10 Air Terjun Terbesar di Dunia Pesona Mengangumkan

Travel

Saat ini, wisata air terjun menjadi destinasi yang banyak dilirik oleh wisatawan. Kira-kira tersebar di negara mana saja air terjun terbesar di dunia?

Mengamati keindahan air terjun tentu akan menumbuhkan rasa tenteram dalam pikiran. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari perasaan suntuk serta mudah menggali ide-ide kreatif. Belakangan ini, air terjun menjadi salah satu destinasi yang wajib masuk ke dalam list liburan.

Meskipun di Indonesia sendiri ada banyak sekali air terjun indah dan juga bersih, tetapi Anda wajib mengunjungi deretan air terjun terbesar di dunia. Berikut ini adalah 10 air terjun paling besar di dunia yang bisa membuat Anda terkejut.

10 Air Terjun Terbesar di Dunia

Iguazu (Perbatasan Brasil-Argentina)

Salah satu keajaiban alam dunia, Iguaçu Falls terletak di perbatasan antara Brasil dan Argentina. Air terjun ini terdiri dari 275 sungai Iguazu. Mayoritas air terjun tingginya sekitar 64 meter (210 kaki). Namun, dari semuanya yang paling mengesankan di deretan air terjun di Iguazu Falls adalah Devil’s Throat yang berbentuk U dengan ketinggian 82 meter (269 kaki), 150 meter (492 kaki), dan 700 meter (2300 kaki).

Baca juga: 8 Pemandian Air Panas di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Victoria (perbatasan Zimbabwe-Zambia)

Victoria Falls atau Air Terjun Victoria yang ada di antara Zimbabwe serta Zambia ini memiliki tirai air terbesar di dunia. Airnya menuju ke dalam jurang sangat dalam, sehingga sungainya tampak hilang dalam lubang penuh kabut. Tingginya memang hanya 107 meter, tapi lebarnya sekitar 1.708 meter. Tirai airnya tampak begitu menakjubkan terutama saat debit sungainya meninggi.

Air Terjun Terbesar di Dunia Niagara (perbatasan Kanada-AS)

Banyak dari Anda yang mungkin sudah mengenal air terjun tersohor di dunia ini. Air Terjun Niagara berlokasi di perbatasan antara kota Ontario, Kanada dengan New York, Amerika serikat. Banyak orang jatuh hati terhadap pemandangan indah tirai air yang terpampang di sini.

Niagara Falls sejatinya terdiri atas tiga air terjun yang berbeda, yakni Horseshoe Falls, American Falls, dan Bridal Veil Falls. American Falls dan Horseshoe Falls temasuk dalam daerah Amerika Serikat. Sementara itu, Bridal Veil Falls tergolong dalam daerah Kanada.

Setiap tahunnya, Niagara Falls didatangi sekitar 14 juta wisatawan dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut menjadikan air terjun ini sebagai salah satu destinasi wisata dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia. Niagara Falls tentu layak dikunjungi wisatawan yang tengah traveling ke Amerika atau Kanada.

Angel (Venezuela)

Venezuela juga memiliki spot wisata air terjun yang menakjubkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan kehadiran Angel Falls yang terletak di Taman Nasional Canaima. Angel Falls diketahui masuk dalam deretan air terjun tertinggi dan terbesar di dunia.

Air terjun indah ini memiliki ketinggian sebesar 970 meter. Apabila berniat pergi ke sana, Anda dianjurkan datang pada bulan Juni hingga Desember. Kala itu, Anda bisa lebih mengamati keelokan air terjun ini secara puas. Oleh sebab itu, Angel Falls merupakan salah satu objek wisata yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Venezuela.

Kaieteur (Guyana)

Anda bisa menemukan Air Terjun Kaieteur di Pesisir Utara Amerika Selatan, tepatnya di Sungai Potaro Guyana. Kaieteur mempunyai kecepatan laju air mencapai 663 meter kubik per detik atau 23.400 kaki kubik per detik. Begitu tiba di sini, Anda akan disambut panorama alam yang begitu spektakuler.

Kaieteur memiliki tinggi mencapai 226 meter atau 740 kaki. Apabila dibandingkan dengan Air Terjun Niagara, Kaieteur mempunyai ketinggian empat kali lebih besar. Tinggi Kaieteur dikatakan setara dengan dua kali ketinggian Air Terjun Victoria. Menakjubkan sekali, bukan?

Baca juga: Fakta Menarik Seputar Gunung Fuji, Sudah Tahu?

Air Terjun Terbesar di Dunia Nil Biru (Ethiopia)

Air terjun cantik bisa Anda temukan di Sungai Nil Biru yang berada di Utara Ethiopia. Nil Biru diketahui mendapat julukan “Tis Issat” yang memiliki arti “air merokok”. Saat mendatangi tempat ini, Anda akan dibuat kagum dengan latar pemandangan alamnya yang indah nan eksotis.

Saat ini, sumber air Nil Biru banyak dialihkan ke bendungan listrik. Meski begitu, tempat ini tetap ramai dikunjungi wisatawan karena menawarkan panorama alam yang memanjakan mata. Apabila berkunjung ke Ethiopia, Anda wajib menjadikan Nil Biru sebagai salah satu destinasi liburan.

Detian (perbatasan China-Vietnam)

Air Terjun Detian terletak di perbatasan antara China dan Vietnam. Keberadaan Air Terjun Detian merupakan perbatasan terbesar keempat antar negara berupa air terjun setelah Niagara, Victoria, dan Iguazu. Hal ini dikarenakan berbagai konflik perbatasan antara kedua negara, kawasan ini baru saja dibuka untuk pariwisata.

Gullfoss (Islandia)

Gullfoss (Golden Falls) adalah air terjun ganda setinggi 32 meter di Sungai Putih (Hvita). Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di Islandia. Aliran sungai dari hujan reguler dan limpasan glasial, terutama di musim panas, membuat volume terbesar air terjun ini turun di Eropa.

Air Terjun Terbesar di Dunia Huangguoshu (China)

Memiliki luas 77,8 meter (255 kaki) dan luas 101 meter (330 kaki), Huangguoshu adalah salah satu air terjun terbesar di Asia dan merupakan bagian dari 18 air terjun di daerah sekitarnya. Gua setinggi 134 meter (440 kaki) yang terbentuk secara alami di bagian belakang Huangguoshu memungkinkan pengunjung melihat air terjun dari jarak sangat dekat.

Baca juga: Liburan ke China Persiapkan Syarat Visa China Dulu

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Jog (India)

Jog Falls yang diciptakan oleh Sungai Sharavathi dengan airnya jatuh dari ketinggian 253 meter (829 kaki) adalah air terjun tertinggi di India. Sebelum musim hujan, Jog Falls hampir tidak bisa dikenali karena terlihat hanya sepasang tetesan air yang menetes di tebing. Tapi selama musim hujan, air terjun ini sangat hidup dan bahkan melebihi Kaieteur Falls di Guyana dalam hal ketinggian dan volume.

Comments are closed.