah. Perubahan lain terlihat di bagian depan, windscreen dan fairing dirancang sedemikian rupa agar lebih aerodinamis dengan mengurangi drag coefficient sebanyak delapan persen. Lampu sein yang tadinya ada di bodi, kini diubah terintegrasi dengan spion.

Kemudian, untuk bagian sampingnya juga tampak sebuah tangki berkapasitas 17 liter yang didesain begitu sporty layaknya MotoGP Series dengan lekukan tegas dan tajam yang membuatnya semakin begitu tampak elegan.

Lalu, sedikit mundur ke belakang, motor ini hadir dengan mengusung jok terpisah bertingkat antara jok pengemudi dan penumpang untuk memberikan posisi riding yang nyaman khas motor sport. Tak sampai di situ saja, R6 juga mengusung knalpot modern berupa Titanium Muffler with Exup System yang semakin mempertegas kehandalannya sebagai motor sport full fairing masa kini.

Kemudian, di bagian belakang juga terlihat stop lamp modern yang juga dibekali teknologi LED. Tentu saja, jika dilihat secara keseluruhan, sektor desain fisiknya membuat motor ini terlihat sangat gagah.

Speedometer Atraktif dan Modern dengan Kelengkapan Fitur Indikator yang Informatif

Puas melihat kegarahan tampilannya, kini kita beralih ke bagian speedometer-nya. Sektor ini menjadi salah satu bagian yang memiliki daya tarik tersendiri. Wajar mengingat speedometer merupakan segmen yang akan memberikan informsi penting terkait kondisi motor.

Nah, untuk menunjang hal tersebut, Yamaha mengusung panel digital-analog yang akan menampilkan beberapa info penting pada motor ini. Panel digita berfungsi untuk memberikan info mengenai trip meter, odo meter, average, jarak tempuh km/jam, mode berkendara, posisi gear, dan GPS. Sedangkan di sisi lain, panel analog yang ada pada motor ini hanya cukup memberikan info tentang rpm.

Tak sampai di situ saja, Yamaha R6 juga dibekali dengan beberapa lampu indikator berupa lampu netral, lampu sein, lampu jarak jauh (high beam), indikator ABS, dan indikator pengingat suhu.

Tentu saja, dengan kelengkapan info yang ditampilan panel indicator tersebut, motor ini semakin informatif dalam memberikan informasi pada pengendaranya.

Suspensi Handal Hasilkan Kestabilan dan Keseimbangan Maksimal

spesifikasi yamaha r6

Tak hanya punya tampilan yang keren, motor satu ini juga didukung dengan kaki-kaki yang kokoh dan berkualitas. Pasalnya, sebagai motor sport yang memiliki bodi cukup berat, tentu sektor kaki-kaki menjadi bagian terpenting untuk menjaga kestabilan. Oleh Yamaha menyematkan suspensi Upside-down Telescopic41 mm di bagian depan dan swingarm (link suspension) monoshock pada bagian belakang.

Tentu saja dengan keberadaan kedua suspensi tersebut membuat keseimbangan berkendara menjadi lebih maksimal serta mampu meredam setiap getaran saat melalui jalanan yang berlubang.

Motor besar ini dibekali dengan velg sporty dengan ukuran 17 inci yang dibalut ban handal berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) untuk bagian depan dan 180/55 ZR17M/C (73W) pada bagian belakang. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha juga telah melengkapi motor sport buatannya tersebut dengan rem Hydraulic Dual Discberukuran 310 mm dan Hydraulic Single Disc yang memiliki diameter 220 mm.

Selain itu, sektor pengereman yang diusung motor ini juga sudah dibekali teknologi ABS untuk memberikan kualitas rem yang lebih maksimal.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda CBR 150, Lebih Gahar!

Performa Luar Biasa Berkat Dukungan Mesin Berkapasitas Besar

Tak lengkap rasanya jika membahas motor jika tidak mengulik tentang mesinnya.Varian generasi terbaru motor sport yang satu ini mengandalkan kapasitas mesin yang tak berbeda jauh dengan varian sebelumnya. Di mana, kedua varian tersebut sama-sama mengusung mesin Liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves dengan kapasitas 599 cc.

Namun, untuk soal performa, tampaknya bekalan mesin yang diusung R6 versi terbaru ini akan sedikit berbeda dengan model terdahulu. Pasalnya, mesin yang dibawa motor sport ini mampu menyemburkan power maksimal hingga 118.4 Ps pada 14.500 rpm dan torsi yang dihasilkan 61,7 Nm pada 10.500 rpm. Berbeda dengan varian dulu yang diklaim mampu menyemburkan power maksimal lebih handal hingga 123.7 Ps dan torsi 65.7 Nm. Meskipun demikian, varian terbaru ini tetap mampu memberikan hasil yang maksimal dan ramah lingkungan.

Pasalnya, ruang mesin yang dibawa motor ini juga sudah dibekali dengan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection serta sudah bersertifikasi Standard Emisi EURO 4 yang diklaim bakal ramah lingkungan. Dengan begitu, tak heran jika sektor permesinan yang diusung motor sport gagah buatan Yamaha ini menjadi bagian yang cukup menarik.

Fitur Berlimpah dan Canggih

spesifikasi yamaha r6

Sebagai motor keluaran terbaru, tak heran jika R6 dilengkapi dengan fitur canggih dan berlimpah. Hal didapuk sebagai media untuk melengkapi atau lebih tepatnya memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan pengguna dalam berkendara. Salah satu fitur yang cukup handal untuk menunjang pengendara yaitu adanya fitur pengereman ABS yang akan memberikan kualias rem lebih sempurna serta mencegah terjadinya ban selip. Jadi,  keselamatan pun menjadi lebih terjamin.

Di samping itu, motor ini juga sudah dilengkapi dengan panel indikator digital-analog dengan mode pengendaraan yang begitu informatif. Tak sampai di situ saja, pihak Yamaha juga telah melengkapi sektor dapur pacunya dengan sistem fuel injection dan sudah besertifikasi EURO 4 yang dipastikan bakal membuat performanya lebih efektif dan efisien. Dengan begitu jelas sudah bahwa motor ini memang terbilang handal dan canggih.

Bagaimana, semakin tertarik untuk memiliki Yamaha R6?

Baca juga: Honda Sonic: Motor Bebek yang Modern dan Tangguh

Comments are closed.