Yamaha XSR 155, Gaya Retro Era Modern

Motor

Setelah sukses dengan kelas 150cc nya, salah satu produsen sepeda motor populer Yamaha kembali naik kelas dengan melahirkan Yamaha XSR 155.

Trend motor retro pada era modern ini memang sedang banyak diikuti. Tak heran jika produsen roda dua tertarik membuat motor retro-modern untuk memenuhi permintaan pasar. Lahirnya segmen yang menarik ini juga tak lepas dari persaingan antar produsen. Jika sebelumnya motor skutik dengan tenaga dan bodi yang besar, kali ini Yamaha merilis motor sport dengan gaya retro menambahkan daftar trend motor terbaru. Resmi diluncurkan di Thailand pada tanggal 16 Agustus 2019, produk baru yang dinamai Yamaha XSR 155 baru-baru ini tengah menjadi buah bibir.

Menelaah pemberian nama juga rangkanya, motor lansiran Yamaha ini tak lepas dari konfigurasi produk Yamaha sebelumnya, seperti Yamaha R15 v3, Yamaha MT-15, dan Yamaha V-lxion 155 VVA. Yamaha XSR 155 memiliki spesifikasi yang tak jauh dari ketiga produk yang juga mengusung mesin 155cc berteknologi VVA (Variable Valve Actuation). Berikut spesifikasi lengkap mengenai performa gagah Yamaha XSR 155.

Spesifikasi Lengkap Yamaha XSR 155

Mesin dengan Kualitas Terbaik

Dari nama yang dipakai, yakni Yamaha XSR 155 juga telah menunjukan jelas mesin yang digunakan motor ini. Seperti produk-produk sebelumnya, Yamaha memang sudah terbukti memiliki kualitas terbaik di kelas 150cc. XSR 155 yang dibekali dengan VVA (Variable Valve Actuation) membuat keluaran tenaga serta torsi yang lebih merata pada setiap putaran mesin. Torsi dan tenaga dari motor Yamaha terbaru ini lebih besar dibandingkan dengan mesin 150cc. Tenaga maksimal yang dikeluarkan oleh motor ini mencapai 19 Horsepower dengan putaran mesin 10.000 rpm, sedangkan mengenai torsinya, motor buatan Jepang ini mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 14.7 Nm pada 8.500 rpm.

Baca juga: Beli Motor Bekas atau Baru? Ini Tipnya!

Tidak heran tenaga dan torsi Yamaha XSR 155 dapat menjadi keunggulan, karena mampu melesat dengan cepat meninggalkan lawan-lawannya. Tak habis dengan itu saja, mesin pada motor ini telah dilengkapi dengan mesin pendingin Liquid Cooled, sistem pembakaran Fuel Injection yang berguna untuk mengoptimalkan pembakaran mesin 1 Silinder, 4 Tak, SOHC 4 katup dengan rasio kompresi 11.6:1 dan diameter bore 58mm serta stroke 58.7mm. Berbicara mengenai mesin Yamaha telah melakukan transmisi manual 6 percepatan dengan dukungan teknologi Asssit & Slipper Clutch yang dapat membuat kopling menjadi lebih ringan, perpindahan gigi semakin halus, serta meningkatkan kemampuan akselerasi.

Tampilan Retro dengan Teknologi Modern

Yamaha XSR 155 termasuk ke dalam Sport Heritage Yamaha seperti XSR700 dan XSR900. Bukan hanya sekedar tipenya saja yang termasuk desain retro, pilihan warna dari motor ini juga tak jauh dari warna-warna bernuansa retro. Yamaha Retro XSR 155 memiliki 4 pilihan warna yang menarik. Warna pertama adalah Black Elegance dengan tampilan serba hitam mulai dari kaki-kaki hingga jok. Warna hitam ini memberikan kesan gagah. Pilihan warna kedua adalah Premium Gray yang terlihat berkelas dengan penggunaan warna coklat klasik pada kulit jok dengan tinggi 810 mm dan pada bagian tangki dengan kapasitas 10 liter ini diberi warna abu-abu metalik. Disusul warna ketiga yakni Sport Heritage dengan warna identik motor balap tahun 70an dan 80an, putih dan merah. Warna terakhir adalah Green Wanderlust dengan warnanya yang matte memberikan tampilan motor ini semakin klasik. Pada pilihan warna Green Wanderlust terdapat garis stripping di tangkinya, dan strip hitam pada bagia tengahnya.

