10 Persyaratan yang Harus Anda Siapkan Bila Ingin Membuat Paspor untuk Anak

Travel

Selain pilih asuransi perjalanan, kalau mau berlibur bersama Si Kecil ke luar negeri harus siap membuatan paspor untuk anak.

Berlibur bersama Si Kecil dan seluruh anggota keluarga besar, pastinya jadi agenda yang seru. Apalagi bila Anda bisa mengunjungi berbagai tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya. Artinya, akan banyak tempat yang bisa Anda eksplore bersama keluarga. Tentunya juga akan menjadikan agenda liburan ini ajang untuk edukasi untuk anak Anda.

Jadi, destinasi favorit mana saja yang biasa Anda jadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga? Bila Anda ingin bepergian lebih jauh lagi yaitu ke luar negeri ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Ya, salah satunya adalah paspor. Bukan hanya untuk Anda dan keluarga yang sudah dewasa. Anak Anda juga harus memiliki paspor.

SEMUA DAPAT DISKON! Traveling happy, tanpa tapi! Anda tinggal senang-senang selama perjalanan. Pilih asuransi perjalanan dan belanja dengan HARGA HEMAT di Futuready.com Gunakan kode promo TRAVEL10 dan langsung dapat DISKON 10%!

paspor untuk anak

Pasalnya, Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia mewajibkan anak usia 0-17 tahun untuk memiliki paspor sendiri jika ingin ke luar negeri. Jangan khawatir, caranya sangat mudah kok membuat paspor untuk anak. Apa saja yang perlu Anda siapkan untuk membuat paspor bagi si kecil? Di bawah ini ada setidaknya 10 persyaratan yang harus Anda persiapkan!

Catatan:

Dalam mempersiapkan berkas saat membuat paspor untuk anak, segala hal yang berhubungan dengan berkas orangtua, itu berarti harus menyiapkan berkas milik ayah dan ibu. Dalam artian dokumen-dokumen itu dibutuhkan keduanya, tidak bisa salah satu saja.

  1. Formulir Permohonan Paspor RI: Isi formulir ini dengan teliti dan benar.
  2. Akte Lahir: Siapkanlah berkas asli dan fotokopi dari akte lahir anakmu.
  3. KTP Orangtua: Siapkan KTP asli dan fotokopi dari identitas Kartu Tanda Penduduk Anda dan pasangan.
  4. Kartu Keluarga: Bawalah Kartu Keluarga yang asli dan yang telah difotokopi
  5. STTB (ijazah) atau Akte Lahir Orangtua: Ingat, akte lahir orangtua berarti dua buah akte: milik ayah dan ibu.
  6. Surat Kawin/Nikah Orangtua: Siapkan surat asli dan yang telah Anda fotokopi.
  7. Foto Kopi Paspor Orangtua: Fotokopi paspor orangtua yang dimaksud di sini adalah fotokopi paspor yang masih berlaku. Juga harus disertai keduanya, milik Anda dan pasangan. Jika paspor orangtua Si Anak sudah tidak berlaku, maka terlebih dahulu paspor orangtua harus diurus untuk kemudian menjadi syarat membuat paspor untuk anak.
  8. Paspor RI yang Lama: Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan penggantian paspor RI anakmu.
  9. Surat Pernyataan Tertulis: Lampirkan Surat Pernyataan Tertulis dari orangtua yang dibubuhkan materai Rp6.000 dan ditandatangani oleh ayah dan ibu dari Si Anak. Surat ini juga dijual di koperasi kantor Imigrasi sehingga Anda tidak perlu repot untuk membuatnya sendiri.
  10. Pemohon Melakukan Pembayaran: Syarat yang satu ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku (Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2009 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI). Biaya pembuatan paspor untuk anak adalah Rp255.000 Nggak sulit kan, Bu, membuat paspor untuk Si Kecil. Nah, bagaimana agar anak tenang saat ikut membuat paspor? Tunggu artikel berikutnya!

paspor untuk anak

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready.com

Sebelum pilih asuransi perjalanan terbaik, cek lalu bandingkan asuransi perjalanan biar Anda bisa mendapat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda. Semua produk pilihan di Futuready.com pastinya terjangkau dan dapat diskon.Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi!

Cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply