Berniat Sewa Kantor? Pahami dulu Hal-Hal Berikut Ini!

properti

Memulai bisnis tidak harus memiliki gedung perkantoran sendiri, karena sudah ada jasa sewa kantor yang menawarkan fasilitas lengkap dengan harga bersahabat.

Sebuah perusahaan bisnis berbadan hukum idealnya memiliki perkantoran, baik berupa gedung maupun ruangan sederhana. Keberadaan kantor menunjukkan adanya manajemen yang baik yang mendukung seluruh sistem kerja perusahaan. Sayangnya tidak semua pemilik bisnis memiliki keuangan yang baik untuk memiliki gedung perkantoran sendiri.

Namun ada alternatif lain yakni memilih jasa sewa kantor. Biasanya kantor yang disewakan ini berupa gedung tinggi yang didalamnya berisi banyak perusahaan. Anda bisa menyewa beberapa lantai atau bahkan hanya satu ruang saja, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Baca juga: Tip dan Cara Merawat Rumah Agar Tetap Indah dan Kokoh

Menariknya, saat Anda menyewa sebuah kantor, jangan lupa untuk melindunginya dengan asuransi properti. Sebab jika ada kebakaran, pencurian atau kerusakan lain kerugian, Anda tidak terlalu merugi karena ada santunan dari perusahaan asuransi yang menjamin hal tersebut.

Jenis-Jenis Ruang Perkantoran

 

Kantor telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang memiliki arti tempat kerja, kamar kerja, ruang kerja, biro, markas, instansi, badan, perusahaan maupun tempat untuk menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian data.

Sementara tujuan didirikannya kantor adalah menjadi media atau wadah yang memberikan sistem pelayanan berupa komunikasi dan penyimpanan data. Kantor juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang mengerjakan sesuatu untuk mencapai target atau tujuan sebuah perusahaan.

Kantor memiliki fungsi khusus antara lain:

  • Menerma informasi dari luar, yaitu berupa surat, panggilan telepon, pesanan, faktur, dan laporan bisnis
  • Menyimpan dan dan informasi kantor yang berfungsi sebagai kamar data perusahaan
  • Mengolah informasi. Setiap informasi yang masuk kebagian kantor akan diolah untuk kemudian dijadikan sumber manajemen.
  • Melindungi aset. Kantor juga berfungsi melindungi aset perusahaan, seperti data-data penting baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy.

Jenis-Jenis Perkantoran

Jenis-Jenis Ruang Perkantoran

Kantor bisa berupa ruangan kecil, satu lantai di sebuah gedung atau seluruh bangunan. Menariknya semakin beragamnya industri kerja dengan budaya kerja berbeda, mendorong terciptanya jenis-jenis perkantoran dan bahkan sudah banyak jasa sewa kantor yang biasanya ditawarkan hanya untuk keperlukan meeting atau seminar kerja.

Berikut adalah enis-jenis perkantoran yang bisa Anda sewa.

Ruang Korporat

Ruang korporat ini menyajikan sebuah kantor yang menawarkan peralatan lengkap mulai dari meja individu, ruang kecil, kantor eksekutif, kabin manajer, dan area yang ditunjuk untuk pertemuan, diskusi, konferensi, konferensi video, pelatihan dan acara/kegiatan lainnya.

Ruang tersebut Mereka dirancang agar sesuai dengan gaya kerja tradisional dan beroperasi sesuai aturan yang ditetapkan seperti aturan berpakaian, pengaturan waktu, disiplin, dan kontrol manajemen atas operasi. Kantor-kantor ini berada di bawah sektor real estat terorganisir dan karenanya memiliki biaya tetap yang tinggi.

Perkantoran Non Perusahaan

Biasanya tipe perkantoran ini tidak mengikat satu perusahaan dalam artian dapat disewa oleh siapapun yang membutuhkan tempat untuk bekerja. Harga sewa kantor untuk jenis perkantoran yang satu ini sangat bersahabat dan biasanya dihitung harian.

Ruang non-perusahaan didorong oleh konsep kerja fleksibel dan cenderung tren karena dukungan infrastruktur teknologi yang kuat, sifat bayar per penggunaannya, dan kebijakan “tanpa aturan”. Kantor non-perusahaan sering dijadikan alternatif untuk para komunitas maupun organisasi sosial dengan manajemen yang memerlukan ruang kerja khusus.

