Yamaha Vixion: Motor Bebek Tangguh dengan Fitur Menarik

Motor

Yamaha Vixion menjadi motor injeksi pertama yang diproduksi oleh Yamaha. Secanggih apa motor ini?

Hingga saat ini motor Yamaha Vixion masih menjadi andalan pabrikan Yamaha dalam segmen naked bike. Diperkenalkan pada tahun 2007 silam, motor ini sudah menjadi salah satu primadona di dunia otomotif. Tidak hanya itu, motor ini juga langsung menggebrak pasar sepeda motor karena Yamaha Vixion merupakan motor injeksi pertama yang diproduksi pabrikan tersebut. Terbukti pada tahun 2016, motor ini menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia.

Kehadiran Yamaha Vixion memang membawa angin segar di dunia otomotif. Sebagai viral utama dari Honda CB150R StreetFire, tentu spesifikasi dari motor ini cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dari fitur-fitur dan kecanggihan yang tertanam di dalamnya. Nah, untuk lebih jelas lagi spesifikasi lengkap dari motor naked street fighter ini, berikut ini ulasan rincinya.

Cek Spesifikasi Yamaha Vixion Ini, Yuk!

Yamaha Vixion Dibekali Panel Indikator Full Digital dengan Layar LCD yang Informatif

spesifikasi yamaha vixion

Hadir sebagai bentuk pembaruan yang lebih fresh, pabrik otomotif asal Jepang ini akan menghadirkan Yamaha Vixion ini dengan tampilan instrumen indikator yang lebih modern. Yamaha mengandalkan tampilan panel Full Digital yang diperlihatkan melalui layar LCD. Pada instrumen indikator LCD motor ini akan menampilkan beberapa informasi mengenai kondisi motor, antara lain seperti kecepatan yang dihitung rpm atau km/jam, indikator bahan bakar, posisi gigi/gear, dan jarak tempuh.

Seluruh panel digital tersebut ditempatkan atau diposisikan secara atraktif sehingga akan mempermudah pengemudi dalam memahami keadaan motor yang ditungganginya tersebut. Selain itu, pada sisi kiri panel digital Yamaha Vixion 2017 ini tampak tersematkan panel lampu netral, notifikasi injeksi, dan kapasitas oli. Sedangkan di sisi kanan terdapat indikator lampu sein dan lampu tembak. Tak ketinggalan juga bahwa di bagian bawah layar LCD dari panel digital yang diusung Yamaha Vixion 2017 tersebut juga terdapat anak kunci yang kini terpasang di sekitar stang yang mana sebelumnya berada di dekat tangki. Tentu, dengan pembaruan pada panel indikator tersebut maka dipastikan akan semakin menarik dan memikat para calon konsumen dengan spesifikasi motor tersebut.

Baca juga: Seberapa Penting Asuransi Motor? Ketahui Hal ini!

Yamaha Vixion Mengusung Rangka Bodi Delta Box Kokoh dengan Ukuran Dimensi yang Pas

spesifikasi yamaha vixion

Motor naked yang diproduksi oleh pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang dibuat dengan rancangan yang begitu sporty dan modern. Hal itu tak hanya tampak pada sisi eksteriornya saja melainkan pada bagian dimensi dan rangkanya. Sebab, rangka merupakan salah satu sektor pembentuk tampilan fisiknya secara eksterior di mana dalam hal ini, motor bebek tersebut mengandalkan rangka Delta Box yang begitu kuat dan handal namun ringan. Sehingga akan mampu memberikan kestabilan yang sempurna, terutama saat melakukan manuver.

Selain itu, bentuk bodinya yang atraktif untuk menopang rangka tersebut, naked bike Yamaha ini pun dibuat dengan ukuran dimensi yang pas. Di mana, dalam hal ini dimensi dari motor keluaran Yamaha ini memiliki panjang 1.955 mm, lebar 720 mm, dan ketinggian total mencapai 1.025 mm dengan jarak sumbu roda 1.295 mm yang juga sudah dilengkapi dengan Assist grip sebagai pegangan pembonceng. Selain itu, dengan bobot 132 Kg pun dipastikan akan membuat Vixion 2017 ini semakin mudah dikendarai di medan apapun. Sedangkan untuk ketinggian jok sendiri dibuat setinggi 795 mm yang dirasa sudah pas dengan postur tubuh orang Indonesia yang akan membuat pengemudi lebih mudah dalam menjangkah ketika berhenti di jalan atau lampu merah.

