Sebearapa Penting Fungsi Gudang di Dalam Rumah?

properti

Sebenarnya fungsi Gudang di rumah beraneka ragam. Namun, Paling banyak digunakan untuk menyimpan barang yang sudah tidak berfungsi lagi.

Saat membangun sebuah rumah kita berharap mendapatkan hunian yang nyaman ditinggali. Karena itulah rumah akan dibuat senyaman mungkin. Mulai dari memilih desain sesuai selera, pemilihan warna dan material terbaik serta interior yang membuat nyaman. Namun seringkali pemilik rumah melupakan bagian penting yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang yakni gudang.

Fungsi gudang sendiri dalam sebuah rumah sebenarnya sebagai ruang penyimpanan, umumnya untuk benda-benda yang tidak lagi terpakai. Tidak heran jika gudang di rumah-rumah acapkali terlihat kotor karena jarang dibersihkan, sudah seperti ruangan sampah. Padahal jika di tata sedemikian rupa, fungsi gudang juga dapat dijadikan sebagai pemanis rumah.

Baca juga: 9 Jenis Tanaman Gantung yang Wajib Ada di Rumah

Manfaat Gudang di Rumah

Gudang sering diremehkan oleh pemilik rumah. Bahkan keberadaannya kerap menjadi momok menakutkan karena dipenuhi barang-barang lama tak terpakai yang tidak terawat. Tidak jarang akhirnya gudang menjadi tempat hewan pengerat seperti tikus berkembang biak. Membuatnya seakan menjadi tempat yang tidak fungisional.

Padahal fungsi gudang ini cukup penting. Bahkan beberapa orang menciptakan gudang untuk melindungi karya seni bernilai tinggi atau koleksi barang-barang antik mahal. Tidak heran jika sang pemilik rumah harus melindungi huniannya dengan asuransi propertiĀ yang dapat melindungi rumah dan juga isinya jika terjadi risiko tak terduga.

Berikut adalah beberapa manfaat memiliki gudang di rumah:

Sebagai Tempat Penyimpanan Benda Tak Terpakai

Jika Anda memiliki pakaian, sepatu, alat-alat dapur atau alat elektronik yang jarang dipakai namun masih berkualitas baik, disinila fungsi gudang berperan. Gudang bisa menjadi tempat Anda mengatur alat-alat yang masih berfungsi tersebut. Tata sedemikian rupa agar ketika dibutuhkan tidak perlu waktu lama untuk mencarinya.

Sebagai Tempat Penyimpanan Benda Terpakai

Apakah Anda tipe orang yang menginginkan kamar tidur luas tanpa lemari penyimpanan? Nah salah satu fungsi gudang juga dapat Anda gunakan sebagai lemari penyimpanan pakaian khusus untuk seluruh anggota keluarga. Sehingga masing-masing ruangan tidur anggota keluarga dapat lebih lega dan tertata.

Manfaat Gudang di Rumah

Trik Menata Gudang

Meski fungsinya hanya sebagai tempat penyimpanan, namun gudang yang rapih ternyata bisa memberi kesan ruang yang nyaman. Kuncinya adalah tata letak yang baik dan perawatan secara berkala. Begini trik menata gudang agar terlihat lebih rapi dan nyaman:

Gunakan Box Penyimpanan yang Dapat Disusun Secara Vertikal dan Horizontal

Aturan pertama untuk menghindari tampilan gudang yang berantakan adalah menggunakan box untuk menyembunyikan barang-barang lama yang sudah tidak terpakai. Susun meninggi atau memanjang di lantai. Jika menyusun secara meninggi pastikan barang yang kemungkinan masih digunakan

Kontainer berbahan plastik bisa Anda jadikan pilihan. Bahan ini selain mudah dibersihkan juga cenderung awet atau tahan lama dari serangan binatang pengerat maupun kelembapan udara yang merusak barang-barang. Sebaiknya pilih ukuran kontainer sedang untuk memberi kesan simetris, hindari kontainer berukuran besar yang membuat ruang terasa makin sesak.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya HGB ke SHM

