Bingung Menentukan Lokasi Kantor yang Strategis? Begini Tipnya!

properti

Demografi klien, akses yang mudah, dan lingkungan yang kondusif untuk berbisnis adalah syarat utama lokasi kantor yang ideal, terutama untuk perusahaan rintisan.

Apakah Anda sedang berencana memulai bisnis dan tengah mencari lokasi kantor yang tepat? Mencari kantor kedengarannya seperti tugas yang sederhana, tapi sering diabaikan dan diremehkan. Hal pertama yang harus diingat ketika memilih ruang kantor adalah lokasi. Sayangnya, orang cenderung mengabaikan yang penting dan langsung puas dengan ruang di bawah standar dengan harga murah.

Dasar budaya perusahaan Anda dimulai dengan lingkungan kerja yang sehat. Kesalahan dalam memilih ruang kantor dapat dengan mudah dilakukan ketika seseorang tidak berhati-hati. Dalam jangka panjang, memilih lokasi yang salah tidak hanya menyumbat kemajuan bisnis tapi juga merusak kesehatan dan kesejahteraan karyawan Anda.

Baca juga: Kiat Menjajal Bisnis Properti yang Sukses dan Menjanjikan

Bangunan kantor juga memiliki nilai jual yang besar. Oleh karena itu, agar tetap terjaga, tidak ada salahnya bangunan tersebut dilindungi dengan asuransi properti. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti perlindungan akibat kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, dan lain sebagainya.

Tip Memilih Lokasi Kantor

Sebagai pemilik bisnis atau pengusaha, memilih lokasi kantor yang tepat adalah tugas yang berat. Ada banyak faktor yang mesti dipertimbangkan agar bisnis semakin berkembang di lokasi yang baru. Selain lokasi kantor, tata ruang menjadi hal selanjutnya yang mesti diputuskan.

Sebagai pengusaha Anda wajib memilih lokasi ruang kantor yang ideal untuk kebutuhan perusahaan dan ruang kerja. Berikut adalah beberapa faktor yang mesti Anda pertimbangkan.

Sesuaikan dengan Demografi Konsumen

tip menentukan lokasi kantor

Ketika Anda tengah memilih lokasi kantor untuk bisnis, Anda harus selalu mempertimbangkan segmen pasar. Mungkin klien Anda adalah profesional muda, baby boomer; atau penyedia layanan untuk bisnis lain. Apa pun masalahnya, pertimbangkan apakah area yang Anda pertimbangkan untuk menyewa ruang kantor masuk akal bagi Anda dan bisnis. Apakah populasi kota yang Anda tuju memiliki cukup banyak anggota audiens target Anda? Mengetahui hal ini dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda mencari di lokasi yang tepat.

Kenyamanan

Faktor kenyamanan juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Sebisa mungkin temukan lokasi kantor yang accesable, artinya dilewati oleh beragam angkutan masal, seperti kereta dan bus. Selain itu pastikan lokasinya tidak jauh dari pusat transportasi, misalnya bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki. Hindari lokasi yang terlalu jauh dari pusat bisnis, kendati mungkin lebih nyaman dengan harga sewa murah, tapi lokasi yang terlalu jauh akan membuat klien sulit menuju ke kantor Anda.

Banyak bisnis mengandalkan lalu lintas pejalan kaki dan visibilitas untuk menarik pelanggan baru. Jika Anda berada jauh dari daerah padat penduduk, ini akan jauh lebih sulit dilakukan. Membuatnya mudah dan nyaman bagi klien baru dan yang sudah ada untuk menemukan dan mendatangi Anda adalah faktor penting dalam mempertimbangkan lokasi kantor.

Biaya

Sebelum memutuskan lokasi yang ideal, hitung dulu kemampuan bayar sewa kantor. Ingat biaya sewa gedung di tiap daerah bisa berbeda-beda, semakin banyak pilihan tentu akan semakin bagus. Kota-kota yang berbeda juga dapat memiliki peraturan dan anggaran rumah tangga yang berbeda, yang dapat memengaruhi keuntungan Anda.

Di sisi lain, berbagai kota menawarkan insentif ekonomi yang berbeda untuk bisnis. Cari informasi lebih banyak diberbagai kawasan yang tidak hanya memberikan kemudahan akses namun juga berbiaya sewa rendah. Tapi pastikan ya meski biaya sewa rendah fasilitas yang ditawarkan tetap memenuhi kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Tip dan Cara Menggunakan Wallpaper Dinding

Keamanan

Sebelum Anda menandatangani perjanjian sewa kantor, luangkan waktu untuk mencari tahu seberapa aman lingkungan baru Anda. Periksa data kejahatan setempat dan bicaralah dengan pebisnis lokal lain di daerah tersebut untuk mengetahui tingkat pembobolan, perusakan, dan kejahatan lainnya di daerah tersebut.

Keselamatan juga menjadi pertimbangan bagi karyawan dan pelanggan Anda. Saat mengunjungi calon lokasi kantor, lihat seberapa baik penerangan di dekat kantor dan ketersediaan parkir. Jangan ragu untuk mempertanyakan soal pengaturan keamanan kepada pihak pengelola gedung.

Infrastruktur

memilih lokasi kantor

Ketika Anda mulai melihat ruang kantor tertentu, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan kebutuhan infrastruktur Anda. Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan? Tata letak apa yang paling cocok untuk bisnis Anda? Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan fasilitas apa saja yang ada di area setempat. Jika Anda sering mengajak klien makan siang atau minum kopi, apakah ada pilihan yang baik di dekat Anda?

Beberapa faktor infrastruktur utama lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih gedung perkantoran meliputi:

  • Teknologi (telepon, internet, dll.)
  • Layanan surat dan pengiriman
  • Layanan penerimaan
  • Ruang rapat dan konferensi
  • Aksesibilitas
  • Dapur dan kamar mandi
  • Parkir dan transit

Lokasi Kompetitor

Keberadaan kompetitor di sekitar lokasi kantor kadang bisa memacu bisnis Anda untuk bertumbuh. Namun bisa juga mengancam kelangsungan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda adalah pemasaran media sosial dan ada tiga perusahaan lain yang melakukan hal yang sama persis di gedung kantor Anda, kemungkinan besar Anda akan kehilangan beberapa klien dan staf. Terutama jika pesaing menawarkan produk yang lebih berkualitas.

Image perusahaan

lokasi kantor yang strategis

Kantor Anda adalah bagian dari cara Anda menyajikan bisnis Anda kepada dunia. Anda harus menganggap ruang kantor Anda sebagai alat pemasaran. Kantor merupakan representasi bisnis dan Anda secara personal. Cobalah melihatnya dari mata klien Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan konsultan kelas atas, bisnis potensial dapat ditangguhkan oleh lokasi industri yang tadinya edgy. Namun, lokasi yang sama mungkin memiliki tampilan sempurna untuk perusahaan teknologi yang sedang naik daun.

Jika Anda melihat bangunan kantor bersama, perhatikan pemeliharaan area komunal dan kesan keseluruhan bangunan juga. Buatlah kesan high-end untuk menarik klien kelas atas. Namun sebaliknya jika target pasar Anda adalah UKM pastikan lokasi berada dikawasan yang mudah terjangkau oleh mereka dan membuat mereka nyaman.

Baca juga: Manfaat dan Jenisnya Exhaust Fan yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa tips memilih lokasi kantor, ingat ya lokasi menentukan kemajuan bisnis Anda. Jadi jangan asal memilih karena harga sewa yang murah, tapi juga pertimbangkan masa depan perusahaan.

Comments are closed.