Adu Adrenalin Liburan di Lokasi Arung Jeram Indonesia Ini!

Travel

Ke mana Anda biasa liburan: Gunung, pantai, atau kulineran? Kalau sudah bosan dengan ketiganya, coba liburan ke lokasi arung jeram!

Menantang adrenalin, memang bukan kegiatan sehari-hari semua orang. Tapi untuk sesekali liburan, apa salahnya mencoba untuk menaklukkan lokasi-lokasi raung jeram di Indonesia ini?

Ya, apalagi kalau Anda sudah bosan dengan liburan yang itu-itu saja. Mending langsung mencoba kegiatan yang agak ekstrem. Arung jeram atau rafting misalnya. Suatu aktivitas di luar ruangan yang memadukan unsur edukasi, kekompakan, dan petualangan.

Indonesia punya banyak lokasi arung jeram terbaik untuk pemula atau pun profesional. Anda bisa mencoba beberapa di antaranya supaya liburan lebih berwarna.

Lokasi Arung Jeram di Indonesia yang Harus Dicoba

Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam, dan jernihnya air sungai. Ada tiga tingkat kesulitan III sampai IV yang bisa Anda tantang. Terdiri dari Pekalen atas sejauh 12 kilometer, Pekalen tengah sejauh 7 kilometer, dan Pekalen bawah sejauh 10 kilometer. Sungai ini merupakan lokasi arung jeram yang sangat indah, airnya jernih, dan alamnya sangat eksotis. Letaknya di Dusun Angin-angin dan rutenya berakhir di Desa Pesawahan atau Desa Condong. 

Sungai Ayung, Bali

Memang ya, Bali sepertinya tak pernah kekurangan apa pun untuk memuaskan kebutuhan para wisata. Bukan hanya pantainya, Pulau Dewata bisa memberikan banyak alternatif liburan, termasuk arung jeram.

Wah, pokoknya Anda tidak boleh kalah. Anda harus ke Sungai Ayung di Bali yang berlokasi di Desa Rafting Bongkasa, Bali, terletak sekitar 12 kilometer dari Ubud. Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah menyelesaikan tantangan di sungai sepanjang 12 kilometer ini pada Juni 2017 lalu.

Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat

Sungai Citarik di Taman Nasional Gunung Halimun ini mempunyai tingkat kesulitan III. Lokasi arung jeram ini akan memanjakan matamu dengan pemandangan indah dan udara segar.

Beruntungnya, Sungai Citarik memiliki debit air yang cukup banyak, kondisi air cukup bersih. Kondisi tersebut relatif stabil sepanjang tahun. Oh ya, berbeda dengan Sungai Pekalen yang punya tiga pilihan tingkat kesulitan, Sungai Citarik ini punya tingkat kesulitan III.  

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Sungai Alas, Aceh

Pertanyaan pertama, apakah Anda sudah punya banyak pengalaman melakukan arung jeram? Kalau jawabannya: Iya, berarti Anda harus mengarungi rute dari Angusan. Bila Anda masih pemula, sebaiknya ambil rute dari Muaa Situlen di Kutancane hingga Gelombang saat mengarungi Sungai Alas. Sungai terpanjang di Aceh ini mempunyai tingkat kesulitan III hingga IV. Rutenya dipenuhi dengan belokan tajam dan arus deras, pas banget untuk memacu adrenalin.

Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

Inilah tempat terbaik untuk melakukan rafting dengan cara yang berbeda. Arung jeram di sini tidak menggunakan rakit tetapi menggunakan ban, yang biasa disebut body rafting.

Anda akan dibawa menyusuri sungai Cijulang hingga berakhir di Green Canyon dengan menempuh jarak 10 kilometer selama 4 sampai 5 jam. Sesuai namanya, Anda akan terpesona dengan keindahan sungai yang sangat asri dan menawan.

Comments are closed.