Cara Pemilihan Westafel yang Tepat. Ini Kriterianya!

properti

Westafel dengan ujung bulat berbahan stainless steel paling direkomendasikan. Selain karena mudah dibersihkan bahannya juga tahan lama meski sering tergores peralatan dapur yang keras.

Westafel adalah bagian terpenting dari sebuah dapur yang memastikan seluruh peralatan dapur selalu bersih. Namun, westafel tidak hanya berfungsi sebagai tempat membersihkan berbagai peralatan, tapi juga berfungsi untuk memberikan nuansa berbeda yang menjadikan sebuah dapur lebih hidup.

Umumnya orang-orang memilih westafel dengan bentuk persegi. Namun, ada juga beberapa rumah yang mencoba mengaplikasikan westafel dalam bentuk lain untuk menciptakan keunikan tersendiri, misalnya dalam menciptakan dapur yang senada pemilihan westafel tidak boleh sembarangan.

Dalam pemilihan westafel pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain mengikuti konsep rumah, pemilihan bahan juga harus diperhatikan. Meskipun tren masa kini mengacu pada berbagai bentuk minimalis, tidak ada salahnya kita memilih sesuatu yang berbeda, seperti konsep alami dan klasik. Pemilihan tema dapur juga akan mempengaruhi bahan westafel yang akan kita pilih, sebab setiap bahan dapat memancarkan efek yang berbeda-beda.

Baca juga: Tip Menata Dapur Minimalis

Keindahan dapur menjadi daya tarik dari suatu rumah. Mungkin Anda termasuk dari sebagian orang yang rela mengeluarkan buget besar untuk menciptakan dapur yang berkonsep sesuai keinginan Anda. Namun, alangkah baiknya lagi jika rumah Anda yang sudah terkonsep dengan sempurna ini dilindungi asuransi properti yang memberikan perlindungan finansial dari risiko kerugian yang mungkin saja terjadi pada rumah Anda, seperti kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, atau risiko lainnya.

Jenis-Jenis Bahan Pembuat Westafel

Ketika memilih sesuatu selalu ada standar umum yang digunakan orang untuk menilai sebuah produk baik atau tidak. Begitupun juga ketika kita tengah mencari bahan pembuatan westafel. Beberapa kriteria bahan yang tepat dijadikan tempat pencucian piring adalah sebagai berikut.

Stainless Steel

bahan pembuat westafel

Ini adalah bahan yang sangat tahan lama dan mudah dibersihkan. Anda hanya perlu menyikatnya dengan rutin untuk menjaga kebersihan. Sayangnya, jika kualitas air di lingkungan Anda buruk bisa menyebabkan noda kekuningan bahkan hitam yang mengganggu pandangan. Stainless steel adalah material klasik yang hampir tidak bisa dihancurkan,yang membuat jadi sangat fleksibel sehingga bahan dasarnya bisa dibentuk untuk gaya tradisional atau modern.

Porselen

Bahan dasar yang satu ini sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Jikapun masih ada yang menggunakannya biasanya karena keseluruhan dapur menerapkan tema vintage. Tidak seperti bahan stainless yang terbatas pada pilihan warnanya. Porselen memiliki koleksi jutaan warna yang tidak terbatas. Minusnya, porselen mudah kotor dengan meninggalkan tanda hitam. Panci logam juga bisa meninggalkan bekas hitam atau lecet yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Manfaat dan Jenisnya Exhaust Fan yang Perlu Anda Ketahui

Granit

Terbuat dari partikel granit dan polimer, bahan ini tahan goresan. Namun, pada beberapa model membutuhkan perawatan khusus. Beruntungnya westafel dari bahan granit tidak cepat berkarat, meski berada dibawah aliran air berkualitas buruk.

Batu alam

Bahan ini mungkin jarang dipakai mayoritas pemilik rumah karena harganya yang sangat mahal. Penggunaan batu alam dimaksudnya untuk menampilkan kesan alami. Selain mahal bahan ini juga mudah tergores dan retak sehingga membutuhkan produk pembersih khusus. Jika kebetulan tema rumah Anda adalah elegan namun alami, penggunaan bahan dasar batu alam ini bisa jadi pilihan.

