Ini Dia 5 Pesawat Terbesar di Dunia

Travel

Kita mungkin banyak mengira pesawat Airbus A380 adalah pesawat terbesar di dunia. Tapi, ternyata masih ada pesawat yang lebih besar lagi seperti lima pesawat ini.

Sebagai sebuah moda transportasi udara, pesawat mampu menunjang segala aktivitas manusia dan memudahkan perjalanan setiap orang. Di dunia banyak sekali berbagai macam jenis dan tipe pesawat. Tapi, kali ini kita membahas sekumpulan pesawat yang masuk dalam kategori pesawat terbesar di dunia. Kelima pesawat ini memiliki bentuk dan ukuran yang tidak biasa, dan sebagian besar bukan pesawat penumpang melainkan pesawat kargo. Hal ini wajar, karena untuk pengiriman lintas negara dan benua yang membutuhkan pengiriman cepat. Pesawat merupakan cara terbaik, untuk itu banyak pesawat di dunia didesain sedemikian rupa untuk bisa memiliki banyak ruang tempat menyimpan barang hinga ratusan ton.

Berikut 5 Pesawat Terbesar di Dunia

Antonov An-225 Mriya

Antononv AN-225 Mriya ini memiliki predikat sebagai pesawat terbesar di dunia. Pesawat kargo ini didesain oleh Antonov Design Bureau di Ukrainian SRR pada 1980-an. Pada awal dirancangnya, pesawat ini sebenarnya untuk pesawat luar angkasa Buran yakni pesawat luar angkasa Uni Soviet. Proyek ini sempat tersendat setelah Uni Soviet bubar pada 1991, sehingga proyek Buran tak dilanjutkan lagi. Hingga akhirnya selang beberapa tahun kemudian pesawat ini kembali dioperasikan sebagai pesawat kargo.

Baca juga: Ketinggalan Pesawat, Lakukan Langkah Ini!

Aero Spacelines Super Guppy

Aero Spacelines sempat memproduksi pesawat bertubuh sangat lebar yang digunakan untuk mengangkut kargo berukuran besar, yaitu pesawat Guppy. Pesawat Super Guppy pertama dibangun langsung dari badan pesawat C-97J Stratofreighter, yang terbang pertama kali pada 1965. NASA menemukan dimensi luas Guppy yang sempurna untuk mengangkut komponen pesawat ruang angkasa dan roket.

Lockheed C-5 Galaxy

Amerika Serikat memiliki pesawat dengan ukuran besar yang dioperasikan oleh militer Angkatan Udara dengan kapasitas muatan hampir 135 ton. Pesawat Galaxy C-5 memiliki ruang kargo untuk membawa dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, 3 Black Hawks, hingga berbagai kendaraan lainnya. Daya tempuh pesawat ini mampu menjelajah di angkasa hingga 7.000 mil tanpa mengisi bahan bakar, dan menjadikannya pesawat pengangkutan udara terpanjang di dunia.

Baca juga: Penting Untuk Diketahui Apa Saja Aturan Bagasi Pesawat

Boeing 747 Dreamlifter

Boeing juga memiliki pesawat kargo dengan jumlah yang besar untuk penyimpanan yang bernama Boeing 747 Dreamlifter. Di mana pesawat ini sempat mengangkut komponen untuk pesawat penumpang 787 Dreamliner, yang membutuhkan suku cadang di seluruh dunia.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Stratolaunch

Berikutnya adalah pesawat Paul Allen’s Stratolaunch, yang bermesin ganda dan dirancang sekaligus dibangun oleh Scaled Composites dan memiliki lebar sayap terpanjang di dunia. Pesawat ini dirancang untuk membawa roket ke strastosfer. Kemudian, baru-baru ini pesawat ini melakukan tes landasan pacu berkecepatan rendah. Kemudian pesawat ini akan dites di landasan pacu berkecepatan tinggi dan ketika pesawat ini pada akhirnya menuju langit, maka pesawat ini akan menjadi pesawat terbesar di dunia.

 

Comments are closed.