Yamaha Scorpio Z Si Tangguh Andalan Semua Orang

Motor

Yamaha Scorpio Z si tangguh yang sangat cocok untuk Anda hobi touring karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat mendukung perjalanan jarak jauh Anda.

Bukan Yamaha namanya jika tidak ada hentinya untuk mendominasi di jajaran bursa otomotif. Untuk melanjutkan dominasinya, kini Yamaha kembali merilis motor gagah yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 lalu. Bertajuk Scorpio Z ini menghadirkan beberapa perubahan dan fitur fitur yang lebih canggih, sehingga motor ini menjadi lebih sporty dan gagah.

Untuk mendominasi pada kelas sport ini, Scorpio Z mendapat perubahan yang sangat signifikan terutama pada bagian bodinya. Pertama, terdapat perubahan di headlamp yang desain lampunya memiliki reflektor lebih luas sehingga bisa mebmuat pencahayaan yang lebih terang.

Selain itu, untuk desain lampu belakangnya memiliki stoplamp yang berukuran besar dan dua lampu sein. Kemudian pada bagian tangki juga di rubah lebih besar serta memiliki shourd (sayap) yang mengapit di tangki, sehingga membuat scorpio z tampak lebih gahar dan berkesan sporty.

Scorpio Z memang di desain khusus untuk Anda yang gemar dengan touring atau juga perjalanan jauh, sehingga pada stang di desain stang berjenis Cruise yang berguna untuk memberi kenyamanan saat berkendara jauh dan tidak mudah capek. Masih banyak perubahan lainnya yang dihadirkan oleh Scorpio Z ini. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Suzuki Bandit 150: Motor Touring yang Gagah dan Modern

Tampil Lebih Gagah dan Kokoh

spesifikasi yamaha scorpio z

Desain yang diusung pada Scorpio Z ini membuat tampilan motor sport batangan Yamaha ini semakin gagah dan kekar dari generasi sebelumnya. Striping simpel yang dimiliki dengan 3 varian warna akan menambah kesan sporty motor Yamaha ini. Selain itu, motor ini juga memiliki tangki yang besar disertai dengan shroud (sayap) samping yang mengapit tangki membuat nuansa Yamaha Scorpio Z ini menjadi lebih gagah dan sporty.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa motor ini sangat nyaman untuk perjalanan jarak jauh (Touring) karena pada desain lampu memiliki reflektor luas yang membuat perjalanan pada malam hari semakin nyaman dan aman berkat pencahayaan yang terang. Disamping itu, desain lampu belakang yang memiliki stoplamp besar akan memberikan tanda yang jelas untuk pengendara lain di belakang motor ini agar tetap waspada.

Dimensi Tangguh dan Handal

Motor ini tergolong tangguh dan handal untuk menemani perjalanan jauh karena memiliki dimensi 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm. Bahkan dengan berat isi yang hanya mencapai 142 kg, Yamaha Scorpio Z ini tergolong ringan dan mudah dikendalikan karena bobot tersebut merupakan bobot rata-rata sepeda motor kubikasi 150 cc. Yntuk kapasitas tangki bensinnya sanggup menampung sebanyak 13 liter dengan tangki cadangan yang bisa menampung 2,5 liter membuat motor gahar ini dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh untuk sekali pengisian penuh.

Panel Simpel Informatif

spesifikasi yamaha scorpio z

Pada bagian dashboar, motor ini memiliki beberapa panel informatif yang simpel dan cukup lengkap. Panel RPM atau tako meter adalah kewajiban untuk sebuah motor laki yang gagah karena memiliki batasan putaran mesin mencapai 11.000 RPM. Selain itu panel standar lainnya seperti indikator bahan bakar, indikator kecepatan, indikator trip meter, indikator gigi netral, indikator lampu dan lampu sein dirasa sudah sangat cukup untuk menghasilkan informasi yang informatif dan mudah dibaca oleh pengendara saat mengendarai motor satu ini.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Tricity 155

Kaki-Kaki Tangguh dan Handal

Dilengkapi tipe rangka Doble Cradle membuat motor ini menghasilkan kestabilan yang maksimal saat digunakan. Apalagi Scorpio Z ini menggunakan kaki-kaki berukuran besar yakni ban berukuran 80/100 pada sisi depan dan 100/90 pada sisi belakang dengan menggunakan velg berukuran 18 inci membuat motor ini semakin stabil dan handal saat melesat dijalanan. Bahkan dengan suspensi jenis teleskopik pada bagian depan dan suspensi monocross dengan lengan ayun membuat handling semakin lincah dan nyaman untuk bermanuver di jalanan cukup padat. Sayangnya untuk sistem pengereman motor ini menggunakan piringan cakram pada bagian depan tetapi pada bagian depan masih menggunakan sistem tromol sehingga  rasa untuk mengurangi atau menghentikan laju motor ini masih kurang baik.

Dapur Pacu Powerfull

Dibekali dapur pacu 4 langkah SOHC 2 Valve dengan silinder tunggal berkapasitas 223 yang memiliki angka kompresi 9.5:1 diklaim sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 13.4 kW pada 8000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 13.4 Nm pada 6500 RPM dirasa sudah sangat cukup dan tangguh untuk perjalanan panjang dengan berbagai lintasan medan yang berubah-ubah.

Untuk menyalurkan tenaga tersebut, motor ini memiliki transmisi manual dengan multiplat lima percepatan membuat berakselerasi dan meraih top speed mudah dilakukan. Sayangnya sistem pemasok bahan bakar ke ruang bakar masih menggunakan karburator BS30 dengan sistem pengapian CDI membuat konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang dirasa kurang baik. Namun, dengan menggunakan teknologi konvensional tersebut membuat Scorpio Z ini mudah untuk dimodifikasi mesinnya sehingga menghasilkan performa yang lebih tinggi.

Fitur Khas Touring

spesifikasi yamaha scorpio z

Sesuai dengan fungsinya maka produk keluaran Yamaha ini memberikan beberapa fitur yang membuat nyaman dan aman pengendara untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh. Mengaplikasikan jenis stang Cruiser maka semakin membuat nyaman pengendara dalam melakukan perjalanan jarak jauh karena pengendara akan tidak merasa mudah lelah dan pegal.

Fitur pengaplikasian knalpot berukuran besar akan menambah kegagahan dan ketangguhan motor ini. Dengan material luar knalpot yang nampaknya tidak menghasilkan panas berlebihan maka akan semakin membuat nyaman boncenger atau orang lain di sekitar motor ini. Bahkan dengan ketangguhan handling yang dihasilkan oleh dimensi serta kemudi yang nyaman membuat seri Scorpio Z ini meraih penghargaan The Best Handling dalam kategori motor sport batangan 200-250 cc dari Maestro Award di tahun 2009 lalu.

Baca juga: Suzuki Hayabusa: Sepeda Motor Hyper Sport yang Gagah Perkasa

(Sumber Foto: https://en.wikipedia.org)

Comments are closed.