6 Tip Solo Traveling ke Luar Negeri

Travel

Traveling sendirian atau solo traveling ke luar negeri tentu membutuhkan persiapan khusus, apa saja yang harus dipersiapkan?

Merencanakan liburan ke luar negeri tentunya seru bersama teman-teman namun kendalanya adalah waktu yang tidak cocok, mungkin teman Anda mempunyai kesibukan lain atau sebaliknya Anda tidak cocok dengan jadwal tersebut dan yang terjadi hanyalah sekadar wacana. Jika keinginan Anda untuk merencanakan liburan sudah tidak terbendung sebaiknya ambil kesempatan itu dengan solo traveling dan tidak perlu khawatir untuk traveling sendirian, karena beberapa tip ini akan membantu Anda.

Baca Juga: 5 Negara yang Jadi Destinasi Liburan Favorit Para Traveler Sejati

Berikut tips solo traveling ke luar negeri

Bahasa

Destinasi impian Anda adalah negara asing yang sama sekali tidak Anda mengerti bahasanya jangan khawatir. Ini merupakan tantangan terbesar untuk Anda, karena cara komunikasi sesampainya di sana akan berubah dan mau tidak mau Anda harus bisa mengerti.

Mulai mempelajari Bahasa-bahasa sapaan seperti “Apa Kabar”, ”Terimakasih”, dan beberapa kata yang merupakan kalimat yang biasanya sangat dibutuhkan oleh turis behubungan dengan arah, angka, dan tempat. Itu adalah modal awalnya untuk bisa berkomunikasi di negara tersebut, agar mobilitas Anda mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya menjadi mudah.

Caranya bisa Anda lakukan dengan membeli buku Bahasa atau mengunduhunya di smartphone yang berisi percakapan sapaan nan praktis. Lalu mempelajari gerak tubuh sebagai tanda untuk berkomunikasi nonverbal. Tentunya pahami juga Bahasa universal yaitu Bahasa Inggris yang cukup membantu sebagai langkah awal berkomunikasi.

Peta

Saat Anda sedang mengeksplorasi kota di negara tujuan jangan takut untuk tersesat, karena dari hal tersebut Anda akan mmendapat sesuatu baru dan ini merupakan pelajaran yang hanya bisa di dapat ketika Anda sedang solo traveling.

Ketika sedang bepergian di negara tersebut persiapkanlah peta kota dari destinasi tujuan Anda baik peta berbentuk fisik atau melalui peta digital. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menelusuri perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, dan juga seperti pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan. Jadi jangan ragu menanyakan petunjuk arah ketika sedang tersesat.

Budaya

Bertamu ke negara asing harus juga dibekali dengan sopan santun, karena namanya juga bertamu kita harus mempunyai etika kepada Tuan Rumah.  Pelajari budaya negara dan budaya lokal setempat itu penting sebagai kesan baik pertama ketika berkomunikasi.

Misalnya ketika Anda ke Thailand dan mengunjungi kuil-kuil Budha tempat ibadah, maka berpakaian sopan dan selayaknya jangan menggunakan celana pendek dan sandal. Untuk perempuan gunakanlah pakaian yang tertutup, karena dengan menghormati budaya setempat, masyarakat lokal juga akan menaruh hormat kepada Anda.

Teman di Negara Tujuan

Manusia sebagai makhluk sosial berhubungan dari satu individu ke individu lain. Jangan merasa takut untuk mencoba berkenalan baik dengan orang, ketika Anda memilih menginap di sebuah guest house biasa banyak sekali wisatawan yang berkumpul. Guest house memang bertujuan untuk bisa merangkul semua wisatawan mancanegara agar bisa bersosialisasi dan saling kenal satu sama lain.

Dengan cara itu Anda akan lebih bisa membuka diri, dan bisa jadi Anda menemukan teman seperjalanan. Siapa tahu dari teman-teman baru itu, ternyata mempunyai destinasi wisata yang sama dengan Anda jadi Anda tidak akan kesepian di perjalanan.

Packing

Pintar-pintarlah dalam melakukan packing yang ringkas, ringan, dan aman akan lebih mempermudah akitivitas Anda menjadi lebih fleksibel di perjalanan. Anda sangat perlu mengetahui suhu dan medan yang akan Anda temui di destinasi tujuan, karena dengan begitu Anda jadi mengetahui barang apa saja yang akan dibawa dan digunakan.

Tetap terhubung

Solo traveling ke luar negeri dan baru pertama kali dilakukan, Anda harus memberitahukan terlebih dahulu kepada keluarga dan kerabat dekat. Pastikan selalu untuk terhubung dengan mereka setiap harinya agar mereka tidak mengkhawatirkan Anda.

Belilah kartu SIM lokal ketahui harganya dan layanannya cari yang paling efektikf dengan kegunaan internetnya sesuai dengan waktu Anda di negara tersebut. Catat nomor-nomor penting seperti kedutaan besar Indonesia, tempat tinggal, pihak berwajib, dan nomor-nomor yang menurut Anda penting untuk dihubungi ketika sedang dibutuhkan.

Baca Juga: Paspor Hilang saat Traveling di Luar Negeri? Ini Solusinya!

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan solo traveling karena dengan beberapa tip di atas bisa membantu Anda saat ingin merencanakan solo traveling untuk pertama kalinya.

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready!

solo traveling

Jangan lupakan juga agar solo traveling Anda berlangsung aman dan nyaman, persiapkan asuransi perjalanan terbaik dari Futuready, cepat, mudah dan aman. Tinggal klik www.futuready.com lalu cari, bandingkan, pilih, dan beli.

Leave a Reply