Kategorisasi

Seperti perpusatakaan disekolah yang disusun berdasarkan jenis buku,gudang juga sebaiknya menerapkan pola yang sama. Misalnya Anda bisa menaruh buku-buku lama dibagian paling belakang, sementara perkakas dapur yang kemungkinan lebih sering digunakan diletakkan dibagian depan. Gunakan pemisah bisa dengan tripleks berawarna atau apapun yang mudah Anda kenali dan bedakan. Kategorisasi ini juga membuat ruangan terkesan lebih rapi dan aestetik.

manfaat Ruang Gudang

Gunakan Lemari

Memiliki banyak benda-benda kecil yang sayang untuk dibuang karena penuh kenangan? Jika tak ingin menaruhnya di kontainer Anda bisa menempatkan sebuah lemari kecil dibagian sudut ruangan yang berfungsi menampung benda-benda kecil seperti album foto, koleksi pita hitam, console dan lain sebagainya. Bahan lemari bebas, namun upayakan untuk memilih bahan plastic saja yang tidak rentan dimakan jamur. Kunci menata gudang adalah menghindari benda kecil berserakan tanpa tempat.

Hindari Penumpukan

Karena gudang berisi barang-barang lama yang sangat berdebu, penting untuk memastikan ventilasi udara didalam ruangan tetap baik. Karena itu hindari penumpukan container hingga menutup bagian jendela atau ventilasi dan jangan menempatkan wadah disekitar pintu gudang yang membuatnya sulit dibuka atau ditutup. Jika masalahnya adalah terlalu banyak barang, mungkin Anda bisa memilah kembali mana yang bisa dibuang dan mana yang mesti dipertahankan di gudang.

Tips Merawat Ruang Gudang

Tips Merawat Ruang Gudang

Fungsi gudang memang menjadi tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai, tapi bukan berarti membiarkannya terlihat kotor dan menjadi sarang kecoa, serta binatang pengerat seperti tikus. Untuk mencegah berbagai masalah yang sering mendera gudang rumah ikuti tips dibawah ini:

Buat Banyak Ventilasi

Salah satu masalah paling berat dari adanya gudang adalah kelembapan yang tinggi, yang dapat merusak isi gudang terutama yang terbuat dari kertas dan kayu. Untuk menjaga gudang selalu kering cobalah untuk membuat banyak lubang ventilasi atau jendela yang rutin Anda buka di pagi hari. Jangan lupa untuk rutin membersihkan bagian ventilasi ya untuk mengahalau debu yang dapat merusak isi gudang.

Lapisi Lantai

Lantai gudang juga menjadi bagian yang riskan menimbulkan jamur yang merusak isi gudang. Untuk mengansitipasinya gunakan alas lantai berbahan vinil yang bisa menjaga ruangan tetap kering. Sementara untuk dindingnya Anda bisa melapisinya dengan cat waterproof sehingga tidak mudah kotor saat memasukkan barang-barang baru. Lakukan pengecatan setahun sekali untuk menjaga kualitasnya tetap baik. Meski gudang tidak ditinggali oleh penghuni rumah namun kondisinya harus tetap terjaga baik bukan?

Hindari Celah

Kecoa, rayap, dan tikus dalah beberapa binatang yang kerap mendatangi gudang. Untung menghindari datangnya binatang ini pastikan cahaya matahari masuk ke gudang secara maksimal agar jamur dan rayap tidak berkembang biak. Serta hindari adanya celah pada kotak penyimpanan yang bisa dijadikan sebagai tempat bersarang tikus. Anda juga bisa menaruh cairan pengusi serangga dan tikus yang dapat diganti secara berkala.

Baca juga: Tip Mengajukan KPR Syariah dengan Mudah

Itulah beberapa trik menjaga dan merawat gudang agar tidak berubah menjadi tempat pembuangan akhir sampah. Ingat, jika dirawat dan ditata dengan baik, gudang malah bisa menjadi tempat penyimpanan barang yang memberikan nilai seni sebuah hunian.

Comments are closed.