6 Trik Liburan Backpacking Bersama Keluarga

Travel

Memiliki hobi yang sama dengan keluarga merupakan nilai plus untuk menjaga keharmonisan. Namun, jika semula Anda sering liburan dengan biaya yang mahal, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga liburan backpacking bersama-sama.

Ingin menghabiskan masa libur dengan mengajak keluarga sering kali membuat orang pusing karena pengeluarannya yang sangat besar. Namanya juga liburan bersama keluarga tentunya hal-hal yang berkaitan dengan liburan tersebut harus Anda persiapkan dengan kapasitas yang besar. Namun, jika Anda pintar melihat situasi dan kondisi saat ini, sudah banyak cara atau alternatif lain yang bisa meminimalisir pengeluaran Anda untuk berlibur. Selain cara liburan hemat dengan keluarga, Anda juga bisa lho mengajak liburan backpacking bersama keluarga. Pasti keseruan dan kenangannya tidak kalah dengan liburan mahal yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tip liburan backpacking yang bisa Anda tiru dan lakukan bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Tip Bebas Khawatir Saat Liburan Bersama Keluarga

Pastikan Kondisi Kesehatan Prima

Sebelum Anda mulai mempersiapkan liburan backpacking, pastikan bahwa keluarga Anda semuanya dalam kondisi baik dan sehat. Anda harus menjelaskan terlebih dahulu kepada keluarga bahwa liburan kali bersifat backpacking bukan liburan yang biasanya dilakukan. Beri gambaran seperti apa liburan ala backpacker ini sehingga mereka memiliki bayangan dan bisa menyiapkan kondisi yang lebih prima lagi.

Cari Informasi Seputar Wisata yang Dituju

Setelah itu, Anda juga harus mendiskusikan dengan keluarga ingin belibur ke mana. Jika sudah menentukan wisata atau tempat tujuan, langsunglah cari tahu informasi sebanyak-banyak tentang tempat tersebut. Mulai dari penginapan, transportasi, mengunjungi objek wisata satu ke yang lainya, budaya di sana, dan lain sebagainya. Namanya juga liburan backpacking tentu Anda harus menyiapkan segala sesuatunya sendiri bukan seperti menggunakan jaga agen perjalanan yang semuanya sudah disiapkan sehingga Anda hanya duduk manis saja.

Tentukan Tanggal Keberangkatan

Jika sudah mendapatkan informasi secara rinci, Anda harus menentukan tanggal untuk liburannya. Hal ini juga sebagai langkah awal untuk Anda membeli tiket, memesan penginapan, dan lain sebagainya. Jangan pilih tanggal liburan yang hanya 2 hari 1 malam. Dikarenakan ini liburan ala backpacker jadi Anda harus menyiapkan tanggal yang benar-benar lumayan lama sehingga semua wisata yang ingin dikunjungi bisa dijelajahi semuanya.

Akomodasi Liburan

Sesuai judul liburannya yang ala backpacker jadi untuk semua akomodasi harus Anda siapkan sendiri. Misalnya Anda ingin memesan tiket pesawat atau kereta sesuai tanggal yang sudah ditentukan. Ada baiknya jika Anda berburu tiket promo untuk liburan kali ini supaya bisa meghemat pengeluaran juga. Kemudian, pilih juga hotel yang kiranya tidak terlalu mahal tetapi nyaman.menyenangkannya lagi bila Anda mendapatkan hotel dengan letak stategis. Selama dalam perjalanan, jika memang keluarga yang Anda bawa berjumlah banyak, carilah jasa rental mobil sebagai sarana trasnportasi Anda di sana. Namun, jika memang hanya beberapa orang saja, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa trasportasi umum yang ada di sana sehingga bujetnya pun tidak terlalu mahal.

Gunakan Ransel Jangan Koper

Ini liburan backpacker sehingga sangat disarankan untuk Anda membawa tas ransel bukan koper untuk membawa barang-barang keperluan liburan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda ketika harus mencari penginapan ketika sampai bandara atau stasiun. Selain itu, tas ransel juga lebih mobile dan tidak ribet dibandingkan koper. Hal penting lainnya, jangan bawa barang terlalu banyak. Cukup saja membawa barang yang memang diperlukan di sana. Misalnya baju sepcukupnya, sepatu sesuai dengan kondisi wisatanya, dan lain hal sebagainya.

Bawa Air Mineral dan Cemilan

Liburan backpacking tentunya akan lebih banyak melakukan aktivitas berjalan kali ketimbang menggunakan kendaraan. Oleh karena itu, selalu sediakan air mineral dan cemilan seperlunya di dalam tas Anda supaya tidak mengalami dehidrasi dan lelah yang berlebihan meskipun banyak hal yang dilakukan.

Baca Juga: Yuk Liburan! Coba Cara Liburan Murah Bersama Keluarga!

Sebelum jalan-jalan, cek dulu berbagai pilihan asuransi perjalanan terbaik hanya di Futuready!

liburan backpacker

Leave a Reply