Tip dan Cara Merawat Rumah Agar Tetap Indah dan Kokoh

properti

Merawat rumah dimulai dari memastikan area bebas dari sampah, mengecek kualitas eksterior dan interior rumah serta melakukan pembersihan secara berkala.

Rumah bisa jadi harta berharga dan pembelian paling mahal dalam hidup Anda. Rumah menjadi tempat yang paling nyaman dan menciptakan kenangan indah. Karena itulah sebuah hunian harus di desain sesuai selera para penghuninya. Namun, rumah akan kehilangan nuansa hangatnya jika Anda tidak merawat rumah dengan baik.

Hujan, panas, debu dan air merupakan ancaman utama yang berisiko membuat rumah menjadi rusak. Menjaganya tetap dalam kondisi baik adalah hal wajib. Namun merawat rumah malah menjadi aktifitas yang sering diabaikan. Lantaran kita terlalu sibuk dengan kegiatan lain yang menyita waktu seperti mencuci, memasak dan bekerja.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Membangun Rumah

Merawat rumah sering diabaikan karena dianggap hal sepele. Padahal jika ada sedikit kerusakan dan  dibiarkan, kerusakan ini bisa melebar dan menyebabkan kerugian yang lebih besar. Terlebih jika rumah baru saja mengalami bencana, seperti kebanjiran atau diserang binatang pengerat semacam tikus.

Menjaga rumah agar tetap indah dan kokoh bukan hanya dari diri Anda, tetapi alangkah baiknya lagi jika Anda melindungi aset ini dengan asuransi properti. Sebab, Anda atau siapa pun tidak ada yang bisa menebak kapan risiko itu datang.

Adanya proteksi ini, tentu sangat menjaga dan membantu finansial Anda jika terjadi hal buruk yang menimpa rumah Anda.

Tip dan Cara Merawat Rumah

Tip dan Cara Merawat Rumah

Sebenarnya merawat rumah adalah tugas mudah, selama Anda melakukannya perlahan tidak sekaligus. Atau jika tidak sanggup melakukan perawatan berkala seorang diri tidak ada salahnya menyewa jasa tenaga ahli di bidang ini. Umumnya para ahli melakukan perawatan hunian dengan cara dibawah ini:

Cegah Kebocoran Rumah

Kebocoran pada saluran air bisa memakan biaya tinggi, karena itulah penting untuk menajaga bagian yang satu ini untuk memperkecil resiko kerusakan yang parah. Terutama ketika musim penghujan datang yang membuat debit air naik dibagian atap rumah. Periksa barang-barang ini secara teratur.

  • Pompa bah: pastikan pompa bekerja dengan baik. Cadangan baterai yang digunakan saat pemadaman listrik berfungsi sebagai asuransi yang baik terhadap bencana dan merupakan alternatif yang jauh lebih murah daripada ruang bawah tanah yang banjir.
  • Talang, downspouts, dan saluran air: pastikan tidak ada penyumbatan. Membersihkan selokan selama musim hujan akan membantu menjaganya tetap bersih dan fungsional.
  • Pastikan jendela disegel dengan benar.
  • Bak mandi, pancuran, toilet, dan bak cuci: periksa segel dan ganti seperlunya.
  • Periksa tanaman dan grading di sekitar rumah untuk memastikan air akan mengalir jauh dari rumah. Jika halaman depan Anda menggunakan semen maka ini akan menjadi potensi banjir, sebaga ganti gunakan paving block yang dapat menyerap air lebih cepat dan banyaklah menanam pohon untuk menjaga vegetasi alam di lingkungan rumah.

Kontrol Tingkat Kelembaban

Tingkat kelembaban rumah tangga yang tinggi dapat menyebabkan jamur dan bahaya kesehatan serius. Kelembaban yang berlebihan juga dapat menarik tikus dan serangga ke dalam rumah. Untuk mencegahnya perhatikan bagian ventilasi atau jendela. Jika terlalu kotor atau sering basah ini menunjukan udara didalam rumah terlalu lembab. Anda bisa menyiasatinya dengan rajin membuka jendela di pagi hari dan membersihkannya secara berkala dengan cairan pembersih khusus.