Cara Memilih Westafel yang Tepat

Cara Memilih Westafel yang Tepat

Karena tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama untuk dapurnya. Kemungkinan perkara tempat pencucian piring ini juga akan berbeda tiap rumah tangga. Tapi, umumnya beginilah cara memiliki westafel:

Pilih Dua Bak atau Lebih dengan Ukuran Berbeda

Kalau dapur Anda cukup luas sebaiknya memiliki lebih dari satu bak pencucian piring. Misalnya, yang satu berukuran besar dan satunya berukuran sedang. Dua baskom di wastafel dapur memungkinkan kita melakukan tugas terpisah, seperti membersihkan piring dan mencuci bahan masakan.

Idealnya penggunaan baskom ini juga tidak dicampur. Jadi satu baskom khusus hanya untuk mencuci piring, dan lainnya untuk membasuh makanan saja. Untuk ukuran sebenarnya bergantung kepada kenyamanan masing-masing, jika ruang masih lega boleh juga pertimbangkan 2 baskom berukuran besar.

Atau jika memungkinkan tambahkan baskom hingga 4-5 buah. Ini akan sangat bermanfaat ketika Anda sedang memasak untuk acara besar yang melibatkan lebih dari satu orang yang memasak.

Pilih Model dengan Ujung Bulat

Banyak pemilik rumah menganggap wastafel dengan model ujung melengkung lebih mudah dibersihkan daripada yang memiliki tepi persegi. Jika tampilan ramping dan minimalis adalah gaya dapurmu, ini mungkin bukan tampilan yang Anda cari. Sebab gaya minimalis lebih sering mengusung bentuk-bentuk dengan sudut tajam.

Jika Anda mencari westafel dengan tujuan fungsionalnya, model ujung bulat adalah pilihan pas. Tapi jika ingin menampilkan estetika saja, lebih baik pilih model persegi yang kini sedang naik daun. Namun pemilihan model ini mengharuskan perawatan yang agak sulit.

Model

model wastafel

Ada berbagai model tempat pencucian piring yang bisa kita pilih, yaitu model satu kotak pembersihkan atau dua kotak. Biasanya penggunaan westafel dua kotak dipilih oleh mereka yang memiliki dapur besar. Untuk penggunaan satu kotak pembersihan piring lebarnya bisa mencapai 33 hingga 36 inci dan kedalamannya sekitar 8 hingga 10 inci.

Ada pula model tenggelam, yakni dengan kedalamannya lebih dari 10 inci. Sehingga Anda bisa membilas secara merata untuk berbagai peralatan masak yang superbesar. Biasanya pilihan bahan yang berbeda akan menentukan model yang berbeda pula.

Bahan

Saat memilih tempat pencucian piring sebaiknya pertimbangkan juga soal bahan pembuatannya. Wastafel dapur biasanya terbuat dari stainless steel, besi cor berlapis enamel, permukaan padat dan komposit. Jenis stainless masih menjadi pilihan utama masyarakat, karena kualitasnya dianggap lebih baik dibanding bahan lain.

Memang beberapa westafel berbahan dasar stainless steel sering memunculkan suara berisik. Namun hal ini dapat diatasi dengan penggunaan teknologi penyerapan suara.

Pemilihan keran

Berbicara seputar westafel atau tempat pencucian piring, memang sulit dipisahkan dari keran yang menjadi alat untuk mengalirkan air. Nah, keran ni juga jadi bagian penting yang sering membuat bingung, karena keberadaannya juga bisa mengubah tampilan dapur. Keran dengan katup cakram keramik dan bahan dasar kuningan padat dikenal paling tahan lama. Namun untuk penggunaan tinggi seperti dapur sebaiknya pilih keran dengan bahan krom, nikel yang dipoles, nikel, timah atau perungu.

Baca juga: Beli Rumah di Perumahan Subsidi? Ini Tipnya!

Itulah beberapa tips memilih westafel yang cocok dengan kebutuhan dan kondisi dapurmu. Ingat sebelum memutuskan membawa pulang, cobalah dulu menggunakan tempat pencucian piring itu selagi di toko, agar Anda bisa mempertimbangkan mana yang nyaman dan tidak. Jangan sampai karena menginginkan kesan estetika Anda mengesampingkan kenyamanan dan keamanan pengguna.

Comments are closed.