3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Travel

Liburan ke luar negeri memang sungguh mengasyikkan. Namun, untuk pergi ke sana ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan supaya liburannya menjadi nyaman dan menyenangkan.

Tidak dipungkiri, keindahan panorama suatu negara kerap menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan mengabadikan momen-momen indah selama di sana. Apalagi jika bisa mengenal lebih dalam kebudayaan dan adat istiadat negara itu, tentunya menjadi keuntungan plus untuk Anda selaku wisatawaan. Hal-hal tersebutlah yang akhirnya membuat orang ingin berliburan ke luar negeri.

Untuk liburan ke luar negeri, tentunya tidak semudah jika Anda ingin traveling di Indonesia karena Anda harus mengikuti setiap proses dan syarat-syarat khusus untuk liburan ke luar negeri. Selain tiket pesawat dan negera yang ingin dituju, apalagi sih hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum liburan ke luar negeri?

Liburan ke Luar Negeri Memerlukan Paspor dan Visa

Paspor merupakan identitas yang wajib dimiliki setiap warga negera Indonesia ketika ingin berkunjung ke luar negeri. Ini merupakan syarat wajib yang harus Anda urus terlebih dahulu. Untuk mengurus pembuatan paspor, Anda bisa kunjungi kantor imigrasi sesuai domisili KTP Anda. Namun, saat ini proses pembuatan paspor sangat mudah. Anda bisa mengajukan pembuatan paspor secara terlebih dahulu. Jika berkas-berkas Anda sudah lengkap dan diterima oleh pihak imigrasi, Anda tinggal membayar biaya pembuatan paspor di bank yang dianjurkan. Setelah itu, Anda bisa memilih waktu untuk datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang telah Anda sendiri tentukan. Anda datang ke kantor imigrasi hanya untuk wawancara dan foto saja. Cara ini sangat memudahkan Anda jika memliki aktivitas yang padat.

Baca Juga: Mau Bikin Paspor Harus Punya Tabungan Rp25 Juta, Apa Benar?

Selain paspor, Anda juga harus mengurus visa. Namun, sekarang tidak semua negara membutuhkan visa untuk para wisatawan asing. Sebelum Anda mengurusi visa, cari tahu dulu apakah negara yang Anda tuju memang harus membuthkan visa atau tidak karena saat ini sudah banyak negera-negara yang membebaskan visa untuk warga negera Indonesia jika ingin liburan ke luar negeri. Untuk mengurusi visa ini, Anda hanya bisa medatangi ke kedubes-kedubes sesuai negera yang ingin Anda kunjungi. Jangan kaget jika biaya yang nantinya Anda keluarkan cukup banyak karena untuk pembuatan visa memang membutuhkan biaya yang besar dan syarat utamanya adalah harus memiliki saldo rekening yang lumayan besar juga.

 

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik di Futuready!

liburan ke luar negeri

Rencana Perjalanan Selama Liburan ke Luar Negeri

Pastikan Anda membutuhkan tempat menginap selama berlibur, objek wisata apa saja yang ingin dikunjungi, dan akomodasi apa saja yang digunakan. Selain itu, Anda juga harus perhatikan keadaan cuaca di sana. Apakah cuaca di negara tersebut cukup aman untuk Anda berlibur. Jangan sampai karena iklim cuaca yang tidak mendukung menyebabkan liburan ke luar negeri Anda menjadi gagal.

Banyak alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencari informasi mengenai hal-hal di atas. Anda bisa baca dan tiru pengalaman-pengalaman orang yang sekarang ini secara khusus mereka tulis di akun blog pribadinya. Biasanya mereka dengan senang hati memberikan informasi-informasi untuk Anda. Ada yang bercerita trip secara backpacker atau ada juga yang akan merekomendasikan travel agent yang terbaik sehingga Anda tidak akan tertipu di negara orang.

Baca Juga: Cara Mudah “Packing” Menjelang Liburan

Tukar Uang

Masih banyak nih orang yang kelupaan untuk menukar mata uang negera destinasi liburran sehingga ketika waktu liburan ke luar negeri sudah tiba, Anda baru ingat jika belum menukarkan uang. Idealnya, wktu untuk menukarkan uang itu tiga hari sebelum berangkat. Sudah banyak jasa-jasa penukaran uang yang bisa Anda datangi. Namun, untuk hal ini juga Anda harus hati-hati karena tidak sedikit juga yang melakukan penipuan. Selain itu, nilai jual beli mata uang di setiap biro jasa penukaran uang berbeda-beda. Tentunya Anda harus sangat cermat dan mencari perbandingan ya sebelum menukarkan uang. Lebih baik menukarkan uang lebih dibandingkan kurang karena jika Anda mendadak menukar uang di sana, bisa jadi nilai tukar uangnya lebih mahal.

Baca Juga: Ikuti Cara Ini Jika Ingin Liburan Murah Ke Luar Negeri

Leave a Reply