5 Kebiasaan Negara Skandinavia yang Patut Dicontoh

Travel


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Rupanya, kebiasaan-kebiasaan di bawah ini yang membuat negara-negara Skandinavia disebut sebagai negara yang paling bahagia di dunia.

Bagi sebagian orang, mungkin masih asing dengan negara Skandinavia. Rupanya, Skandinavia ini bukanlah nama suatu negara, melainkan nama dari perkumpulan beberapa negara yang memiliki populasi rendah dan sebagian wilayahnya ditutupi hutan pinus, birch, dan juga cemara. Hingga saat ini ada tiga negara yang termasuk ke dalam Skandinavia, yaitu Denmark, Norwegia, dan Swedia.

Meskipun negara-negara tersebut memiliki populasi yang rendah dibandingkan negara lain, tetapi penduduk di negara Skandinavia ternyata memiliki kebiasaan yang membuat seluruh masyarakatnya bahagia. Bahkan ketiga negara tersebut telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai negara paling bahagia dan sehat di dunia, lho. Lalu, apa saja kebiasaan yang bisa membuat negara tersebut mendapatkan predikat tertinggi dari World Happiness Report? Berikut ini kebiasaan yang sering dilakukan dan mungkin bisa Anda contoh.

Beberapa Kebiasaan Penduduk Warga Negara Skandinavia

penduduk negara skandinavia

Sumber: Theloop.ca

Memiliki Keseimbangan Antara Kehidupan Personal dan Profesional

Mungkin hanya di negara Skandinavia yang tidak mengizinkan warganya untuk bekerja pada akhir pekan. Berbeda halnya dengan negara lain yang mungkin atau masih saja ada pekerja yang pulang terlambat dan melewatkan waktu bersama keluarganya. Namun, hal itu tidak berlaku untuk di sana. Jika diakumulasi dalam seminggu Anda bekerja 38 jam, berbeda halnya di Norwegia yang rata-rata bekerja dalam seminggu hanya 34 jam. (Baca juga: Traveling ke Negara Kaya Dunia, Mau?)

Jika di Swedia, Anda memiliki waktu 2 x 15 menit untuk beristirahat setiap harinya dalam jam kerja yang biasanya digunakan untuk mengobrol, ngopi barang teman, ataupun dihabiskan untuk bersantai. Mereka menganggap hal-hal ini akan membuat orang lebih produktif. Sedangkan di Denmark, mereka lebih ketat terhadap waktu pribadi sehingga jarang sekali mereka melakukan pertemuan saat sarapan dan sekadar minum setelah bekerja. Jika waktu kerjanya sudah habis, mereka lebih memilih untuk pulang dan menikmati makan malam bersama keluarga dan tidak diboleh diganggu oleh pekerjaan apa pun. Bagaimana tidak disebut sebagai negara yang paling bahagia?

Baik Terhadap Diri Sendiri

Melatih kesejahteraan diri sendiri dan orang lain sudah menjadi salah satu tradisi orang Denmark yang dikenal dengan sebutan Hygge. Hygge merupakan sebuah kebiasaan yang biasa dilakukan ketika musim dingin tiba bersama orang-orang terkasih. Misalnya, bersantai di rumah, membaca buku, berkumpul dengan kerabat, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Aktivitas apa pun boleh dilakukan asalkan tidak sama sekali merugikan orang lain. Duh, senangnya ya jika bisa selalu menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.

Mengonsumsi Makanan-Makanan Sehat

Makanan Orang Skandinavia

Sumber: Framepool.com

Jangan heran jika negara Skandinavia ini dijuluki sebagai negara yang sehat karena warganya selalu mengonsumsi makanan yang terdiri dari banyak ikan, sayuran akar (wortel, lobak, dll), dan juga buah. Tidak heran jika masyarakat sana memiliki tubuh yang indah dan juga sehat. Selain itu, di negara-negara tersebut juga jarang ada daging merah dan lemak hewan. Duh, senang ya jika negara saja mendukung untuk melakukan pola hidup sehat.

Baca juga: 5 Cerita Anak Negeri Dongeng Paling Populer Sepanjang Masa

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Banyak Menghabiskan Waktu dengan Alam

Keuntungan dari negara-negara Skandinavia ini adalah kaya akan keindahan alam, seperti pegunungan dan juga hutan-hutan indah. Tidak jarang dari mereka yang lebih memilih untuk berlibur dengan menghabiskan waktu bersama alam, seperti berjalan, bersepeda, camping, dan menikmati semua kegiatan di alam terbuka secara bebas. Warga bisa menikmati semuanya itu tanpa ada larangan karena diperbolehkan oleh pemerintah. Sebab, beberapa studi menyatakan bahwa dengan banyak menghabiskan waktu bersama alam dapat meningkatkan kesehatan kebahagiaan, memori, pembelajaran, kesehatan mental, dan hati.

Memiliki Pelayanan Kesehatan yang Baik

Untuk seluruh warga di negara-negara Skandinavia akan diberlakukan yang sama ketika mereka sedang sakit. Apa pun bentuk pengobatan dan perawatan yang diberikan sangat terjamin. Bahkan kesehatan di sana menjadi sangat penting karena jika Anda butuh bertemu dokter, akan dibuatkan janji pada hari yang sama. Untuk semua pelayanan itu semua bentuk pengobatannya gratis. Contohnya, ada seorang wanita melahirkan bayi, maka dia akan diberikan satu kotak besar yang isinya berupa perlengkapan, pakaian, dan mainan untuk anaknya. Amazing!!

Jadi, sudah tahu kan apa saja kebiasaan masyarakat negara Skandinavia yang membuat kehidupan mereka lebih bahagia. Jika memang Anda ingin mendapatkan hal yang sama, tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi negara-negara Skandinavia.

Comments are closed.