5 Tip Bebas Khawatir Saat Liburan Bersama Keluarga

Travel

Bebas khawatir saat liburan itu penting. Apalagi saat Anda liburan bersama keluarga. Apa saja yang harus Anda persiapkan agar bebas dari segala kekhawatiran saat liburan? Cek di sini!

Banyak persiapan yang harus Anda atur untuk membuat liburan yang menyenangkan. Mulai dari barang bawaan, obat-obatan, kebersihan selama perjalanan, hingga mainan apa saja yang harus dibawa agar si kecil terhindar dari rasa bosan.

Bebas Khawatir Saat Liburan

Berlibur dengan keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain untuk menghilangkan stres karena masalah pekerjaan, berlibur dapat juga menambah keakraban dengan keluarga. Namun terkadang bisa menjadi masalah tersendiri, entah karena anak-anak rewel sebab waktu perjalanan yang panjang atau tiba-tiba mood-nya berubah jelek. Well, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan liburan bersama keluarga:

Barang Bawaan

Mempersiapkan barang bawaan memang agak sedikit tricky, tak sedikit orang yang akan baru mengepak barang bawaannya di menit-menit terakhir saat ingin berangkat liburan. Tapi untuk rencana liburan Anda bersama keluarga sebaiknya hindari cara tersebut. Semuanya harus siap jauh sebelum hari keberangkatan. Trik pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah kendaraan apa yang akan digunakan untuk berlibur dengan keluarga. Pertimbangkan ini nantinya akan memudahkan Anda memilih tas untuk membawa barang bawaan. Siasati dengan membawa travel bag yang mudah untuk Anda bawa-bawa saat naik kendaraan umum seperti bis atau kereta api. Sedangkan bila Anda sekeluarga menggunakan mobil pribadi atau pesawat terbang, disarankan untuk membawa koper agar semua barang bawaan menjadi ringkas.

Obat-Obatan

Tak ada yang ingin sakit saat liburan. Nah, sebelum pergi berlibur, sebaiknya Anda menyiapkan obat-obatan yang selama ini dibutuhkan oleh anggota keluarga. Jika hanya opbat-obatan biasa mungkin Anda cukup menyediakannya di dalam tas kecil khusus agara mudah untuk dijangkau saat perjalanan. Namun, bila obat-obatan yang dibutuhkan adalah obat-obatan khusus, sebaiknya Anda meminta surat keterangan dari dokter agar saat ada pemeriksaan di bandara atau di jalan Anda bisa menunjukkan surat keterangan tersebut. Jadi Anda tidak akan dianggap melakukan hal-hal tindakan yang melawan hukum.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kesehatan selama liburan bukan hanya usaha Anda untuk menjaga lingkungan. Dengan menjaga kebersihan di sekitar anggota keluarga juga menjadi usaha Anda untuk meminimalisir gangguan penyakit yang bisa menyerang si kecil dan anggota keluarga yang lain. Bawalah kantung plastik ekstra untuk mengumpulkan sampah hingga nanti Anda menemukan tempat sampah atau pemberhentian umum Anda bisa membuangnya. Kantong plastik ini juga bisa bermanfaat untuk tempat baju kotor anggota keluarga. Agar tidak tercampur dengan barang bawaan yang lain.

Membawa Bekal Makanan

Saat melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh, mungkin Anda tidak akan selalu menemukan tempat pemberhentian untuk membeli makanan. Nah, di saat seperti ini sebaiknya Anda menyiapkan bekal makanan sendiri. Selain lebih higienis, Anda juga bisa menghemat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk makan.

Menyiapkan Mainan Anak

Meyiapkan mainan anak seperti game, buku bacaan, atau playlist musik akan sangat membantu Anda untuk membuat mood si kecil selalu bagus. Siapkan mainan untuk anak-anak agar mereka tidak rewel atau menangis, sehingga mereka bisa duduk manis selama dalam perjalanan dengan mainan mereka.

Bila Anda sudah menyiapkan berbagai poin-poin di atas, liburan Anda bersama anggota keluarga pasti akan berjalan dengan lancar. Selalu utamakan keselamatan selama perjalanan dan selamat berlibur.

Leave a Reply