5 Minuman Khas Jepang yang Patut Anda Coba

Travel

Selain terkenal dengan makanannya, beberapa minuman khas Jepang pun ikut digemari para wisatawan saat berkunjung ke negeri matahari terbit ini. Mulai dari yang ringan dan menyegarkan hingga mengandung alkohol, rasanya semua patut dicoba, tapi dengan jumlah yang tak berlebihan tentunya.

Jepang merupakan salah satu negara tersohor di Asia. Banyak wisatawan dari berbagai negara berkunjung ke negara berjuluk matahari terbit ini. Alasannya beragam, mulai dari wisata kota yang menakjubkan dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat baik, menikmati keindahan alamnya hingga wisata kuliner.

Seperti yang kita tahu, sudah banyak kuliner jepang yang mendunia dan tersedia hampir di seluruh negara di dunia, sebut saja ramen, sushi, dan takoyaki. Namun, tak hanya makanan, Jepang juga memiliki beragam minuman khas yang juga diburu para wisatawan saat berada di negara tersebut.

Mulai dari yang ringan hingga yang mengandung alkohol, berikut adalah minuman khas Jepang yang patut Anda coba!

Ocha

Bagi Anda yang hobi menyantap makanan di restoran Jepang, minuman satu ini sangatlah familiar di telinga dan tentunya lidah Anda. Ya, ocha namanya. Minuman satu ini merupakan minuman khas Jepang berupa olahan teh hijau.

Sepintas, ocha tak ada bedanya dengan teh hijau biasa. Namun, jika jika dinikmati dengan baik, ocha memiliki citarasa yang unik di lidah, berbeda dengan teh hijau dan teh lainnya. Namun, mayoritas tempat makan dan restoran di Indonesia hanya menyediakan satu jenis ocha. Padahal, di negara asalnya, ocha memiliki banyak jenis, seperti gyokuro, sencha, genmaicha, dan kukicha.

Jadi, saat berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk cicipi berbagai jenis ocha ya!

Mugicha

Secara kasat mata, kita pasti mengira bahwa minuman satu ini merupakan olahan teh. Nyatanya, hal tersebut salah besar. Mugicha memang memiliki tampilan seperti teh, namun berbahan dasar gandum.

Gandum yang biasanya diolah menjadi roti, di Jepang dapat disulap menjadi minuman yang jadi ciri khas negaa mereka. Cara pembuatannya tidaklah sulit, cukup bakar gandum hingga kecoklatan kemudian rebus dan peras sarinya. Masyarakat di Jepang mengenal minuman khas ini sebagai penghilang stres.

Nah, bagi Anda yang cukup sering dilanda stres, minuman satu ini layak Anda coba.

Matcha

Satu lagi olahan teh hijau yang jadi minuman khas Jepang, matcha namanya. Namun, teh hijau satu ini berbeda dengan ocha. Kalau ocha berbahan dasar teh hijau dalam bentuk daun kering, matcha berbentuk bubuk saat belum diseduh. Warna hijau pada matcha ini sangatlah pekat, tapi tenang, minuman ini tak mengandung pewarna buatan, kok.

Dulunya, matcha disajikan pada upacara-upacara besar di Jepang. Namun, sekarang ini matcha dapat kita nikmati di mana dan kapan saja, bahkan sudah tersebar di berbagai negara. Terlebih di Indonesia, minuman khas Jepang satu ini sangatlah mudah ditemukan di coffee shop atau gerai penjual minuman dingin.

Amazake

Amazake adalah salah satu minuman khas Jepang yang mengandung alkohol namun dalam kadar yang rendah. Penampilannya sebenarnya terlihat seperti bubur, makanya untuk meminum minuman ini tak bisa langsung dari gelas, melainkan dengan menggunakan sendok.

Minuman khas Jepang satu ini umumnya dikonsumsi saat cuaca dingin. Kadar alkohol yang ringan di dalamnya ampuh untuk menghangatkan tubuh. Jika sedang berada di Jepang, Anda bisa mendapatkan minuman satu ini di berbagai festival, salah satunya Matsuri.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sake

Bisa dibilang, sake merupakan minuman khas Jepang paling terkenal di dunia. Setiap wisatawan yang datang ke Jepang rasanya tak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi minuman yang terbuat dari fermentasi dan filtrasi beras ini. Sama seperti Amazake, minuman ini sangatlah pas dikonsumsi saat cuaca dingin.

Di Jepang, sebagian besar kedai makanan menyediakan minuman satu ini. Berhubung kadar alkoholnya yang cukup tinggi, konsumsilah sake dalam jumlah kecil agar tidak memabukkan dan mengganggu kegiatan Anda.

 

Minuman khas Jepang di atas memang patut Anda coba bila sedang berada atau berkunjung ke negeri sakura. Namun, untuk yang minuman yang mengandung alkohol, sebaiknya jangan berlebihan ya!

Comments are closed.