Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Tricity 155

Motor

Yamaha Tricity 155 bukanlah sejenis skutik besar yang umum beredar di jalan raya. Skutik ini memiliki tiga roda dengan bentuk yang unik.

Perkembangan motor matik semakin menjadi. Dulu mungkin motor matik dibuat dengan bodi seminimalis mungkin dengan dimensi yang sangat kecil. Tapi, sekarang sudah banyak sekali skutik dengan bodi serta tenaga mesin yang besar.

Jika skutik besar roda dua dikuasai oleh Yamaha NMax dan Honda PCX, namun untuk pasar skutik besar roda tiga, persaingannya masih sangat longgar. Hal ini membuat Yamaha akhirnya merilis skutik jenis ini dengan nama Yamaha Tricity 155.

Sama-sama memiliki mesin 155 cc seperti NMax, lalu apa yang membedakan motor ini dengan skutik besar buatan Yamaha lainnya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Yamaha Tricity 155

Desain Unik dan Elegan Yamaha Tricity 155 dengan Tampilan Roda Depan Kembar

spesifikasi yamaha tricity

Jika ditelusur sejarahnya, sebenarnya motor matik ini sudah dihadirkan untuk pertama kalinya di tahun 2014 silam dengan mengusung mesin 125cc. Akan tetapi, seiring berkembangnya kemajuan serta permintaan dari seluruh dunia, akhirnya Yamaha melakukan perubahan terhadap motor tersebut, salah satunya pada sektor desainnya untuk motor ini.

Pada tampilan desainnya sendiri memang mendapat beberapa perubahan yang mendasar di mana motor matic yang satu ini memiliki lampu utama pada bagian depan dengan teknologi LED dan dapat dipastikan mampu memberikan pencahayaan yang sangat jelas dan juga terang, sehingga akan membantu penglihatan pengemudi ketika melewati jalan yang gelap.

Tak hanya itu saja, hal yang cukup menarik bahwa motor satu ini mengusung teknologi leaning multi-wheel (LMW) yakni sebuah teknologi yang menawarkan roda depan kembar. Hadirnya teknologi tersebut diyakini akan mampu mengurangi beban ban depan ketika motor yang satu ini digunakan untuk melaju di jalanan.

Kemudian, pada sisi samping kanan kiri juga terlihat beberapa lekukan bodi yang tampak begitu tegas sehingga motor tersebut memancarkan aura sangat elegan, dinamis dan juga sporty. Tak hanya itu, pada sektor sampingnya juga tampak tangki bahan bakar berkapasitas 7,2 liter yang sangat cukup sebagai bekal untuk menempuh perjalanan cukup jauh.

Lalu untuk bagian belakangnya nampak lampu belakang yang memiliki desain cukup simpel namun berkesan sangat elegan, sehingga memberikan nila plus pada skutik besar ini.

Panel Indikator Canggih Yamaha Tricity 155 dan Informatif dengan Layar LCD

Sebagai motor matik yang hadir di era modern seperti saat ini, Yamaha tentunya menyematkan sebuah instrument indikator yang stylish dan futuristis sesuai dengan karakter dari motor ini. Hal tersebut bisa dilihat dari instrumen indikatornya yang tampak begitu informatif dan canggih.

Pasalnya, motor ini mengandalkan sebuah panel bergaya desain digital di mana hal tersebut tampak jelas dengan disematkannya sebuah layar LCD speedometer dan MID serta Eco Indikator yang ditampilkan pada panel indikatornya.

Selain itu, pada instrumen indikator tersebut juga ditampilkan beberapa panel lain, seperti indikator jarak jauh, lampu sein, dan juga panel informasi bahan bakar. Sehingga, dengan melihat secara keseluruhan maka bisa diketahui bahwa instrumen indikator motor satu ini dinilai cukup canggih dan sangat informatif yang akan membuat setiap pengemudinya dengan mudah mengetahui keadaan motor matik yang sedang dikendarainya tersebut.

Dimensi Kokoh dengan Rangka Diamond Steel

Jika kita melihat desain motor ini yang begitu elegan dan sporty tersebut, tentu tampilan dari desain terluar tersebut tak lepas dari peran ukuran dimensi pembentuknya.

