Tip Menata Dapur Minimalis

properti

Kunci menciptakan dapur minimalis, yaitu penggunaan warna hangat yang senada, pemilihan furniture berwarna alami, dan juga peralatan masak yang modern.

Dapur adalah salah satu bagian penting di dalam rumah. Dapur yang bersih dan cantik sering mempengaruhi suasana hati penggunanya. Tak heran jika para ibu di luar sana sangat memperhatikan urusan dapur beserta isinya. Desain interior dapur menjadi salah satu yang jadi fokus utama. Para ibu masa kini memimpikan dapur minimalis yang bersih, simpel, kecil, tapi tetap fungsional.

Desain dapur minimalis sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah minimalis. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak bisa menata dapur minimalisnya agar nampak lega. Sehingga yang terjadi adalah suasana sempit penuh dengan peralatan masak, menjadikan pemandangan yang tidak enak dimata.

Baca juga: 10 Langkah Tepat Mewarnai Rumah

Menimbun perabotan rumah menjadi salah satu kebiasaan para ibu yang sulit dihindari. Mulai dari barang-barang yang memiliki nilai rendah hingga berharga. Agar Anda bebas khawatir jika meninggal rumah dikarenakan takut akan terjadi hal sesuatu, sangat disarankan untuk melindungi barang berharga beserta rumahnya dengan asuransi properti di Futuready. Anda akan mendapatkan asuransi sesuai yang dibutuhkan dengan cepat, mudah, dan aman.

Sebenarnya permasalahan desain interior dapur minimalis ini bisa dilakukan oleh orang awam. Asalkan kita tahun kunci dari penataan yang ringkas dan simpel.

Tips Menata Dapur Minimalis

Tips Menata Dapur Minimalis

Dapur menjadi salah satu ruang yang paling sering dikunjungi anggota keluarga di rumah dan menjadi tempat menciptakan momen bersama. Namun, berbagai peralatan dapur yang serba baru seringkali menjadikan ruangan ini penuh sesak dan memberi kesan sempit. Jika tak mau dapur indah Anda berubah menjadi gudang, simak tips menata dapur minimalis dibawah ini:

Pilih Furnitur Dapur dengan Gaya Minimalis

Furnitur dapur menjadi bagian terbesar yang memenuhi ruangan, karena itu pemilihan furnitur ini akan mempengaruhi estetika keseluruhan ruangan. Cobalah untuk memilih kursi dan meja modern yang dirancang sederhana sehingga cocok dengan tema dapur. Mudahnya pilih saja furnitur kayu alami. Warna-warna ini dapat menyatu dengan sangat baik dengan desain dapur minimalis.

Pilih lemari dapur dengan desain modern tanpa bingkai jika memungkinkan. Anda bisa pilih kayu gundul atau setidaknya dengan pseudo kayu. Jika ingin menggunakan lemari dapur berbahan plastik, cat ulang dengan warna-warna polos dan sederhana seperti putih atau abu-abu.

Selalu Merapikan Dapur Setelah Menggunakannya

Desain dapur minimalis ini biasanya amat kecil dan terbatas, sehingga jika ada tumpukan piring kotor atau perkara pisau yang digeletakkan dimasa saja bisa mengganggu pemandangan. Anda bisa mensiasati hal ini dengan rajin merapikan dapur setelah menggunakannya. Kembalikan piring di rak dan pisau pada tempatnya.

Jaga setiap bagian dapur tetap bersih. Meja dapur yang bersih membuat pandangan tampak rapi. Ini juga akan menciptakan banyak ruang kosong yang indah, yang menambahkan tampilan minimalis ke dapur.

Pastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa, dan lap permukaan kompor serta meja makan sesering mungkin. Juga, pastikan tidak ada piring kotor yang menumpuk di wastafel dapur. Bersihkan secara teratur, atur perabot dapur dan pastikan semuanya terlihat rapi dan bersih.

Gunakan Kotak Penyimpanan

Untuk menciptakan kesan dapur yang rapi, masukkan berbagai item dapur ke dalam tempat penyimpanan yang lebih sederhana. Tempatkan semua bahan makanan ke stoples atau wadah sederhana, dan berikan label untuk mempermudah penggunaannya.

Baca juga:

Gunakan toples atau wadah minimalis sederhana untuk berbagai makanan seperti gula, garam, atau tepung tidaklah sulit. Memasukkannya ke dalam wadah yang lebih sederhana membantu meminimalkan tampilan ruang dapur yang berantakan. Stoples putih sederhana atau bahkan transparan terlihat sangat rapi.

Pilih Warna

Sebelum Anda mengubah dapur minimalis sebaiknya pilih tema warna untuk dinding, lemari, dan perabotan dapur. Ini akan memastikan semuanya akan terlihat harmonis dan memberikan kesan estetika minimalis. Coba batasi penggunaan kombinasi warna maksimal 3 warna saja. Kombinasi warna pastel atau putih polos terlihat sangat bagus dan elegan. Anda juga bisa menambahkan berbagai item berbahan kayu untuk menampilkan kesan alami.

Beli Barang-Barang Dapur dengan Warna Senada

pilih Warna Senada

Untuk melengkapi tema warna dapur , pilih item warna yang sama untuk semua perkakas dapur. Misalnya, pilih pemanggang roti putih jika sebagian besar peralatan dapur berwarna putih. Ini akan menciptakan harmoni gaya dan memberikan kesan minimalis yang indah ke ruang dapur. Jika tidak memungkinkan Anda juga bisa memilih dua warna seperti putih dan abu-abu untuk item yang berbeda. Ini juga akan menciptakan nuansa yang selaras.

Pilih Peralatan Dapur dengan Desain Minimalis

Desain dan bentuk peralatan dapur seperti pembuat kopi, pemanggang roti, atau kulkas dapat memengaruhi keseluruhan tampilan dan nuansa ruang dapur kita.  Memilih peralatan minimalis yang dirancang dengan baik tidaklah sulit dan juga bisa menjadi pengalaman berbelanja yang sangat menyenangkan.

Salah satu peralatan dapur yang harus dipilih seksama adalah kompor. Jika ingin menciptakan kesan minimalis hindari penggunaan kompor gas, dengan lebih memilih kompor listrik. Selain memberi kesan bersih karena tidak memerlukan tungku, kompor listrik juga lebih aman karena tidak menggunakan tabung gas yang seringkali menjadi penyebab kebakaran lantaran adanya kebocoran gas.

Baa juga:

Saat memilih perhatikan bentuk dan warna barang, dan pastikan warnanya tidak mencolok atau kontras karena ciri khas warna-warna minimalis adalah hangat dan terdiri maksimal dari 2 warna. Cobalah untuk memilih warna dasar seperti hitam atau abu-abu atau warna logam alami. Hindari warna-warna mencolok seperti merah terang atau kuning cerah (kecuali itu adalah tema dapur minimalismu).

Gunakan Pencahayaan Minimalis

Gunakan Pencahayaan Minimalis

Pilihan pencahayaan untuk ruang dapur minimalis ini cukup penting. Cari pencahayaan yang dirancang secara modern. Pastikan menerangi seluruh ruang dengan sangat baik. Dapur yang penerangannya buruk bisa terlihat sangat membosankan.

Jika memungkinkan, hindari lampu meja dan pilih lampu gantung atau lampu dinding. Juga, pilih suhu warna yang tepat untuk dapur untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan. Sebagai pemanis ruangan Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias indoor yang memancarkan warna menarik ketika berada dibawah pencahayaan yang hangat.

Itulah tips menata dapur minimalis agar menghasilkan ruangan yang berestetika. Dapur minimalis dibuat dengan tujua menciptakan kesan sederhana para pribadi pemiliknya. Namun sayangnya harga furniture pelengkap dapur minimalis biasanya justru lebih mahal. Karena itu Anda harus siapkan budget tinggi jika ingin menciptakkan nuansa yang sealami mungkin.

Comments are closed.