Yamaha Xabre 150: Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Motor

Yamaha Xabre 150 hadir di tanah air sebagai salah satu motor street fighter idaman para penggila motor besar. Apa yang membuat motor ini istimewa?

Motor street fighter bisa dibilang sebagai jenis motor yang memiliki cukup banyak penggemar beberapa tahun terakhir, khususnya kaum adam. Hal ini tak lepas dari modelnya yang terlihat gagah dan sporty yang membuat penggunanya terlihat lebih menarik.

Bicara soal motor street fighter, Yamaha merupakan salah satu pabrikan motor yang cukup banyak melahirkan motor jenis ini. Salah satu yang terbaru adalah Yamaha Xabre 150. Motor berkapasitas mesin 150cc ini dianggap sebagai salah satu street fighter motor terbaik di kelasnya.

Sebagai salah satu motor yang memiliki harga yang tinggi, rasanya sudah seharusnya sang pemilik mengasuransikan motor yang dimilikinya. Bingung cari asuransi motor terbaik? Di Futuready.com, Anda bisa pilih asuransi motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: 7 Motor Termahal di Dunia dengan Harga Fantastis

Lantas, apa yang membuat motor ini banyak diincar oleh para pecinta motor besar? Ini dia!

Spesifikasi Yamaha Xabre 150

Street Fighter dengan Desain Futuristik

Konsep desain motor besar ini memang masih menggunakan basis Yamaha M-Slaz. Penggunaan platform Yamaha MT Series ini sekaligus melanjutkan kelihaian Yamaha dalam mendesain bodi sepeda motornya.

Motor berkapasitas mesin 150cc ini terlihat ‘out of the box’ dan berani keluar dari pakem desain naked bike di Indonesia kebanyakan. Dimulai dari headlamp yang terlihat aura street fighter yang sangat kuat dengan model lampu mungil dengan sudut-sudut yang tajam. Lampu depan dan stoplamp yang disematkan pada motor ini sendiri sudah berjenis LED yang pastinya bakal memberikan penerangan lebih maksimal.

spesifikasi yamaha xabre

Berpindah untuk bagian tangkinya, juga dirancang dengan bentuk yang gambot dan dibuat menjulang tinggi ke atas laiknya motor liar jalanan. Tangki motor ini menganut model kondom dengan penutup bensin dibuat rata sehingga terlihat lebih berisi. Keliaran motor rilisan Yamaha ini ditambah dengan desain shroud muskular yang dibuat memanjang ke depan.

Lantas bergerak pada sektor jok, untuk yang satu ini masih melekat aura Yamaha R-15 dengan model jok dibuat terpisah dan lancip ke belakang. Untuk buritannya sendiri, motor ini menawarkan buritan yang terlihat nungging dengan menghilangkan behel tanduk atau yang biasa disebut pillion handle. Kemudian, guna semakin membuat gagah tampilan motor, pada bagian belakang slebor dibuat dengan model gantung yang terlihat harmonis bersanding dengan lengan ayun berjenis banana arm.

Penampilan luar Xabre pun semakin gagah dengan desain muffler yang juga terlihat ideal dengan bentuk besar, meskipun belum mengadopsi model kanlpot underbelly. Terakhir menutup kekurangan di dimensi mesin yang kelihatan mungil, Yamaha mengakalinya dengan menyematkan cover engine yang menyambung ke atas sampai ke shroud sehingga bentuk silinder kecil khas Yamaha V-ixion pun bisa tertutupi.

Secara umum, basis desain yang diaplikasikan pada motor ini terbilang apik. Aura ‘liar’ khas street fighter masa kini sangat terasa.

Speedometer Digital yang Sangat Informatif

Pada panel dashboard-nya, motor baru besutan Yamaha ini pun menggunakan konsep desain speedomoter minimalis namun tetap tampil dengan sentuhan modern dan terlihat sporty.

