3 Daftar Masjid Terbesar di Dunia!

Travel

Memiliki nilai keindahan dan juga sejarahnya, ini tiga masjid terbesar di dunia yang perlu Anda ketahui.

Setiap agama memiliki bagunan suci yang dijadikan sebagai tempat ibadah. Salah satunya adalah masjid sebagai tempat ibadah umat Islam. Bagi negara yang mayoritas beragama Islam, pasti sudah tidak asing lagi dengan bangunan suci yang satu ini. Sangat dipastikan di setiap daerah bahkan hanya berjarak beberapa meter saja Anda sudah bisa menemukan bagunan ini. Sebagai tempat dan bangunan yang suci, tidak sedikit masjid dibuat sangat indah bahkan memiliki cerita sejarahnya masing-masing. Nah, berbicara tentang keindahan dan juga sejarah, berikut ini beberapa daftar masjid terbesar di dunia versi Futuready.com!

Masjid Terbesar di Dunia: Masjidil Haram – Mekkah

Masjid Al Haram (Masjidil Haram) adalah masjid terbesar dan termegah yang namanya sudah dikenal seluruh masyarakat di dunia. Di sana terdapat ka’bah yang menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang melakukan ibadah umrah atau haji. Tempat ibadah Masjid Al Haram ini menjadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi selama 24 jam, karena Masjid Al Haram selalu dipenuhi umat Islam yang melakukan ibadah di dalamnya, baik itu shalat atau tawaf. Keunikan masjid ini  jika dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya, yaitu tidak dipisahkannya antara jamaah pria dan wanita dalam beribadah di Al-Masjid Al-Haram ini.

Baca juga: Burj Khalifa Gedung Tertinggi Dunia

Masjid Terbesar di Dunia: Al-Masjid al-Nabawi, Arab Saudi

Salah satu masjid yangh tidak pernah sepi oleh umat berikutnya adalah Masjid Al-Nabawi. Masjid yang terletak di kota Madinah dan dibangun langsung atas perintah Nabi Muhammad ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Masjid Al-Nabawi memiliki sejarah yang cukup besar khususnya bagi Nabi Muhammad. Pasalnya tempat ini merupakan bekas rumah Nabi Muhammad yang ditinggali setelah Hijrah (pindah) ke Madinah pada 622 M. Masjid ini memiliki gaya arsitektur Islam klasik dan kontemporer. Salah satu spot terkenal yang mencirikan masjid ini adalah Kubah Hijau yang berada di tenggara masjid serta payung-payung yang menutupi sebagian area outdoor.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Masjid Terbesar di Dunia: Masjid Imam Reza, Iran

Berikutnya, masjid terbesar di dunia adalah Masjid Imam Reza atau yang sekarang disebut sebagai Masjid Shah. Terletak di Masyhad, Iran, masjid ini dibangun pada periode Safavi, di bawah perintah Shah Abbas dari Persia, dan menjadi bukti otentik dari peradaban arsitektur Islami Iran. Sejak dibangun pada 1611, masjid ini terlihat sangat megah karena warna yang dipilih dominasi berwarna perak dan emas. Masjid ini memiliki luas lebih dari 400 ribu meter persegi dan mampu menampung lebih dari 500.000 jemaat dalam waktu bersamaan. Itulah tiga masjid terbesar di dunia yang namanya sudah sangat terkenal dan bahkan menjadi salah satu tempat wisata religi umat muslim dunia. Nah, apakah Anda sudah pernah mengujungi salah satu dari ketiga masjid tersebut?

Comments are closed.