Manfaat dan Jenisnya Exhaust Fan yang Perlu Anda Ketahui

properti

Kehadiran Exhaust Fan di rumah dapat membuat kualitas udara menjadi lebih segar dan bersih. Sehingga menurunkan resiko dari terserang berbagai macam penyakit seperti alergi dan asma.

Setiap orang ingin menciptakan rumah yang sehat untuk ia dan keluarganya. Salah satu syarat rumah sehat adalah memiliki udara yang bersih dan diidukung dengan sirkulasi udara lancar. Namun, ketika tinggal di perkotaan dengan pemukiman padat hal ini sulit diwujudkan.

Seringkali berbagai masalah kesehatan, seperti asma dan flu muncul karena kurangnya udara bersih dan sehat. Bahkan pada tahap lebih tinggi, kualitas udara yang buruk dapat membuat rumah lebih cepat lapuk , berjamur hingga rusak. Karena itu jika kita tinggal di daerah dengan pemukiman padat wajib menggunakan alat pengatur sirkulasi udara, salah satunya adalah Exhaust Fan.

Baca juga: Punya Pagar Minimalis Tapi Tidak Bisa Merawatnya? Ini Caranya!

Dengan ruang yang sehat dan ventilasi yang baik maka resiko kebakaran rumah bisa diminimalisir. Jangan lupa untuk tetap membeli asuransi properti agar rumah aman terlindungi dari berbagai resiko yang diakibatkan karena banjir, kebakaran dan juga pencurian.

Memang, ada cara lain yang lebih alami untuk membuat kualitas udara di rumah membaik. Misalnya dengan membuat banyak jendela, ventilasi hingga menempatkan tanaman hijau di dalam rumah. Tapi tidak semua orang dapat mewujudkannya.

Apa itu Exhaust Fan?

pengertian Exhaust Fan

Exhaust Fan ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan dengan kawasan padat penduduk. Exhaust Fan adalah jenis kipas angin yang tidak hanya berfungsi menciptakan udara, tapi juga memiliki fungsi menjaga kualitas udara bersih dan segar. Alat ini sering dipasang di ruangan-ruangan yang menjadi sumber bau tidak sedap seperti dapur dan kamar mandi.

Exhaust Fan bekerja dengan cara menarik bau, asap, dan kelembaban dari area rumah,mengeluarkannya di luar ruangan agar baunya berpindah. Kipas menggunakan motor untuk memutar bilahnya, yang berfungsi untuk menarik udara keluar dari ruang. Udara basi, lembab, atau terkontaminasi didorong melalui lubang pembuangan, keluar dari rumah.

Kipas pada Exhaust dan ini beroperasi menggunakan listrik, dimotori dengan sakelar dinding, atau model tertentu dilengkapi dengan termostat yang memberi sinyal unit untuk menyala ketika suhu tertentu tercapai di area tersebut. Alat ini dapat dengan cepat mendinginkan ruangan karena beberapa aktivitas seperti memasak atau mandi. Udara panas dikeluarkan di luar ruangan, mengurangi suhu ruang tanpa menggunakan sistem pendingin udara. Kipas pada alat ini meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan kelembaban, bau, dan kontaminan.

Namun semua manfaat Exhaust Fan tidak akan Anda rasakan jika kipas tersebut bermasalah. Umumnya ada dua masalah yang sering mendera yakni:

  • Jika kipas tidak terpasang dengan benar, panas dan kelembaban mungkin keluar ke area lain di rumah. Jika unit tidak terisolasi dengan benar, udara yang ditarik dari interior dapat hilang di loteng rumah, yang dapat menyebabkan masalah kelembaban.
  • Pemasangan yang buruk dapat menyebabkan kipas mengeluarkan bunyi berisik saat beroperasi. Kebisingan pengoperasian ini terkadang membuat penghuni tidak ingin menggunakan exhaust untuk beberapa aktifitas seperti mandi dan memasak. Padahal tidak menggunakan kipas angin jenis ini akan menyebabkan masalah kelembaban di rumah, bau yang tersisa, dan kualitas udara dalam ruangan yang buruk.

