Tip dan Cara Menggunakan Wallpaper Dinding

properti

Ada banyak tipe dan cara menggunakan wallpaper dinding untuk ruangan rumah. Mulai dari setengah dinding, seluruh dinding, menggunakan nuansa lembut , hingga warna-warna bold.

Wallpaper dinding adalah salah cara membuat visual ruangan di rumah kita lebih segar. Berbeda dengan teknik pengecatan yang memakan waktu lama, teknis menghias dinding dengan wallpaper ini sangat mudah dilakukan karena hanya bermodal model wallpaper yang unik dan pas dengan nuansa rumah kita.

Kita bisa dengan mudah mendapatkan ragam walpaper dinding di online shop dan juga toko perkakas rumah tangga. Selain mudah didapat pemasangannya juga tidak perlu melibatkan profesional. Karena kita sendiripun bisa memasangnya dirumah dengan syarat teliti dan hati-hati.

Baca juga: Keunikan Rumah Joglo yang Belum Banyak Diketahui

Rahasia menggunakan wallpaper pada dinding yang pas adalah memilih paduan warna dan corak yang senada dengan cat di ruangan wallpaper digunakan, serta teknik pemasangan yang tepat. Nah jika Anda sedang ingin menata ruangan dengan nuansa baru, boleh jadikan wallpaper pada dinding sebagai pilihan.

Tip Memilih Wallpaper Dinding

Selain wallpaper untuk menambah kesan seni didalam rumah tambah hiasan lain seperti lukisan bernilai tinggi. Jangan takut lukisan rusak atau dicuri, berikan saja proteksi dengan asuransi properti.  Rata-rata proteksi untuk properti menawarkan manfaat perlindungan untuk karya seni dari resiko kerusakan akibat banjir, kebakaran serta pencurian. Pastikan yang beli asuransi di lembaga yang terpercaya.

Karena lukisan cukup menguras kantong, wallpaper jadi pilihan ideal dan efektif mengubah ruangan menjadi berbeda, kita perlu selektif memilih mana yang terbaik. Buat yang awam dengan persoalan dekorasi ruangan begini tips yang benar memilih wallpaper untuk dinding.

Pilih Jenis Wallpaper yang Tepat untuk Kebutuhan

Tip Memilih Wallpaper Dinding

Source: Dekoruma.com

Ada berbagai macam warna dan gaya wallpaper untuk dipilih. Vinyl dinding sangat bagus untuk area dengan kelembapan tinggi seperti dapur dan kamar mandi. Untuk tempat-tempat yang tetap kering seperti kamar tidur dan lorong, yang terbaik adalah menggunakan kertas dan kain non-anyaman.

Pilih Corak Sesuai Keinginan

Wallpaper untuk dinding itu dibuat dengan banyak corak, ada tema floral, polos atau polkdot misalnya. Sebaiknya lakukan riset kecil sebelum membawanya ke keranjang belanjaan. Pikirkan bagaimana nanti corak itu ditempelkan di dinding kamar apakah menambah kesan nyaman atau justru membuat ruangan terlihat sempit dan tidak tertata? Rata-rata konsumen Indonesia memilih corak bunga dengan warna-warna hangat seperti kuning dan pastel.

Pilih Perekat yang Tepat untuk Wallpaper

Baca juga: 10 Langkah Tepat Mewarnai Rumah

Ada perekat khusus untuk kertas tertentu, dan penting untuk mengetahui perbedaan antara kertas dan vinil. Periksa label pada wallpaper untuk mengetahui tipe perekat yang tepat.

Pertimbangkan Ukuran Wallpaper

Upayakan untuk tidak membeli wallpaper dengan ukuran pas, namun lebihkan satu atau dua gulungan sebagai cadangan jika penempelan salah, terlebih jika pemasangan tidak dilakukan oleh ahlinya. Cek kondisi kertas wallpaper karena harus benar-benar rata, jika tidak bakal nampak berantakan saat dipasang di dinding.

Itulah beberapa tips memilih wallpaper dinding. Setelah menentukan jenis wallpaper yang akan digunakan di ruangamu sekarang saatnya mengaplikasikan wallpaper di dinding kamar dan ruang tamu Anda.

