Yamaha X-Ride: Motor Matic Cocok untuk Adventure

Motor

Lagi cari motor matic yang mampu diajak adventure? Jawabannya ada di Yamaha X-Ride 125 2019. Yuk, simak spesifkasi lengkap dari skuter matic yang didesain sangat sporty ini.

 Tidak dipungkiri memang kehadiran motor matic menjadi angin segar bagi masyarakat yang kurang tidak bisa mengendarai motor bergini. Namun, tidak sampai disitu, kepraktisannya dalam pengunaan sehari-hari juga menjadi poin penting masyarakat lebih memilih motor matic dibanding yang lain.

Hingga saat ini sudah banyak jenis motor matic yang diluncurkan dari berbagai produsen, salah satunya adalah Yamaha yang merilis Yamaha X-Ride sebagai motor metic yang sporty dan sangat cocok untuk kegiatan adventure.

Baca juga: Yamaha XSR 155, Gaya Retro Era Modern

Memiliki karakter yang berbeda dari yang lain, semenjak diluncurkan motor ini mampu menarik perhatian banyak orang. Desain Yamaha X Ride 125 2019 yang sangat adventure ini tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri karena dengan begitu motor ini mampu menerjang berbagai jalanan yang ada. Mau tau spesifikasi selengkap dari motor ini, berikut ulasannya.

Motor Matic Modern Desain Sporty dan Adventure

Baru-baru ini Yamaha meluncurkan generasi terbaru dari tipe X-Ride 125. Pembaruan pada model X Ride Series ini tentunya terjadi pada beberapa aspek, yang salah satunya terletak pada sisi eksteriornya. Gaya sporty yang berkesan lebih mengedepankan aspek adventure tampak jelas pada setiap lekukan dari setiap sisi bodi yang diusung motor ini.

spesifikasi yamaha x-ride

Pada sisi depan, Anda disajikan desain headlamp yang sangat futuristik tampak terpasang dengan manis pada bagian depan hingga headlamp yang dibawa skutik buatan Yamaha tersebut sudah mengandalkan lampu berteknologi LED yang dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) sehingga selain mampu menampilkan gaya desain yang menarik, headlamp yang diusung motor ini sehingga mampu memberikan penerangan yang lebih terang dan tahan lama.  Selain itu, penerapan fairing pada bagian muka pun terkesan semakin menajam dan lebih sporty.

Beranjak pada bagian samping, tampak kesan ramping berbeda dengan series sebelumnya. Sementara untuk jok pun di hadirkan dengan mengusung desain rata guna memudahkan mengatur posisi duduk disertai kombinasi dua warna yang membuatnya tampil lebih stylish. Bahkan, di bawah jok Yamaha X-Ride 125 juga terdapat bagasi yang dibuat lebih lega sehingga bisa digunakan untuk membawa barang bawaan.

Nah, untuk bagian bagian belakang, tampaknya tak berbeda jauh dengan versi lama, hanya saja pada varian baru ini, Yamaha membekali spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini dengan stop lamp berteknologi LED sehingga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang tanpa membuat silau pengendara lain yang berada di belakangnya.

Indikator yang Lebih Sporty dan Informatif

Pada Yamaha X Ride 125 ini, pabrik asal negeri Matahari tersebut mengusung panel serupa, tapi dibuat dengan desain berbeda yang lebih sporty dan informatif. Terkait dengan panel indikator tersebut, skuter matik ini masih menggunakan tipe panel analog minimalis di mana panel dari motor ini akan menampilkan informasi yang cukup jelas, yakni kecepatan dalam km/jam dan di bawahnya terdapat indikator notifikasi/pemberitahuan kapasitas bahan bakar.

spesifikasi yamaha x-ride

Sementara itu, di samping kanan dan kiri pada speedometer X-Ride 125 tersebut terdapat beberapa lampu indikator, yakni lampu sein, lampu tembak (high beam) dan juga disertai menu Eco Indikator yang akan membuat berkendara lebih ekonomis dan aman. Dengan demikian maka jika melihat secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa instrumen indikator pada spesifikasi motor ini memang dirancang lebih sporty dan moderen serta mampu menampilkan informasi yang mudah dipahami oleh pengguna.

Baca juga: Yamaha Scorpio Z Si Tangguh Andalan Semua Orang

Kerangka Underbone yang Kokoh

Jika melihat dari bentuk bodinya pada varian barunya ini yang terkesan lebih kokoh, hal itu tak lepas dari struktur rangka maupun dimensi pembentuknya. Nah, untuk rangkanya sendiri, motor matic ini menggunakan tipe rangka Underbone yang ringan, tapi tetap kokoh sehingga akan membuat berkendara menjadi lebih enteng.

Sementara itu, untuk ukuran dimensinya sendiri, Yamaha akan membangun motor ini dengan ukuran panjang 1860 mm, lebarnya 740 mm, dan tingginya 1070 mm serta memiliki jarak sumbu roda sepanjang 1260 mm. Jika dilihat, maka wajar jika skutik garapan Yamaha ini memiliki bentuk bodi yang ramping namun agak sedikit gendut di bagian sampingnya.

Sementara itu, untuk kapasitas tangki bahan bakar yang dibawa motor ini diketahui mampu menampung bahan bakar hingga 4.2 liter. Namun, hal tersebut tampaknya tak berpengaruh banyak pada bobotnya di mana skutik ini memiliki bobot seberat 98 Kg. Pada sisi lain, untuk tinggi tempat duduknya pun sudah disesuaikan dengan postur tinggi kebanyakan orang Indonesia setinggi 760 mm sehingga akan mempermudah para konsumen dalam mengendarai motor ini.

Mesin Tangguh Tipe SOHC4 Berkapasitas 125 cc

Kurang lengkap jika tidak membahas bagian ruang pacunya. Pabrik asal Jepang berlogo garpu tala tersebut akan membekali Yamaha X Ride 125 tersebut dengan mesin tipe SOHC Silinder Tunggal 4 langkah dengan 2 katup yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 125 cc. Tenaga yang dihembuskan oleh mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi full automatic. Sistem ini mampu memberikan tenaga maksimal hingga 7.0 kW per putaran 8000 rpm dan sanggup meraih titik puncak torsi hingga 9.6 Nm pada putaran ke 5500 rpm.

spesifikasi yamaha x-ride

Pada sisi lainnya, Yamaha juga melengkapi sektor dapur pacunya ini dengan sistem injeksi Blue Core yang akan membuat X-Ride 125 terbaru ini lebih efisien, bertenaga, dan tentunya handal dalam menerjang segala medan. Bahkan, dengan bekalan teknologi Blue Core tersebut, membuat konsumsi bahan bakar sangat irit dengan perbandingan kompresi 9.5:1. Maka, bisa disimpulkan bahwa sektor ruang pacu dari spesifikasi seri ini sangat handal namun tetap ramah lingkungan.

Baca juga: Yamaha R6, Lebih Sporty dan Ramah Lingkungan

Sumber Gambar: https://www.yamaha-motor.co.id/product/xride/

Comments are closed.