10 Langkah Tepat Mewarnai Rumah

AsuransiLifestyle & Leisureproperti

Poin penting dalam mewarnai rumah adalah memilih warna yang tepat, gunakan cat berkualitas tinggi, alat yang tepat, dan teknik pewarnaan yang benar.

Seringkali Anda merasa bosan dengan nuansa rumah yang itu-itu saja. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengubah suasana adalah dengan mewarnai rumah, menambahkan beberapa detail baru yang menyegarkan mata. Misalnya mengganti cat dinding dengan warna yang lembut atau malah mengubahnya menjadi lebih klasik dengan mengaplikasikan warna-warna monokrom.

Idealnya mewarnai rumah dilakukan oleh seorang profesional. Namun, jika dana yang ada tidak mencukupi, Anda pun bisa mewarnai dinding rumah seorang diri.  Pastikan semuanya harus hati-hti ya, sebab rencana yang kurang matang dan teknik pewarnaan yang keliru berpotensi membuat tembok rumah menjadi rusak. Menjaga kondisi rumah supaya tetap nyaman bukan hanya dari mengganti warna cat tembok saja, tetapi rumah dan juga harta benda yang ada di dalamnya juga dibutuhkan perlindungan yang ekstra.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Seputar NJOP untuk Urusan Properti!

Sejauh ini, asuransi properti menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi rumah dan barang-barang berharga lainnya. Nah, kabar gembira untuk Anda, Futuready telah menghadirkan produk baru untuk Anda yang ingin melindungi barang-barang berharga di dalam rumah ataupun properti Anda. Yuk, dapatkan asuransi properti yang Anda butuhkan di Futuready.

10 Langkah Tepat Mewarnai Rumah

Karena bukan seorang profesional dalam merwarnai rumah, sebaiknya minta saran kepada ahli terlebih dulu. Jika itu tidak memungkinkan, Anda aplikasikan 10 tips di bawah ini.

Membuat Rencana Matang

Mulailah dengan memikirkan hasil akhir yang Anda inginkan. Bayangkan tampilan baru pada ruangan yang sesuai harapan Anda. Pertimbangkan mengecat dinding dengan warna-warna berani atau kontras. Selain itu, pertimbangkan juga untuk mewarnai sudut-surut rumah agar pandangan Anda jauh lebih segar. Coba diskusikan dengan beberapa ahli dekorasi ruangan mengenai keinginan Anda mengubah suasana ruangan. Mereka dapat memberikan rekomendasi untuk pemberian warna yang sesuai.

Pilihan Warna

pemilihan warna yang tepat

Kalau Anda ingin menampilkan kesan rumah yang biasa saja, mulailah dengan mencari tahu karakteristik warna yang umumnya digunakan tetangga sebelah. Pilihan lainnya, Anda bisa memilih warna hangat, seperti warna-warna pastel. Pilihan warna ini cukup umum dijumpai di Indonesia. Jika ingin lebih mencolok bisa memilih warna merah, hijau, atau biru. Pemilihan warna putih juga bagus dilakukan jika ingin menampilkan kesan netral.

Ingat, pilihan warna rumah juga dapat mempengaruhi harga jual rumah ya. Semakin menarik dan indah, bisa saja harga rumah menjadi meningkat. Lakukan pengujian warna lebih dulu untuk menemukan yang paling ideal. Jangan sampai menyesal ketika cat sudah diaplikasikan ke seluruh ruangan.

Pilih Alat & Bahan

pemilihan bahan dan alat

Sangat tidak mungkin bagi orang awam seperti kita memiliki peralatan mewarnai rumah yang lengkap layaknya professional. Anda hanya perlu melengkapi yang penting-penting saja. Setiap bagian rumah yang akan diwarnai membutuhkan peralatan berbeda, tergantung jenis cat yang dipilih dan kondisi dinding. Namun, umumnya beberapa peralatan yang mesti dikantongi adalah sebagai berikut:

  • Cat
  • Roller cat
  • Tiang ekstensi rol cat
  • Kain
  • Kuas cat
  • Baki cat
  • Ampelas
  • Pita pelukis
  • Kain
  • Kape

Menentukan Banyak Cat yang Dibutuhkan

Baik untuk kebutuhan perwarnaan eksterior maupun ruangan lain, umumnya jumlah cat yang diperlukan adalah satu galon per 400 kaki persegi. Namun, itu hanya pedoman kasar, untuk mendapatkan angka yang lebih tepat, gunakan kalkulator cat yang juga memperhitungkan ukuran jendela dan pintu.