Cara Menggunakan Wallpaper Dinding

Memasang wallpaper pada dinding sebenarnya dapat dilakukan oleh kita yang kurang berpengalaman dalam soal ini. Namun diperlukan ketelitian dan kesabaran karena elemen wallpaper mudah rusak jika kita terlalu semborono menempelkan wallpaper pada bagian dinding yang salah. Begini cara dan pemilihan wallpaper untuk dinding.

Tutupi Seluruh Dinding

Penggunaan wallpaper yang paling klasik adalah untuk menutupi semua dinding dalam suatu ruang. Kunci untuk membuatnya berfungsi adalah menghapus ingatan akan pola-pola norak tahun 1970-an dan motif bunga yang halus pada 1980-an dan berpikir dalam hal warna, pola, dan gaya kontemporer. Di kamar-kamar tertentu, kertas grafis yang berani dapat terlihat luar biasa menutupi semua dinding, sementara di kamar lain pola atau tekstur yang sederhana dapat menciptakan minat yang halus.

Tutupi Setengah Dinding

Cara Menggunakan Wallpaper Dinding

Source dekoruma.com

Meliputi bagian atas atau bawah dinding dengan wallpaper adalah cara yang bagus untuk menampilkan kesan beberda. Teknik pemasangan wallpaper pada dinding ini populer dalam beberapa dekade terakhir, dan lebih banyak diaplikasikan oleh mereka yang menyukai  gaya tradisional. Trik yang sangat populer adalah menutup bagian atas dinding dengan kertas dan memasang panel di bagian bawahnya. Cara ini memberi kesan klasik namun tidak pernah lekang oleh zaman.

Instal Dua Jenis Wallpaper di Satu Dinding

Tampilan yang benar-benar menarik dan berani melibatkan dua jenis wallpaper dalam satu dinding, yakni bagian atas dan bawah. Teknik memasang wallpaper ini sulit dilakukan, namun hasilnya selalu mencengangkan. Pertimbangkan pola-pola kontras seperti garis-garis dan toile, atau chevron dan damask, dalam warna-warna yang kuat.

Jika ingin kesan yang lebih halus cari  pola atau nuansa yang serupa dan sederhana. Karena mencampurkan dua jenis wallpaper yang berbeda, berhati-hatilah ketika memilih kombinasi. Semua pola harus saling melengkapi dan tidak menimbulkan kontras satu sama lain.

Buat Dinding Fitur

cara memasang wallpaper dinding

Source: Grid.id

Dinding fitur wallpaper adalah cara yang bagus untuk membuat atau meningkatkan titik fokus. Ini menarik perhatian dan menciptakan fitur yang mencolok. Anda bisa menciptakan nuansa ruangn menjadi lebih berani atau lebih halus, pastikan saja tiap wallpaper diruangan tidak saling berebut titik fokus l(Ketika ada lebih dari satu titik fokus, mata menjadi bingung dan itu menciptakan rasa tidak nyaman). Coba pasang wallpaper di dinding di belakang TV atau perapian, atau tempat lain yang menarik secara alami.

Wallpaper langit-langit

Umumnya langit-langit rumah hanya dicat putih sederhana dan kemudian dibiarkan sendiri sampai ada kebocoran. Tapi langit-langit, atau dinding kelima seperti beberapa orang menyebutnya, memberikan nuansa baru  dan menciptakan tampilan yang unik.

Tidak ada salahnya mencoba memasang wallpaper pada dinding untuk langit-langit rumah Anda. Pilih pola yang sangat dekoratif atau berani. Jangan sia-siakan usaha untuk sesuatu yang halus. Tapi karena wallpaper pada dinding ini sangat mudah menggelembung atau terkelupas, sebaiknya gunakan jasa pemasang profesional.

Mebel Decoupage

Maksudnya adalah memasang wallpaper pada furnitur rumah. Namun pemasangan wallpaper pada furnitur ini hanya akan berhasil diterapkan pada furniture polos seperti peti laci atau meja konsol. Perlu diingat bahwa kertas tidak harus memiliki pola jadi Anda bisa memiliki wallpaper tanpa pola dan mengandalkan warna yang menarik saja. Anda juga bisa menerapkan teknik ini untuk rak buku yang sering dipajang di ruang tamu.

Baca juga: Tips Menata Dapur Minimalis

Itulah beberapa cara atau teknik pemasangan wallpaper pada dinding agar bisa membuat tampilan ruangan rumah lebih menarik.

Comments are closed.