Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang Polycarbonate

properti

Polycarbonate adalah bahan plastik yang sangat transparan, tapi lebih kuat dari kaca. Bahan ini sering digunakan untuk industri pembuatan rumah, bangunan, dan kacamata.

Polycarbonate merupakan salah satu material yang ada dihampir semua benda yang kita sentuh. Bahkan mungkin secar tidak sadar, sekarang ini Anda sedang menyentuh material yang berbahan dasar polycarbonate atau yang kerap disebut PC.  Bahan ini sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan kacamata, perangkat medis, suku cadang mobil, perlengkapan pencahayaan, DVD dan Blu-Rays.

PC populer karena kemampuannya mentransmisikan cahaya  seefektif kaca, tapi dibanderol dengan harga lebih ekonomis. Selain itu sifatnya yang lentur juga memungkinkan PC dibentuk menjadi apa saja pada suhu kamar tanpa retak atau pecah. Hal ini karena polycarbonate memiliki elemen “amorf”. Bagian “termoplastik” mengacu pada sifat polikarbonat dan plastik serupa lainnya untuk menjadi cair pada titik lelehnya.

Baca juga: Tip Membeli Perabotan di Toko Furniture

Fakta-Fakta Tentang Polycarbonate

Jika kini Anda tengan membangun rumah dengan tema pencahayaan maksimal, tentunya membutuhan elemen kaca sebagai atap rumah. Namun sifatnya yang rapuh dan harganya yang mahal sering membuat pengeluaran membengkak. Anda bisa memilih polycarbonate sebagai alternatif pembuatan atap rumah.

Meskipun bahan-bahan bagunan yang Anda pilih sudah terbaik, tapi tidak ada salahnya untuk menyempurnakan dengan asuransi properti. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika terjadi risiko buruk menimpa rumah atau properti Anda.

jenis-jenis Polycarbonate

Apa saja keunggulan bahan polycarbonate ini? Simak pada ulasan soal fakta-fakta tentang PC berikut ini:

Mudah Dibentuk

PC diklasifikasikan sebagai “termoplastik” , dan namanya ada hubungannya dengan cara plastik merespons panas. Bahan termoplastik menjadi cair pada titik lelehnya (155 derajat Celcius dalam kasus polycarbonate) yang membatnya dapat dipanaskan sampai titik lelehnya, didinginkan, dan dipanaskan lagi tanpa degradasi . Inilah yang membuat polycarbonate dapat didaur ulang. Alhasil harganya dipasaran lebih miring dibanding kaca.

Mengandung Filter Sinar UV

Polycarbonate adalah plastik yang sangat transparani dan memiliki ketahanan terhadap dampak tinggi cahaya matari. Tak heran jika PC sering disebut sebagai filter sinar UV alami, sehingga sering digunakan sebagai bahan dasar kacamata. Penggunaan PC sudah tersebar di berbagai industri seperti bahan baku bangunan, diffusers dan pipa ringan untuk LED dan juga kaca mata.

Baca juga: Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai

Rentan Terhadap Goresan

Meski PC menjadi bahan dasar pembuatan kacamata karena daya tahan tinggi. Namun, ternyata PC ini sangat rentan dengan goresan. Sebuah material yang dibuat dari polycarbonate ketika tergores tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan PC ulang. Karena itulah para pelaku industri yang menggunakan PC menyiasatinya dengan menambahkan anti gores, khususnya untuk produk kacamata.

Ramah lingkungan dan Mudah dibersihkan

Polycarbonate adalah bahan plastik yang sangat ramah lingkungan karena mudah didaur ulang dan dibentuk sesuai kebutuhan. Selain itu proses perawatannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu rutin membersihkan dengan sabun dan bilas dengan kain basah maka permukaan PC dapat kembali mengkilap layaknya kaca.

Fakta-Fakta Tentang Polycarbonate

Berbahaya untuk Beberapa Produk

Beberapa jenis polikarbonat tertentu diketahui berbahaya jika mengalami kontak langsung dengan makanan. Hal ini karean adanyapelepasan Bisphenol A (BPA) selama hidrolisis (degradasi karena kontak material dengan air) . Jenis polikarbonat yang paling umum dibuat dibuat dengan kombinasi BPA dan COCl2, namun ada polikarbonat bebas BPA yang diklaim aman untuk tempat makanan.

Namun sebenarnya klaim ini masih jadi pro dan kontrak, sebab sebagian besar penelitian yang dilakukan pemerintah menunjukkan BPA sebagai risiko berbahaya bagi kesehatan. Sementara hasil berbeda didapat oleh penelitian yang dilakukan para pegian industri medis, yang menemukan bahkan resiko PC untuk tempat makanan lebih rendah atau tidak ada risiko medis sama sekali.

Itulah beberapa fakta mengenai PC yang patut Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai bagian dari material hunian Anda. Pastikan PC yang sudah dilengkapi dengan UV filter dan bergaransi.

Jenis-Jenis Polycarbonate

Lembaran polycarbonate dikembangkan pada pertengahan abad ke-20 oleh GE dan Bayer dan berkembang pesar hingga saat ini. Pasar plastik saat ini menampilkan berbagai pengembang yang masing-masing memiliki formula dan proses produksi PC yang unik. Berikut adalah beberapa detail tentang beberapa variasi modern dan penggunaannya yang umum.

PC Padat dan Bertekstur

Jenis PC yang satu ini dikenal berkualitas tinggi dan memiliki kekuatan dampak 250 kali dari kaca dengan ketebalan yang sama. Bahan ini hampir tidak bisa dipecahkan. Lembaran ini sejernih kaca dan mentransmisikan sekitar 90% dari sinar matahari, sekaligus menjauhkan radiasi UV yang berbahaya.

Tersedia juga dalam pola tekstur timbul yang terlihat seperti kaca buram. Baik jenis padat atau bertekstur, PC dapat tahan terhadap cuaca ekstrem dan memiliki ketahanan terhadap panas dan bahan kimia, yang memungkinkannya digunakan dalam berbagai aplikasi indoor dan outdoor. Kualitas lain yang diperlihatkan lembaran ini termasuk ringan, fleksibel, tahan lama, dan kenyamanan penyimpanan, pengangkutan dan pemotongan/pengeboran.

Jenis-Jenis Polycarbonate

PC Bergelombang

Jenis PC bergelombang bahkan lebih kuat dibanding jenis padat, karena lebih tahan terhadap benturan.  PC bergelombang adalah bahan yang paling cocok digunakan industri perumahan dan gudang. Lembaran bergelombang dapat bertahan pada cuaca apapun lebih baik daripada lembaran kaca, dan mampu mempertahankan sifat optik untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya HGB ke SHM

PC Multiwall

Salah satu lembaran polycarbonate paling serbaguna. Multiwall polycarbonate – dibuat dari resin polycarbonate berkualitas tinggi yang memastikan kekuatan dampak tinggi dengan transparansi yang sangat baik dan ringan.  Biasanya dibentuk dengan sistem kaca, yang membuatnya sangat transparan namun tetap memfilter radiasi UV. Bahan ini memastikan penerangan yang optimal jika diaplikasikan sebagai atap rumah. Multi-dinding dapat mentolerir kondisi cuaca ekstrem. Penggunaan PC multiwall ini juga ditengarai dapat menghemat energi karena dapat mempertahankan suhu udara ruangan, sehingga penggunaan AC mauapun pemanas dapat dikurangi.

Itulah beberapa jenis bahan atap rumah dari polycarbonate yang bisa Anda pertimbangkan. Sebaiknya diskusikan dengan arsitek Anda sebelum menentukan pilihan.

Comments are closed.