Anda mungkin membutuhkan cat tambahan saat memilih warna gelap ke terang. Selain itu, dalam hal lain, basis warna yang dalam cenderung membutuhkan lebih banyak lapisan cat daripada warna yang lebih terang. Sebaiknya gunakan primer berwarna abu-abu ke permukaan dinding sebelum dicat dengan warna yang lebih terang. Jika Anda mengecat permukaan yang sangat bertekstur, belilah sedikit tambahan cat, setidaknya sekitar 10 persen lebih dari yang diperhitungkan.

Baca juga: Produk Finansial yang Wajib Anda Miliki di Masa Depan

Kosongkan Ruangan yang Akan Dicat

Saat akan mulai mewarnai dinding sebaiknya kosongkan ruangan dengan mengeluarkan semua perabotan. Jika tidak memiliki ruang lain yang bisa digunakan, tempatkan seluruh perabot dan barang ke bagian tengah ruangan dan tutupi dengan kain lap atau lembaran plastik ringan untuk melindunginya dari setiap tetesan cat.

Pastikan Kebersihan Area yang Akan Dicat

Cat tidak akan menempel dengan baik pada permukaan yang kotor atau kasar, jadi pastikan untuk membersihkan dinding dan trim dengan benar. Pastikan untuk mengampelas (atau mengikis sesuai kebutuhan) cat yang mengelupas untuk menciptakan permukaan yang solid. Kayu atau kusen yang membusuk dan material lain yang rusak sebaiknya diganti. Sebab jika dibiarkan justru akan merusak lapisan cat. Ganti pelapis dinding atau trim kayu dengan komponen baru.

Kombinasikan Berbagai Warna

Kombinasikan Berbagai Warna

Jika ingin mendapatkan kesan yang berbeda Anda bisa memilih kombinasi warna. Gunakan tongkat cat kayu untuk mengaduk cat. Untuk memadukan beberapa kaleng dengan warna cat yang sama, sebaiknya gunakan wadah yang lebih besar, seperti ember lima galon. Hal ini dilakukan untuk memastikan warna yang seragam ketika diterapkan pada eksterior rumah.

Lakukan Teknik Mewarnai Rumah dengan Benar

Jika Anda tengah berusaha menutupi dinding gelap dengan rona yang lebih terang, gunakan tiga lapis cat, yaitu warna primer ditambah dua lapis warna baru untuk memastikan tidak ada yang tembus. Gunakan teknik mewarnai dari atas ke bawah untuk membantu mengontrol garis-garis. Memang tetesan cat tidak bisa dihindari meskipun sudah dilakukan dengan teknik yang tepat, tapi setidaknya dapat mengurangi resiko kecelakaan berupa tumpahnya cat ke arah kita.

Pastikan Ventilasi Baik

Pastikan ruangan yang sedang Anda warnai berventilasi baik dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan. Sebab, ruangan dangan kondisi lembab akan membuat cat lebih lama mengering.

Lakukan Pembersihan

Setelah cat mengering tugas terakhir yang harus Anda lakukan adalah memastikan pewarnaan sempurna dengan menyingkirkan cipraan kering, atau bekas cat berwarna lain yang menempel pada dinding. Untuk cat berbasis lateks dan air, cara membersihkannya, yaitu menggunakan sikat, sabun, dan air, sedangkan cat berbasis minyak butuh air mineral.

Baca juga: Simak Langkah Memulai Pola Hidup Sehat Sejak Dini!

Itulah beberapa langkah yang mesti Anda jalani ketika akan mewarnai rumah. Semoga tip di atas bisa membantu Anda yang sedang mengubah warna rumah menjadi lebih indah dan sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba.

Comments are closed.