Tip Membeli Perabotan di Toko Furniture

properti

Tentukan barang yang akan dibeli dan menentukan prioritas adalah aturan penting ketika kita memasuki toko furniture. Jangan gelap mata melihat potongan harga karena kebutuhan lebih penting dibanding keinginan.

Bagi keluarga khususnya ibu rumah tangga toko furniture adalah surga. Dari sekian banyak kemewahan yang ada, toko furniture seringkali menempati urutan pertama dalam daftar toko yang mesti dikunjungi setiap akhir pekan. Namun bukan perkara mudah mendatangi toko perabotan tanpa tujuan yang jelas.

Berbagai perabotan rumah tangga seperti tempat tidur, sofa, lemari dan bahkan hal kecil seperti sikat gigi seringkali dibanderol dengan harga tinggi. Namun karena bentuknya yang unik dan menggoda membuat banyak ibu lupa diri. Alhasil niat untuk belanja hemat justru gagal dan membawa pulang furniture dalam jumlah besar.

Baca juga: Tahapan Dalam Renovasi Rumah yang Harus Diperhatikan

Melengkapi rumah dengan perabotan bermerek dan lengkap bukanlah dosa besar, selama keuangan Anda mendukung. Namun, rumah Anda jangan hanya dilengkapi dengan furnitur saja, tatapi ada baiknya juga dilindungi asuransi properti bisa meminimalisirkan kerugian akibat risiko tak terduga.

Tip Membeli Perabotan di Toko Furniture

Agar tidak kecolongan ketika berkeliling toko furniture, sebaiknya Anda mengetahui cara belanja hemat perabotan rumah tangga. Selain tetap bisa belanja dengan nyaman dan bebas, tips ini dapat membantu keuangan keluarga lebih seimbang. Mari simak satu persatu.

Tip Membeli Perabotan di Toko Furniture

Tetapkan Anggaran

Sofa, Kasur, kursi dan meja merupakan barang-barang yang bernilai mahal jika Anda sedang dekorasi rumah. Jelas, menetapkan anggaran di awal proses akan membantu Anda fokus pada apa yang mampu dibeli. Faktor-faktor yang mempengaruhi anggaran pembelian, yaitu:

  • Desain: Asli, reproduksi atau adaptasi?
  • Bahan: Kayu asli, pelapis atau campuran?
  • Produksi: Buatan tangan atau diproduksi massal?
  • Perincian: Ukiran tangan atau cetakan plastik?
  • Pengiriman & Penyimpanan: Pra-rakitan atau siap dirakit di rumah?

Tentukan Kebutuhan

Setelah Anda memiliki anggaran, tentukan daftar kebutuhan. Mengganti kursi yang rusak merupakan kebutuhan, sedangkan membeli ruang makan yang indah mungkin saja berupa keinginan.

Kuncinya adalah prioritas. Sadar bahwa Anda tidak harus memiliki semuanya sekaligus. Berpikir panjang dan keras sambil membuat daftar prioritas Anda. Apa pun yang  diputuskan, ingatlah bahwa toko furniture akan selalu menerima pesanan model apapun, jadi jangan takut menunda pembelian hingga dana segar datang.

Baca juga: Tip dan Cara Merawat Rumah Agar Tetap Indah dan Kokoh

Pertimbangkan Gaya Hidup

Gaya hidup mampu memengaruhi pemilihan furniture dan juga warna. Contohnya warna putih yang dirasa kurang pas Anda yang memiliki anak atau hewan peliharaan. Sebab warna putih sangat mudah ternoda dan kotor.

Pertimbangkan Ketersediaan Ruang Anda

Untuk memastikan furnitur baru, pastikan sudah disesuaikan dengan ruangan yang ada di rumah Anda. Sebelum membeli furniture, pastikan Anda sudah mengukur ruangan yang akan didekorasi. Selain itu, Anda juga sudah tahu posisi mana saja yang akan Anda letakan furnitur sehingga ketika sampai di toko furnitur Anda sudah tahu apa saja yang ingin dibeli.

Tip Membeli Perabotan di Toko Furniture

Pilih Sesuai Selera

Saat memasuki toko furniture sebaiknya jangan fokus pada perabotan yang diskon. Padahal model tersebut tidak Anda sukai. Sebaliknya sebelum memutuskan untuk membeli apapun, pertimbangkan apa yang paling Anda sukai. Sebagai pertimbangan beberapa model furniture yang biasa dijual dipasaran, yaitu:

  • Menampilkan barang-barang antik dan reproduksi gaya antik, jok damask, ceri, dan mahoni.
  • Menampilkan warna-warna berani, garis-garis tajam, aksen logam dan / atau kaca.
  • Menampilkan warna-warna bersahaja, sofa / sofa empuk, aksen kayu di kayu ek, pinus, maple.
  • Memiliki bantal lembut, cetakan bunga, dan kayu yang dicat.
  • Menampilkan perpaduan gaya dan periode.

Hal tersulit menghadapi barang yang sesuai selera adalah ketika harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Namun, jika memang harganya terlalu tinggi tetapi secara fungsional Anda membutuhkannya, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Toko Furniture Offline atau Online?

Bagi masyarakat Indonesia membeli perabotan secara online masih menjadi hal baru dan banyak yangs udah mencobanya. Namun, ada juga yang masih memilih belanja offline dengan mengujungi toko furniture. Alasannya karena dapat melihat secara detail furniture yang akan dibeli.

Apakah Anda masih bingung belanja perbotan secara online atau offline? Berikut perbandingannya.

Waktu

Belanja online jelas unggul dalam segi waktu, pasalnya konsumen bisa bebas melihat koleksi perabotan kapan pun dan dimanapun. Sementara toko offline biasanya hanya membuka layanan selama 10 jam kerja saja. Sehingga kesempatan untuk melihat kualitas bahas secara detail lebih sedikit.

Toko Furniture online

Harga

Kini toko online sedang gencar memberi diskon, yang tak ayal membuat pasar furniture lebih menarik secara online. Biasanya bukan hanya harganya yang lebih rendah dibanding offline, toko furniture online juga kerap memberikan gratis biaya ongkir yang sulit ditemukan pada toko offline.

Kualitas

Sangat sulit menilai kualitas perabotan yang dijual secara onlinee sebelum kita benar-benar menggunakannya. Hal ini berbeda dengan pembelian perabotan secara offline karena Anda bisa melihat bahkan mencobanya  langsung sebelum memutuskan untuk membeli.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Background Putih Adalah Pilihan Terbaik

Kesimpulannya, membeli perabotan baik itu secara online ataupun offline memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Jadi semua bergantung pada kenyamanan dan selera masing-masing. Terpenting, baik belanja online maupun offline harus sama-sama memiliki tujuan belanja yang jelas agar kita tidak terjebak dalam perilaku konsumtif.

Comments are closed.