Baca juga:  5 Alasan Mengapa Background Putih Adalah Pilihan Terbaik

Jaga Kebersihan Udara

Debu juga dapat menciptakan bahaya kesehatan dengan memicu alergi atau masalah asma. Bersihkan debu dan vakum ruang Anda secara teratur atau sewa layanan pembersihan rumah yang berpengalaman. Anda juga dapat membeli pembersih udara khusus jika memilih hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Bila perlu mulailah menempatkan tanaman indoor, seperti anggrek, sri rejeki atau sirih gading yang terbukti dapat menyaring polusi udara didalam rumah dan menggantinya dengan udara bersih.

Jaga Kebersihan AC

Pendingin udara juga dapat menjadi sebab kualias ruangan menjadi buruk, terutama ketika mesin sudah tak bisa berfungsi menyaring udara kotor, karena hawa dingin yang dikeluarkan justru dapat membahayakan kesehatan kita. Setidaknya periksa dan service AC Anda setiap 3 bulan sekali untuk memastikan kualitasnya terjaga.

Bersihkan Lantai Anda Secara Teratur

merawat rumah dengan menjaga kebersihan

Menyedot lantai Anda setiap minggu atau setidaknya setiap minggu akan membantu menghilangkan debu, bulu, dan kotoran. Pembersihan secara teratur akan memperpanjang umur lantai seperti karpet, laminasi, kayu keras, atau bahan lainnya.

Jaga Ventilasi Pengering Anda Tetap Bersih

Saluran dan ventilasi pengering yang tersumbat dapat menyebabkan kebakaran. Penting untuk membersihkan ventilasi setiap tahun dan mengganti saluran pengering interior bergaya akordeon lama dengan saluran berbahan logam. Setelah saluran dibersihkan, pengering Anda akan beroperasi lebih efisien juga.

Bersihkan Kipas Langit-Langit dan Kipas Kamar Mandi

Tips merawat rumah selanjutnya adalah membersihkan kipas. Memiliki kipas langit-langit dapat membantu menjaga udara di ruangan Anda tetap bersirkulasi dan mungkin menurunkan biaya energi. Pastikan bilah kipas bersih, sehingga Anda tidak menghirup debu yang mengumpul pada kipas. Kipas kamar mandi mengurangi akumulasi kelembaban di kamar mandi Anda.

Periksa Komponen Eksterior

menjaga kualitas cat

Periksa cat secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan serius dan semuanya dalam kondisi baik. Cat membantu melindungi rumah Anda dari terpaan panas dan hujan. Dapatkan pendapat dari inspektur rumah Anda atau perusahaan atap terkemuka tentang kondisi sirap Anda atau bahan atap lainnya. Mereka dapat memberi tahu Anda jika ada kerusakan.

Bersihkan Sarang-Sarang Binatang

Tikus, lebah, tawon, nyamuk, dan bahkan laba-laba dapat membuat bahaya kesehatan, jadi pastikan untuk tetap menjaga rumah dari binatang-binatang ini. Jangan biarkan sampah didapur menumpuk karena ini dapat memancing binatang pengerat datang. Atau jika kondisi rumah riskan akan rayap yang dapat merusak furnitur, maka sebaiknya bicarakan hal ini dengan agen asuransi untuk melihat cakupan apa yang Anda miliki dan apa yang direkomendasikan, dan jika Anda memiliki masalah serius dengan hama, mintalah rujukan ke perusahaan pengendalian hama profesional.

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Kayu Jati Belanda, Sudah Tahu?

Itulah beberapa tips merawat rumah yang direkomendasikan para ahli. Dengan menyadari pentingnya merawat rumah resiko kerusakan dapat diperkecil. Buatlah jadwal pemeliharaan rumah secara berkala. Jika tidak mampu mengatasinya sendiri sebaiknya sewa jada profesional. Rumah Anda harus menjadi tempat yang aman dan bahagia yang membuat Anda betah dirumah. Pemeliharaan yang tepat akan membuat keluarga Anda lebih senang berlama-lama di rumah.

Comments are closed.