4 Tradisi Unik Natal di Dunia yang Seru dan Meriah

Travel

Perayaan natal memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, setiap negara memiliki tradisi unik natal di dunia yang berbeda-beda.

Natal sudah di depan mata. Tentu seluruh umat nasrani di dunia sudah menunggu momentum ini datang. Sama seperti perayaan hari besar umat lainnya, setiap umat yang merayakan hari natal juga melakukan berbagai macam persiapan. Mulai dari mempersiapkan jasmani dan rohani, mendekor pohon natal, mempersiapkan aneka makanan yang menjadi ciri khas natal, kado natal yang akan dibagikan ke seluruh anggota keluarga, dan lain sebagainya.

Berbicara perayaan natal, tentu tidak pernah lepas dari kesan meriah. Suansana natal yang kental dengan warna merah, putih, perak, dan hijau ini sudah terhias di seluruh penjuru dunia. Setiap negara memang memiliki tradisi dan juga perayaan natal yang berbeda-beda. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa negara yang memiliki tradisi natal unik di dunia, lho. Kira-kira apa saja ya?

Tradisi Unik Natal di Dunia: Denmark

Ketika perayaan natal anak-anak kecil di dunia menunggu kedatangan Sinterklas untuk meminta hadiah. Suasana ini justru berbeda jika Anda merayakannya di Denmark. Setiap menyambut perayaan natal, anak-anak kecil di Denmark harus bermain peran menjadi kurcaci kecil yang setiap harinya mengganggu para penguhi rumah. Bermain peran ini dilakukan empat minggu sebelum natal atau masa Advent. Semakin mendekati hari natal, mereka akan semakin aktif menganggu penghuni rumah. Nantinya, ketika hari natal tiba, setiap kurcaci diharuskan membawa 3 hadiah sederhana yang menyenangkan bagi kurcaci lainnya. Biasanya mereka akan berkumpul dan merayakan natal bersama-sama. Meksipun semulanya kegiatan ini hanya keisengan semata, tetapi masyarakat Denmark sangat menikmati dan bahagia sehingga dijadikan sebagai salah satu tradisi unik natal di dunia.

Tradisi Unik Natal di Dunia: Italia

Jika negara lain harus menghadirkan Sinterklas di setiap perayaan natal, berbeda dengan di Italia. Natal di sana tidak harus identik dengan Sinterklas. Pasalnya, di Italia memiliki tradisi unik natal di dunia, di mana setiap parade perayaan natal, wanita di sana akan berpakaian seperti La Befana, sosok wanita yang dikisahkan ditemui Tiga Pria Bijak untuk melihat bayi Yesus untuk yang pertama kali. Sosok La Befana digambarkan mengenakan baju terusan dan kerudung. Ia juga membawa sapu ijuk, yang disebut sebagai kendaraannya untuk pergi menemukan bayi Yesus.

Tradisi Unik Natal di Dunia: Ceko

Anda yang merayakan natal tahun ini masih sendiri? Tidak perlu takut. Datang saja ke Ceko, karena tradisi natal di sana berbeda dari negara lainnya. Di Ceko memiliki tradisi unik natal untuk para wanita yang masih sendiri. Mereka akan melakukan sebuah kegiatan, yaitu melemparkan sepatu ke belakang pintu yang digunakan untuk memprediksi apakah mereka akan menikah pada tahun depan atau tidak. Simulasi kegiataannya, yaitu para wanita berdiri membelakangi pintu, lalu buang sepatu dengan cara melempar ke belakang melalui bahu. Konon, apabila bagian depan sepatu menghadap pintu, maka wanita itu akan menikah tahun depan. Namun, jika sebaliknya maka wanita tersebut harus bersabar untuk tidak menikah dulu tahun depan.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Tradisi Unik Natal di Dunia: Jepang

Meksipun mayoritas warga negara di Jepang bukanlah umat nasrani dan natal bukan sebagai hari libur, tetapi perayaan natal di hampir seluruh kota besar di Jepang selalu meriah. Bahkan tradisi unik natal di dunia yang dilakukan oleh warga Jepang ini adalah ketika malam natal tiba, hampir seluruh restoran sudah dipesan untuk makan malam romantis oleh pasangan muda. Selain resto mewah, resto KFC juga penuh sesak setiap makan malam di hari natal. Pasalnya, di negara lain perayaan natal identik dengan suguhan kalkun panggang. Namun, untuk di Jepang, unggas termasuk binatang yang sangat langka sehingga mereka lebih baik menyantap fried chicken yang menjadi menu utama dari KFC. Bahkan tempat duduk di KFC sudah dipesan jauh hari sebelum natal.

Comments are closed.