Baca Juga: Sebelum Membeli Asuransi Motor, Ketahui Hal Ini!

Bukan retro namanya jika tak memiliki headlamp berbentuk bundar. Motor bermesin 155cc yang mengusung konsep retro tak melewatkan desain lampu utama ini. Lagi-lagi Yamaha menegaskan konsep retro-modern pada bagian dari motor ini. Meskipun lampu utama dengan bentuk bulat ini terlihat klasik, namun Yamaha memberikan sentuhan modern pada bagian lampu ini dengan menggunakan lampu berteknologi LED menggantikan lampu halogen seperti biasanya. Desain lampu ini memiliki tulisan XSR pada bagian tengahnya dan terpasang DRL (Daytime Running Light) pada bagian atasnya. Kesan keren serta elegan terlihat pada kombinasi ini. Pada bagian belakang pun, motor ini memiliki lampu belakang LED dengan bentuk bundar dan masih mengusung desain klasik. Lain halnya lampu sein pada motor ini masih menggunakan lampu halogen untuk memberi kesan retro.

Konsep seperti ini berharmonisasi sempurna apalagi ditambah jok yang menambah kesan klasik. Jok atau tempat duduk pada motor ini memiliki tinggi yang ideal sehingga membuat pengguna motor ini merasa nyaman. Posisi stang dengan model fatbar memiliki tinggi dan lebar yang pas tidak akan membuat penggunanya merasa lelah saat harus menggunakan motor dalam perjalanan yang lama. Yamaha XSR 155 juga memiliki suspensi depan upside-down yang membuat handling dan kestabilan yang sempurna. Desain yang keren ini kemudian diseimbangi suspensi belakang Monoshock dengan swing Arm alumunium yang ringan dan kokoh. Pada bagian Speedometernya, motor ini memiliki tampilan modern dengan Speedometer Full Digital, namun tetap memiliki kesan klasik dengan bentuknya yang bulat. Speedometer pada motor ini memiliki kelengkapan seperti kecepatan, posisi gigi, sisa bahan bakar, lampu sein, posisi gear netral, lampu, dan masih banyak lagi informasi yang dapat dilihat di speedometer ini.

Baca Juga: Kredit Motor Syariah Kredit Bebas Bunga dan Riba

Sebagai pengganti ABS (Anti Lock Breaking System), Yamaha memberikan dua rem cakram yang berada pada bagian roda depan dan roda belakang. Secara bentuk, ban milik Yamaha XSR 155 ini mengingatkan fender Yamaha MT-15. Ban bagian depan menggunakan profil 110/70 dan memiliki diameter 17 inci. Sedangkan Ban Belakang menggunakan profil 140/70. Meski memiliki ukuran yang sama dengan MT-15, tapi motor ini memiliki ban dual purpose yang dapat digunakan dalam berbagai macam medan. Nuansa tracker juga muncul pada motor ini, ditambah terdapat rangka Deltabox yang kuat dan kokoh sehingga lebih stabil. Lanjut pada bagian sisi samping, motor ini memberikan lagi konsep retro dengan memiliki bentuk tangki yang cukup konvensional. Bobot motor ini lebih berat dibanding MT-15 yakni 133 kg dengan dimensi keseluruhan panjang 2.000 mm dengan lebar 805 mm, dan tinggi 1.080 mm. Motor ini memiliki ground clerance 170 mm dengan jarak sumbu rodanya yang mencapai 1.330 mm. Yamaha tipe ini memiliki knalpot bentuk silencer yang menyeimbangkan kesan retro-modern. 

Jika masuk ke Indonesia, persaingan motor sport naked 150cc akan menambah seru dengan pilihan baru ini. Yamaha yang menggelar world premiere di Thailand melepaskan motor ini kepada publik dengan harga sekitar 91.500 Baht atau setara dengan 42 juta Rupiah. Sudah siapkah tampil keren dengan performa Yamaha XSR 155

Comments are closed.