Pasalnya, motor ini mengusung rangka tipe Diamond Steel yang bisa dibilang cukup bongsor dan kuat untuk motor matik sekelasnya. Hal tersebut memang bisa dilihat dari ukuran panjangnya yang mencapai 1.980 mm, lebar 750 mm, tinggi 1.210 mm dan juga memiliki jarak sumbu roda 1.350 mm. Dengan mengetahui ukuran dimensi motor satu ini, tentu dirasa cukup pas dan cocok untuk postur tubuh kebanyakan orang Indonesia.

Namun, bagi para pengendara yang memiliki perawakan kecil mungkin saat menopang motor ini akan sedikit terasa berat karena bobot yang ditawarkan mencapai 165 kg. Di sisi lain, skutik ini juga memiliki ukuran ground clearance setinggi 125 mm sehingga akan sangat aman pada saat dikendarai melewati jalan berlubang ataupun polisi tidur.

Tampaknya dari sisi dimensi, motor ini memang bisa dibilang cukup besar dan kokoh sehingga akan menawarkan kenyamanan kepada pengemudinya ketika berkendara.

Berkendara Lebih Nyaman Berkat Sokongan Suspensi Kokoh

spesifikasi yamaha tricity

Motor ini mengusung sepasang suspensi yang kokoh dan kuat. Untuk suspensi pada bagian depan mengandalkan tipe suspensi Teleskopik Fork. Sedangkan, untuk suspensi bagian belakangnya menggunakan tipe suspensi Swing Arm Unit. Kedua suspensi tersebut diyakini bakal mampu menopang berat beban dan meredam setiap goncangan ketika motor ini melewati jalanan yang berlubang dan banyak bebatuan sehingga pengendara maupun penumpangnya pun tetap akan merasa nyaman.

Di sisi lain, untuk velg yang akan digunakan, Yamaha mengandalkan velg berukuran 14 inci pada kedua roda di bagian depan dan velg berukuran 13 inci untuk roda bagian belakang. Velg tersebut semuanya dibalut dengan ban berukuran 90/80 untuk kedua ban depan. Sedangkan, untuk ban belakang menggunakan ban berukuran 130/70.

Sementara pada sektor keselamatan, sebanding dengan harga motor ini yang dibanderol dengan harga yang mahal, maka Tricity 155 juga sudah dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) dengan membawa fungsi UBS (Unified Brake System) yang dapat membuat setiap pengendara merasa lebih aman.

Ada pun untuk jenis rem yang digunakan motor ini berupa Hydraulic single disc dengan diameter 220 mm yang terpasang pada bagian rem depan dan Hydraulic single disc berdiameter 230 mm untuk rem sisi belakangnya. Adanya rem tersebut memang standar, namun mengingat skutik ini beroda tiga, berarti ada 3 piringan rem beserta segala perangkatnya.

Skutik dengan Mesin Bertenaga Powerful

spesifikasi yamaha tricity

Meskipun terlahir sebagai motor matik, namun untuk urusan dapur pacu, motor ini tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, motor ini bakal dibekali dengan sebuah mesin handal dengan tipe SOHC bersilinder tunggal 4 katup dan memiliki kapasitas hingga mencapai 155cc.

Dengan melihat spesifikasi mesinnya saja sudah dipastikan bakal memberikan dorongan yang maksimal. Tentu, hal tersebut bukanlah omong kosong. Pasalnya, mesin skutik ini mampu memberikan hasil daya sebesar 11,1 kW pada putaran ke 8.000 dan mampu mencapai puncak torsi maksimum hingga 14,4 Nm setiap mencapai putaran ke 6.000 rpm.

Kemudian, tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut untuk selanjutnya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi V-belt Automatic serta memiliki kopling bertipe Wet sump. Dengan begitu, maka kinerjanya jadi lebih cepat serta maksimal sekali. Bahkan, akan lebih nyaman lagi apabila motor satu ini sudah menggunakan sistem starter elektrik starter, sehingga akan sangat mudah dan cepat sekali untuk menghidupkan mesin.

Selain itu, pada sektor dapur pacu ini, motor ini menggunakan sistem pembakaran Fuel Injection yang membuatnya lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar dan tentunya akan lebih ramah lingkungan.

Bagaimana menurut Anda spesifikasi Yamaha Tricity 155 yang sudah dijabarkan di atas? Tertarik untuk memilikinya? Anda perlu menyiapkan uang sekitar Rp98 juta.

Comments are closed.