Sementara itu, untuk jarak terendah ke tanah (ground clearance) pun motor ini memiliki ketinggian standar motor naked, yakni 165 mm di mana dengan ketinggian ground clearance tersebut, tentu akan membuat motor ini aman dan nyaman dikendarai di segala medan.

Baca juga: Motor Buatan Yamaha Indonesia Terlaris Tahun 2019

Ditopang dengan Kaki-Kaki Kuat dan Berbekal Sistem Pengereman Canggih

Tidak hanya dimensinya saja yang dirancang lebih atraktif, pada sisi kaki-kakinya pun juga turut dibuat untuk menunjang keseimbangan. Oleh karena cukup penting maka sektor kaki-kaki yang diusung oleh motor pabrikan Jepang ini, diketahui akan mengandalkan dua tipe suspensi handal, yaitu suspensi Teleskopic pada bagian depan dan suspensi Swing Arm pada sektor belakang.

Kedua suspensi dari motor ini memang diandalkan oleh Yamaha karena kemampuannya dalam meredam setiap getaran pada saat melewati jalanan berlubang atau bergeronjal. Selain itu, dengan adanya kedua suspensi tersebut maka keseimbangan dalam berkendara pun akan semakin nyaman. Tak cukup sampai di situ, naked bike Yamaha Vixio ini juga akan dibekali Monocross Suspension yang siap memberikan kestabilan tingkat tinggi ketika berkendara. Selain suspensi, naked bike ini pun juga akan dilengkapi dengan velg sporty 17 inci yang akan terbalut ban Tubeless. Di mana untuk bagian depan akan menggunakan ban berukuran 90/80-17M/C 46P dan untuk ban belakang mengandalkan ukuran 120/70-17M/C 58P. Tak hanya itu, spesifikasi Vixion 2017 pun juga akan dilengkapi pengereman cakram pada bagian depan dan belakang yang akan memberikan pengereman yang cukup handal.

Motor Tangguh dengan Bekalan Mesin 150 cc SOHC Fuel Injection

spesifikasi yamaha vixion

Beralih pada segmen berikutnya, kini waktunya untuk menilik dan memperjelas sektor dapur pacu yang diusung motor ini. Bidang permesinan yang digendong oleh motor naked terbaru buatan Yamaha ini memang tak berbeda dengan versi sebelumnya.

Baca juga: Begini Mengurus dan Biaya Balik Nama Motor 2019

Pasalnya, saat ini pun diketahui bahwa naked bike ini masih mengandalkan mesin berkapasitas 149.8 cc bertipe SOHC 4 langkah dengan bekalan silinder tunggal 4 katup dan mengandalkan sistem pendingin suhu cairan. Mesin yang dibenamkan juga pada motor tersebut diklaim memang mampu memberikan power yang cukup tangguh di mana mampu mencapai titik tenaga maksimum hingga 12kW setiap putaran ke 8.500 rpm dan mampu mencapai raihan torsi maksimal sampai pada puncak 14.5 Nm per 7.500 rpm.

Melihat hasil semburan yang dipancarkan mesin Vixion  tersebut maka tak heran jika nantinya motor naked bike ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan begitu gesit. Selain itu, tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut pun diketahui pula akan disalurkan melalui sistem transmisi Constant Mesh 5 percepatan.

Tak hanya itu saja, motor ini juga dilengkapi dengan fitur assist dan slipper yang akan membuat kopling lebih ringan dan fitur slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Di samping itu, hal yang cukup menarik bahwa raung pacu yang diusung seri Vixion 2017 ini juga sudah dilengkapi teknologi Fuel Injection yang juga sudah lulus uji emisi EURO 3 sehingga akan menghemat bahan bakar dengan perbandingan kompresi 10.4 : 1 dan lebih ramah lingkungan. Tentu saja dengan bekalan mesin beserta teknologi yang diusung pada spesifikasi motor tersebut akan semakin membuatnya kian diminati para konsumen.

(Sumber Foto: Yamaha Motor)

Comments are closed.