Jenis-Jenis Exhaust Fan

Jenis-Jenis Exhaust Fan

Tidak banyak orang menyadari bahwa kualitas udara yang buruk dapat berimplikasi negatif pada tubuh manusia, dengan menyebabkan sejumlah penyakit seperti alergi, sakit kepala, atau asma. Selain itu kurangnya aliran udara biasanya menyebabkan masalah seperti jamur, kerusakan pada dinding dan furnitur.

Karena itu, memiliki Exhaust Fan akan sangat membantu mengurangi  resiko dari kualitas udara yang buruk. Ada banyak jenis Exhaust yang tersedia di pasaran dengan jenis dan manfaat yang berbeda. Anda bisa memilih salah satu yang dinilai paling pas dengan kebutuhan rumah. Berikut ulasannya:

Kipas Exhaust Terpasang di Dinding

Model ini paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dipasang di dinding bagian dalam rumah dengan kipas yang mengarah keluar rumah. Udara kotor didalam rumah akan disedot oleh kipas kemudian dibuang keluar rumah. Jenis exhaust ini sering kita temukan di kamar mandi atau dapur.

Kipas Exhaust Eksterior

Mirip dengan kipas yang terpasang di dinding, kipas jenis ini benar-benar mengeluarkan udara di dalam gedung dan mengeluarkannya di luar. Kipas eksterior sangat cocok untuk mereka yang tidak suka suara bising, seperti pada exhaust yang dipasang di dinding. Sebab suara bisingnya dilepaskan di luar rumah.

Kipas Exhaust Terpasang di Langit-Langit

Jika Anda memiliki kamar di lantai atas yang membutuhkan aliran udara yang lebih baik, kipas yang terpasang di plafon adalah pilihan terbaik. Exhaust ini dipasang ke langit-langit ruangan, dan bekerja mengeluarkan udara di dalam melalui lubang di langit-langit. Kipas jenis ini lebih sering digunakan gedung perkantoran.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Seputar NJOP untuk Urusan Properti!

Exhaust Dapur

Ini adalah tambahan umum di banyak dapur, karena sangat berguna untuk dipasang di atas kompor. Kipas exhaust adalah cara terbaik untuk menghilangkan aroma tak sedap yang melekat di dapur mana pun. Alat ini juga sangat cocok untuk mengurangi tingkat kelembaban dapur.

Exhaust Kamar Mandi

Exhaust Kamar Mandi

 

Setelah mandi atau ketika mandi terutama dengan air hangat, kelembapan akan menumpuk di permukaan ubin dan cermin kamar mandi. Memasang exhaust di kamar mandi akan memastikan bahwa kelembaban yang dihasilkan dari penguapan air pana akan mudah hilang. Selain itu, exhaust untuk kamar mandi biasanya berukuran lebih kecil dibanding jenis lainnya.

Exhaust Inline

Jika memiliki ruangan dengan lubang ventilasi yang sangat minim, maka exhaust inline adalah pilihan yang tepat.  Kipas ini dipasang di sela-sela saluran, sehingga udara buruk dikeluarkan melalui saluran. Biasanya apartemen yang padat banyak menggunakan kipas jenis ini.

Exhhaust dengan Lampu

Sebenarnya fungsi dan cara kerja kipas yang satu ini sama dengan jenis lainnya, yang membedakan adalah penambahan lampu saja sehingga menimbulkan kesan ada sumber cahaya lainnya.

Baca juga: Rumah Minimalis: Intip Tren Terbarunya

Itulah beberapa jenis Exhaust Fan yang mesti Anda pertimbangkan untuk melengkapi isi rumah dan menjadikan udara di rumah lebih bersih dan sehat.

Comments are closed.