5 Barang yang Dilarang Masuk Pesawat. Catat Ya!

Travel

Perlu diingat, tidak semua barang bawaan boleh masuk ke pesawat ya. Agar perjalanan Anda tidak terganggu, berikut ini kami informasikan 5 barang yang dilarang masuk pesawat.

Mungkin Anda merasa bahwa pesawat terbang memiliki banyak sekali peraturan dibandingkan transportasi lain. Ya, itu memang benar. Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk keamanan selama perjalanan. Misalnya, dilarang membuka meja baki ketika pesawat lepas landas dan mendarat yang memiliki fungsi untuk memudahkan para penumpang dalam evakuasi disaat keadaan darurat. Sebab, 60 persen kecelakaan pesawat terjadi disaat proses awal pesawat naik dan mendarat. Selanjutnya tirai jendela harus dalam kondisi terbuka selama pesawat lepas landas dan mendarat supaya cahaya alami di luar dapat masuk kabin pesawat untuk membantu penerangan jika tiba-tiba lampu kabin mati di saat keadaan darurat.

Prosedur menggunakan pesawat terbang bukan hanya dua hal di atas saja, tetapi masih banyak prosedur lainnya yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah barang yang dilarang masuk pesawat. Aturan ini berlaku untuk seluruh maskapai dunia yang memang sudah diatur oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) yang merupakan lembaga resmi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nah, agar penerbangan Anda tidak tidak terganggu karena menyalakan prosedur, berikut ini lima barang yang dilarang masuk pesawat. Catat ya!

[quads id=2]

Benda Tajam

Jangan pernah coba-coba membawa benda tajam ke dalam kabin pesawat karena Anda akan mendapat teguran dan perjalanan Anda dipastikan terganggu. Pasalnya, benda tajam termasuk ke dalam barang yang dilarang masuk kabin sebab dikhawatirkan akan membawa petaka atau kejadian buruk yang menimpa selama perjalanan. Peraturan membawa benda tajam ke dalam pesawat ini sangat ketat. Apa pun bentuk dan jenisnya, pasti akan disita oleh petugas. Contohnya, seperti pisau, gunting, pedang, bahkan gunting kuku pun akan disita. Namun, barang-barang di atas masih boleh Anda bawa asalkan disimpan di dalam bagasi.

Benda Tumpul

Rupanya bukan hanya benda tajam saja, tetapi benda tumpul pun termasuk ke dalam barang yang dilarang masuk pesawat. Alasannya pun sama, dikhawatirkan benda ini bisa melukai sesama penumpang atau digunakan untuk kejahatan.

[quads id=5]

Senjata Api

Selain aparat kepolisan yang sudah memiliki izin untuk membawa senjata api, satu pun penumpang dilarang keras membawa barang itu ke dalam pesawat. Senjata api termasuk ke dalam benda yang sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang lain.

Benda yang Memiliki Kandungan Gas

Sangat ditidak dianjurkan untuk para penumpang membawa barang-barang yang memiliki kandungan gas. Hal ini dikarenakan, barang-barang tersebut bisa memicu terjadinya ledakan dan tentu saja sangat membahayakan bagi keselamatan penerbangan dan nyawa penumpang lainnya. Cat semprot, tabung aerosol, propana, butana, dan aerosol iritan kimiawi merupakan beberapa contoh barang yang memiliki kandungan gas dan wajib untuk dihindari.

Membawa Zat Cair Lebih Dari 100 ml

Membawa zat cair dengan berat lebih dari 100 ml sudah dipastikan barang tersebut akan disita oleh petugas. Misalnya, Anda membawa air minum, parfum, sampo, ataupun barang cair lainnya yang melebihi dari 100 ml. Namun, terdapat pengecualian untuk penumpang yang membawa makanan bayi, obat-obatan yang dilengkapi surat dokter, dan juga makanan khusus untuk penderita diabetes.

[quads id=7]

Sekarang Anda sudah tahu barang apa saja yang dilarang masuk ke dalam pesawat. Perlu diingat ya, peraturan di atas dibuat hanya untuk keselamatan penerbangan dan keamanan penumpang. Jadi harus dipatuhi, ya!

Comments are closed.