Perkantoran Alternatif

Perkantoran jenis ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang hanya menerima proyek sementara jangka pendek. Biasanya perkantoran ini dibangun di tengah pusat bisnis. Setiap ruangannya dilengkapi dengan berbagai peralatan seperti ruang rapat / konferensi, kantor situs, atau situs klien, tergantung pada jenis pekerjaan. Sayangnya sewa kantor untuk jenis perkantoran yang satu ini cenderung mahal. Hal ini karena pilihan lokasi yang berada di tengah pusat bisnis.

Jenis-Jenis Ruang Perkantoran

Co-working Space

Co-working space kini semakin populer. Ruang kerja bersama membuat Anda merasa seperti sedang bekerja di kedai kopi tempat Anda bisa bersantai lebih lama, menikmati secangkir kopi dan suasana yang menyenangkan, dan bekerja siang atau malam. Ini adalah pengaturan paling populer untuk bisnis atau startup baru, dengan satu atau lebih dari satu anggota tim, dan juga freelancer dan spesialis.

Istilah co-working space berlaku untuk berbagi ruang kerja dengan pekerja atau pemilik bisnis dan perusahaan rintisan dengan berbagai latar belakang dan perusahaan. Salah satu keuntungan dari ruang kerja ini adalah cara kerja yang fleksibel, yang berarti Anda dapat pergi ke sana kapan saja dan bekerja.

Hal yang menyenangkan dari Co-working Space adalah ruang yang dirancang nyaman ditambah fasilitas yang cocok untuk start up, freelancer, desainer, geek, mahasiswa yang bekerja, pengusaha berpengalaman dan profesional.

Keuntungan lain adalah Anda tidak perlu membeli perabot kantor karena Ruang Kerja Bersama dilengkapi dengan fasilitas seperti internet wi-fi, meja dan kursi, printer, telepon, faks, dan dispenser kopi.

Kantor Virtual

Ketika Anda menginginkan kantor resmi di kawasan bisnis utama di kota Anda, tetapi tanpa harus secara fisik ada di sana setiap hari, Anda dapat memilih untuk memiliki Kantor Virtual. Ketika Anda ingin bisnis Anda terdaftar di distrik utama, dicari, dan terkenal dengan lebih sedikit biaya atau pengeluaran, maka Kantor Virtual adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Baca juga: Jenis-Jenis Material Plafon Rumah dan Cara Memperbaikinya

Sewa kantor jenis Ini sangat populer dikalangan pebisnis yang fleksibel bekerja dan beroperasi secara internasional. Di Indonesia masih jarang ditemui perkantoran jenis ini. Sementara dibelahan negara lain, ada kantor virtual yang kini tengah naik daun, yakni Regus. Kantor virtual ini memiliki gedung kantor di lebih dari 3.000 lokasi di 120 negara. Kantornya berlokasi di AS, Inggris, Kanada, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, Eropa, dan Asia-Pasifik dan Asia Tenggara.

Salah satu fitur utama yang ditawarkan perkantoran virtual adalah ketika klien dan pelanggan menelepon nomor trunkline atau kantor Anda, ini akan dijawab oleh resepsionis profesional penuh waktu Anda sendiri, yang akan meneruskan panggilan kepada Anda atau ke departemen terkait. Setelah surat diterima, Anda akan diberi tahu oleh resepsionis. Selain itu, ketika Anda memiliki pertemuan bisnis dengan klien penting, VIP atau investor potensial, Anda dapat menggunakan Ruang Rapat Eksekutif atau Ruang Rapat.

Biaya Sewa Kantor

Biaya Sewa Kantor

Sebenarnya setiap gedung perkantoran yang memberi layanan sewa kantor menetapkan harga yang berbeda. Beberapa faktor yang menjadi pembeda antara lain fasilitas dan lokasi. Tentu, semakin strategis lokasi semakin mahal harga sewanya. Umumnya gedung perkantoran ini membuat rate harga sewa kantor untuk permeter yang dibayar perbulan.

Sebagai gambaran Satrio Tower yang berlokasi di Jl. Prof.Dr. Satrio C4 Jakarta Selatan, Jakarta, Indonesia misalnya menetapkan harga sewa kantor mulai dari Rp200 ribu per meter/bulan. Atau ada pula Sona Topas Tower yang sudah berdiri sejak 90-an ini menawarkan harga sewa kantor Rp150 ribu per meter/bulan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya HGB ke SHM

Secara umum rata-rata harga sewa kantor di daerah jakarta dimulai dari Rp150 ribu per meter/bulan, untuk harga maksimalnya bisa mencapai jutaan rupiah. Informasi ini tentunya dapat menjadi masukan yang bagus buat Anda yang tengah mencari gedung perkantoran yang disewakan. Selamat mencari dan memilih!

Comments are closed.