5 Jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Sukses Mendunia

Travel

Ada banyak sekali jenis kopi di Indonesia, tetapi ada lima jenis kopi terbaik milik Indonesia yang sudah sukses dieskpor ke berbagai negara, seperti Amerika, Jepang, Eropa, Arab, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya memiliki pesona yang indah di setiap objek wisatanya, ternyata Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, tetapi menurut data Kementerian Pertanian RI (Kementan RI), Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brasil dan Kolombia. Pantas saja produksi tahunan yang mencapai 600 ribu ton mampu menyuplai tujuh persen kebutuhan kopi dunia. Sungguh prestasi yang membanggakan.

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa lihat sudah banyak coffee shop yang berjamuran di berbagai daerah dan hampir semuanya sukses menembus pasaran. Pemerintah menyatakan setidaknya ada 16 jenis kopi yang diminati pasar internasional. Namun, lima di antaranya merupakan yang paling favorit dan bahkan sukses menembus pasar international. Kira-kira apa saja ya?

Baca juga: Fakta Kesehatan: Kopi Bisa Jadi Pilihan Obat Migrain

Kopi Arabika Gayo, Aceh

Siapa yang tidak kenal Kopi Arabika Gayo khas dari Aceh ini? Memiliki tekstur yang lebih encer dari jenis kopi biasanya memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Namun, jika Anda tidak menyukai kopi asam, tentu tidak akan cocok jika mengonsumsi kopi yang satu ini. Biasanya, masyarakat Aceh menyajikan kopi ini dengan cara yang cukup aneh, yaitu kopi dan air direbus dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu serta gula dan cara ini sudah menjadi ciri khas dari penyajian kopi khas Aceh hingga saat ini.

Kopi Arabika Kintamani, Bali

Berikutnya, kopi terbaik Indonesia yang sukses dicintai masyarakat dunia adalah Kopi Arabika Kintamani dari Bali. Kopi ini cukup populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Memiliki rasa yang unik dikarenakan dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga serta tingkat keasaman dan kekentalan sedang.

Kopi Arabika Toraja

Kopi khas Toraja juga menjadi kopi terbaik Indonesia yang sudah mendunia. Tujuan utama ekspor kopi Toraja ini adalah Jepang dan Amerika, karena karakteristiknya unik, sesuai dengan kebiasaan minum kopi masyarakat di sana. Namun, ciri khas dari Kopi Toraja yang tidak menyisakan after taste pahit ini sangat mengganggu sebagian pecinta kopi.

Baca juga: Ini 5 Makanan Ekstrim di Thailand. Berani Coba?

Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa memiliki kekentalan cukup pekat, tapi tingkat keasamannya cukup rendah. Tentu ini menjadi perbedaan yang cukup mencolok dengan kebanyakan kopi lainnya di Indonesia. Kopi Arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur ini memiliki rasa dominan cokelat dan vanili dengan after taste yang sedikit nutty. Amerika adalah negara tujuan sebagian besar ekspor kosmoditas kopi Flores Bajawa.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Kopi Arabika Java Ijen Raung

Kopi terbaik Indonesia yang sukses mendunia trakhir adalah Kopi Jawa Ijen Raung dari Bondowoso ini memiliki ciri khas sangat unik, yaitu rasa sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Bukan hanya itu tingkat asamnya sedang, tapi cenderung ke asam Jawa daripada citrus.

Comments are closed.