Kesan modern pada Xabre 150 bisa ditemukan pada bagian speedometer yang kali ini mengusung panel full digital. Sekilas, panel dashboard pada motor ini dibuat dengan model persegi panjang tipis terbingkai frame elips yang ditempatkan pas di tengah-tengah bagian kepalanya. Panel dashboard tersebut hanya ada satu cluster saja namun masih informatif untuk menampilkan penunjuk speedometer, odometer, serta trip meter.

spesifikasi yamaha xabre

Pada bagian samping dashboard Yamaha motor besar ini terdapat indikator lampu utama serta lampu sein. Kemudian ada juga indikator penunjuk bahan bakar atau fuel meter.

Jika melihat pada bagian panel dashboard-nya, motor ini memang terlihat begitu minimalis, namun telah menggunakan teknologi modern yang pastinya lebih akurat daripada panel analog.

Suspensi Yamaha Sabre Berkualitas untuk Manuver

Demi menjamin performa berkendara, Xabre 150 memiliki basis desain rangka yang sama dengan Yamaha R15 atau Yamaha V-ixion lewat kerangka berjenis deltabox teleskopik. Dengan rangka deltabox sendiri memiliki jaminan kualitas yang cukup terjamin serta terkenal dengan stabilitas yang tinggi dan mudah dikendarai.

Baca juga: Tertarik Motor Peugeot Django? Ini Spesifikasi dan Harganya!

Lantas untuk suspensi depannya sendiri, motor ini sudah dibekali dengan suspensi kelas atas lewat suspensi berjenis Up-Side down atau biasa dikenal dengan USD. Suspensi jenis ini menawarkan stabilitas tinggi serta dapat disesuaikan ketinggiannya mengikuti kontur jalan.

Lalu pada suspensi belakang, laiknya motor sport Yamaha lainnya, Xabre 150 juga mengusung model monoshock yang cukup nyaman saat digunakan berboncengan. Sedangkan pada bagian pengereman, terbilang standar karena motor ini masih mengusung pengereman berjenis single disc atau cakram untuk depan dan belakang.

Berpindah ke sektor lengan ayun, motor ini sudah menggunakan swing arm berjenis aluminum banana style yang turut memberikan aroma racing dan juga kesan kokoh di bagian kaki-kaki. Terakhir untuk ban dan velg, motor ini menawarkan roda penggerak cukup gambot dengan bekal velg berukuran 17 M / C-MT 3.50 untuk depan dan 17 M / C-MT 2.75 untuk belakang. Velg cast wheel tersebut lantas dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 M dan 130/70-17 M.

Mesin Xabre 10 Gahar di Kelasnya

Seperti yang kita ketahui, untuk sektor penghasil performanya, Xabre 150 menggendong mesin turunan dari Yamaha YZF R-15. Artinya untuk spesifikasi jeroannya, motor ini mengusung mesin empat langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup.

Pada pendingin mesinnya, Xabre 150 mengandalkan sistem pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin yang tertanam pada motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi puncak mencapai 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Xabre ini sebenarnya masih seimbang dengan power yang dimiliki Yamaha YZF-R15, karena memang basis mesinnya masih sama.

spesifikasi yamaha xabre

Begitupun model transmisinya, motor street fighter ini manganut model transmisi 6 percepatan bukan 5 percepatan seperti Yamaha V-Ixion meskipun untuk basis mesinnya adalah sama. Untuk suplai bahan bakarnya, Xabre 150 menggunakan suplai bahan bakar berjenis fuel injection yang pastinya membuat motor ini lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan. Melihat spesifikasi yang ada pada motor ini memiliki perbandingan kompresi cukup tinggi yakni 10,4:1.

Jadi, dengan kompresi tersebut, Anda wajib menggunakan BBM jenis Pertamax atau bahan bakar minimum 91 oktan demi menjaga performa motor lebih maksimal. Melihat mesin yang dibawanya kemungkinan besar motor ini memang lebih mengejar tarikan awal mengingat untuk mesin SOHC masih kalah akselerasi dengan mesin DOHC yang sudah mengusung sistem double cam.

Baca juga: 9 Pilihan Motor Matic Terbaik untuk Milenials

Dengan segala kelebihan dan teknologi mutakhir yang ada pada Xabre 150, kira-kira berapa harganya? Motor satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp30 juta. Sesuaikah harga dengan spesifikasi yang dijabarkan di atas?

(Sumber foto: Yamaha)

Comments are closed.